close

Cara Mengecek Kecepatan Website Dengan Mudah

Cara mengecek kecepatan loading blog dengan mudah dan akurat – Ketika mengunjungi sebuah blog, pernahkah anda menemukan sebuah blog yang loading nya sangat lama meskipun koneksi internetmu sudah cepat. Tentu kalian pasti sudah pernah menemukannya. Itu bukan karena masalah koneksi anda, tetapi memang kecepatan loading blog tersebut berat. Hal itu dikarenakan tema atau template yang digunakan oleh blog tersebut berat.

Kecepatan loading sebuah blog sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung blog. Tentu, pengunjung akan senang berkunjung ke blog yang loading nya cepat. Blog yang kecepatan loadingnya lama biasanya membuat pengunjung jengkel dan bahkan menutup blog anda sebelum membaca artikel anda. Sayang sekali bukan, kita gagal mendapatkan pengunjung.

Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog Dengan Mudah dan Akurat
Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog Dengan Mudah dan Akurat

 

Pengaruh kecepatan loading sebuah blog

Kecepatan loading sebuah blog juga memperngaruhi perankingan hasil pencarian google. Blog yang loading nya cepat tentu akan mendapatkan posisi pertama, sedangkan blog yang loadingnya lambat tidak akan mendapatkan posisi pertama google. Kalau tidak percaya, silahkan anda cek sendiri, kebanyakan blog yang menguasai hasil pencarian google adalah blog yang loadingnya cepat.

Baca Juga :  Cara Membuat Tabel Responsive di Postingan Blog dengan HTML

Cara mengecek kecepatan loading blog dengan mudah dan akurat

Mengingat bahwa kecepatan loading sebuah blog sangat berpengaruh besar terhadap blog tersebut, oleh karena itu kita sebagai pemilik blog harus memastikan bahwa blog kita loading nya cepat. Terus bagaimana cara mengetahui apakah blog kita cepat atau lambat? Untuk mengetahui kecepatan blog kita memerlukan sebuah tools. Pada artikel kali ini saya akan merekomendasikan 2 tools terbaik untuk mengetahui kecepatan blog anda.  Tools-tools tersebut adalah :

  1. Google PageSpeed Insight
  2. Gtmetrix

Kedua tools itu adalah tools yang terbaik dan terbaik menurut saya. Lalu bagaimana cara menggunakan kedua tool tersebut? Tenang saja saya akan menjelaskannya kok.

Cara cek kecepatan loading blog dengan Google PageSpeed Insights

Cara mengecek kecepatan loading blog dengan Google PageSpeed Insights sebenarnya sangat mudah, akan tetapi sebagian orang masih bingung bagaimana caranya. Oke, agar tidak bingung silahkan simak caranya dibawah ini :
1. Pertama, kalian buka halaman Google PageSpeed Insights
2. Setelah halaman terbuka, silahkan masukkan url blog anda yang ingin di analisis kecepatan loading nya. Setelah itu klik analisis.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Eror Breadcrumb Blog di Search Console (Skema data-vocabulary.org telah dihentikan)
Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog Dengan Mudah dan Akurat
Masukkan url blog anda dan klik analisis

 

3. Setelah itu Google PageSpeed Insights akan menganalisis kecepatan blog anda. Proses ini memerlukan waktu beberapa saat, jadi harap bersabar.
4. Setelah proses analisis selesai, kan muncul nilai kecepatan blog anda. Baik ketika diakses menggunakan mobile ataupun dekstop.

Kecepatan blog saya ketika diakses melalui seluler

Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog Dengan Mudah dan Akurat
Hasil melalui seluler

 

Kecepatan blog saya ketika diakses melalui dekstop

Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog Dengan Mudah dan Akurat
Hasil melalui dekstop

 

Nah, begitulah cara mengecek kecepatan loading blog dengan Google PageSpeed Insights, lalu bagaimana cara mengecek kecepatan loading blog dengan Gtmetrix?

Cara cek kecepatan loading blog dengan Gtmetrix

Cara cek kecepatan loading blog dengan Gtmetrix hampir sama dengan menggunakan Google PageSpeed Insights, tapi jika kalian masih bingung saya akan menjelaskan caranya.

1. Silahkan buka halaman Gtmetrix
2. Setelah halaman Gtmetrix terbuka, silahkan masukkan url blog anda yang ingin dianalisis kecepatannya. Setelah itu klik analyze.

Baca Juga :  Cara Membuat Form Kontak (Contact Us) di Blog dengan Mudah
Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog Dengan Mudah dan Akurat
Masukkan url blog dan klik analyze

 

. Gtmetrix akan menganalisis kecepatan blog anda, saat proses analisis jangan tutup browser anda.
4. Setelah proses analisis selesai, akan muncul kecepatan loading blog anda.

Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog Dengan Mudah dan Akurat
Hasil kecepatan loading blog

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengecek kecepatan loading blog dengan menggunakan google page speed insight dan GT Matrik. Kecepatan loading blog sangat mempengaruhi pengunjung ketika mengunjungi blog anda. Biasanya, jika blog anda tidak terbuka dalam waktu 3 detik, pengunjung akan meninggalkan blog dan mencari blog lain yang loading nya lebih cepat. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan kecepatan loading blog.

Jika anda tertarik dengan tutorial tentang blogger lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara mengganti template blog di blogger. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar