Cara Mempercepat Loading Blog Menjadi Super Cepat

Cara mempercepat loading blog menjadi super cepat - Apakah anda merasakan bahwa kecepatan loading blog anda sangat lama? Itu sangat membosankan bukan? Loading blog yang terlalu lama memang menjengkelkan dan memberikan dampak buruk kepada sebuah blog. Misal blog anda terkenal dengan loadingnya yang lambat, pasti pengunjung sudah menandai blog anda, Dalam hati bilang begini “alah blog itu yang loadingnya lama. Mending blog yang ini loading nya sangat cepat”. Sangat fatal sekali kan efeknya bagi blog anda.

Tentunya anda tidak mau kan kehilangan pengunjung blog anda karena blog anda yang sangat lambat loadingnya, padahal kualitas artikel anda sudah bagus. Sangat disayangkan sekali jika blog anda kehilangan kesempatan untuk mendominasi SERP hanya karena loading blog yang lama.
Cara Mempercepat Loading Blog Menjadi Super Cepat

Faktor yang mempengaruhi kecepatan loading sebuah blog

Faktor yang mempengaruhi kecepatan loading sebuah blog adalah banyaknya widget yang digunakan. Kebanyakan blogger pemula, sama seperti saya dulu, malah lebih mementingkan tampilan dari pada kualitas artikel. Dulu saya lebih memilih memasang widget salju berterbangan, burung burung yang berterbangan kesana kemari sambil tertawa, dan membuat animasi kursor yang sangat alay. Tapi semua itu sudah saya tinggalkan sejak saya mengetahui bahwa kecepatan loading sebuah blog menjadi faktor penentu ranking google. Mulai saat itu saya berusaha membuat loading blog saya menjadi super cepat yang bisa diakses ketika koneksi lambat sekalipun. Saya mulai melepas widget widget alay dan sebagainya.

Cara mempercepat loading blog menjadi super cepat

Aku rasa banyak sekali blogger yang ingin mempercepat blog mereka. Nah, anda sedang membaca artikel yang tepat. Karena pada artikel saya kali ini saya akan membahas bagaimana cara mempercepat loading blog menjadi super cepat. Simak caranya sebagai berikut.

1. Kurangi jumlah widget
Sudah sedikit saya paparkan diatas. Penggunaa widget yang berlebihan akan membuat loading blog anda menjadi lebih lambat. Jadi kurangi penggunaa widget widget yang tidak terlalu penting, misal widget salju, widget burung burung berterbangan, widget bintang bintang berjatuhan dan masih banyak lagi. Silahkan pasang widget yang memang memiliki banyak manfaat, misalkan widget postingan populer dan widget label. Jadi kesimpulannya adalah jangan gunakan widget berlebihan.

2. Background blog anda
Background blog ternyata juga mempengaruhi kecepatan loading sebuah blog. Sebuah blog alangkah lebih baik menggunakan background putih polos saja. Hindari penggunaan backgroung gambar karena akan memperlambat loading blog anda.

3. Kurangi penggunaan gambar
Penggunaan gambar memang sangat penting untuk menarik perhatian pengunjung blog anda. Akan tetapi penggunaan gambar yang berlebihan malah menjadikan loading blog anda semakin lambat. Jadi lebih baik gunakan beberapa gambar saja, namun sudah mampu menjelaskan maksud dari artikel anda. Sebelum memposting sebuah gambar pun alangkah lebih baik untuk mengecilkan ukuran gambar nya. Kalau saya sih mengecilkan ukuran gambar menggunakan paint bawaan windows. Usahakan ukuran gambar kurang dari 200kb

4. Minimalisir penggunaan multimedia
Yang dimaksud multimedia disini adalah audio atau video yang mungkin anda lampirkan kedalam artikel anda. Alangkah lebih baik jika artikel hanya berupa tulisan saja dan disertai beberapa gambar sebagai penjelas. Apabila memang ingin menggunakan video, alangkah lebih baik video tersebut diupload di youtube dan di artikel kita diberi sebuah link yang mengarah ke video tersebut di youtube.

5. Mengatur struktur CSS dan Java Script
Kode CSS dan JS merupakan pondasi utama sebuah template. Oleh karena itu untuk memaksimalkan loading blog, kita harus membuat struktur CSS dan JS menjadi seringkas mungkin dan serapi mungkin. Agar terhindar dari kode kode yang berulang dan memperlambar loading blog. Untuk JS, mungkin anda bisa memasang Javascript Lazyload agar blog anda lebih cepat.

6. Buat homepage blog menjadi simple
Tampilan homepage ternyata juga mempengaruhi kecepatan loading sebuah blog. Demi kecepatan blog dan kenyamanan pengunjung, alangkah lebih baik jika home page dibuat simple dan rapi. Homepage yang bagus adalah yang tampilannya clean, tidak semrawut, biasanya dihompage hanya tediri dari judul artikel dan tumbnail kecil. Untuk artikelnya lebih baik di buat menjadi “Read More” atau “Baca selengkapnya”. Selain mempermudah pengunjung dalam mencari judul artikel ternyata itu juga memperingkas artikel yang ditampilkan dihomepage dan tentunya akan meringankan loading blog anda.

7. Kurangi jumlah iklan
Nah ini yang biasanya tidak disadari oleh kebanyakan pemilik blog. Untuk mengejar pendapatan yang tinggi, kebanyakan blogger akan memasang iklan yang banyak yang bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak klik. Memang sih klik yang didapatkan akan lebih benyak, akan tetapi loading blog pun juga semakin lambat, selain itu juga membuat pengunjung blog menjadi kurang nyaman. Jadi kita lebih baik memasang beberapa unit iklan. normalnya sih 4-5 unit iklan. Kita bisa kok mendapatkan banyak klik hanya dengan memasang beberapa iklan saja. Namun iklan tersebut harus dipasang ditempat yang strategis, yaitu :
a. Di sidebar blog
b. Di bawah judul artikel
c. Di tengah postingan

Nah kurasa itulah beberapa tips dari saya untuk mempercepat loading blog agar lebih menjadi super cepat. Setelah anda mengoptimasi kecepatan loading blog anda. Silahkan anda cek kembali kecepatan loading blog anda dengan Gtmetrix atau Google Pagespeed. Terimakasih telah berkunjung ke www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mempercepat Loading Blog Menjadi Super Cepat"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel