Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog Dengan Mudah dan Akurat

Cara mengecek kecepatan loading blog dengan mudah dan akurat - Ketika mengunjungi sebuah blog, pernahkah anda menemukan sebuah blog yang loading nya sangat lama meskipun koneksi internetmu sudah cepat. Tentu kalian pasti sudah pernah menemukannya. Itu bukan karena masalah koneksi anda, tetapi memang kecepatan loading blog tersebut berat. Hal itu dikarenakan tema atau template yang digunakan oleh blog tersebut berat.

Kecepatan loading sebuah blog sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung blog. Tentu, pengunjung akan senang berkunjung ke blog yang loading nya cepat. Blog yang kecepatan loadingnya lama biasanya membuat pengunjung jengkel dan bahkan menutup blog anda sebelum membaca artikel anda. Sayang sekali bukan, kita gagal mendapatkan pengunjung.
Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog Dengan Mudah dan Akurat

Pengaruh kecepatan loading sebuah blog

Kecepatan loading sebuah blog juga memperngaruhi perankingan hasil pencarian google. Blog yang loading nya cepat tentu akan mendapatkan posisi pertama, sedangkan blog yang loadingnya lambat tidak akan mendapatkan posisi pertama google. Kalau tidak percaya, silahkan anda cek sendiri, kebanyakan blog yang menguasai hasil pencarian google adalah blog yang loadingnya cepat.

Cara mengecek kecepatan loading blog dengan mudah dan akurat

Mengingat bahwa kecepatan loading sebuah blog sangat berpengaruh besar terhadap blog tersebut, oleh karena itu kita sebagai pemilik blog harus memastikan bahwa blog kita loading nya cepat. Terus bagaimana cara mengetahui apakah blog kita cepat atau lambat? Untuk mengetahui kecepatan blog kita memerlukan sebuah tools. Pada artikel kali ini saya akan merekomendasikan 2 tools terbaik untuk mengetahui kecepatan blog anda.  Tools-tools tersebut adalah :
1. Google PageSpeed Insights
2. Gtmetrix

Kedua tools itu adalah tools yang terbaik dan terbaik menurut saya. Lalu bagaimana cara menggunakan kedua tool tersebut? Tenang saja saya akan menjelaskannya kok.

Cara cek kecepatan loading blog dengan Google PageSpeed Insights

Cara mengecek kecepatan loading blog dengan Google PageSpeed Insights sebenarnya sangat mudah, akan tetapi sebagian orang masih bingung bagaimana caranya. Oke, agar tidak bingung silahkan simak caranya dibawah ini :
1. Pertama, kalian buka halaman Google PageSpeed Insights
2. Setelah halaman terbuka, silahkan masukkan url blog anda yang ingin di analisis kecepatan loading nya. Setelah itu klik analisis.
Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog Dengan Mudah dan Akurat
Masukkan url blog anda dan klik analisis
3. Setelah itu Google PageSpeed Insights akan menganalisis kecepatan blog anda. Proses ini memerlukan waktu beberapa saat, jadi harap bersabar.
4. Setelah proses analisis selesai, kan muncul nilai kecepatan blog anda. Baik ketika diakses menggunakan mobile ataupun dekstop.

Kecepatan blog saya ketika diakses melalui seluler
Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog Dengan Mudah dan Akurat
Hasil melalui seluler
Kecepatan blog saya ketika diakses melalui dekstop
Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog Dengan Mudah dan Akurat
Hasil melalui dekstop
Nah, begitulah cara mengecek kecepatan loading blog dengan Google PageSpeed Insights, lalu bagaimana cara mengecek kecepatan loading blog dengan Gtmetrix?

Cara cek kecepatan loading blog dengan Gtmetrix

Cara cek kecepatan loading blog dengan Gtmetrix hampir sama dengan menggunakan Google PageSpeed Insights, tapi jika kalian masih bingung saya akan menjelaskan caranya.

1. Silahkan buka halaman Gtmetrix
2. Setelah halaman Gtmetrix terbuka, silahkan masukkan url blog anda yang ingin dianalisis kecepatannya. Setelah itu klik analyze.
Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog Dengan Mudah dan Akurat
Masukkan url blog dan klik analyze
3. Gtmetrix akan menganalisis kecepatan blog anda, saat proses analisis jangan tutup browser anda.
4. Setelah proses analisis selesai, akan muncul kecepatan loading blog anda.
Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog Dengan Mudah dan Akurat
Hasil kecepatan loading blog
Nah itulah cara mengecek kecepatan loading blog dengan menggunakan Google PageSpeed Insights dan Gtmetrix. Setelah mengetahui kecepatan loading blog anda, bagaimana hasilnya? Apakah sudah cepat? Loading sebuah blog bisa dikatakan sudah cepat apabila skornya diatas 80. Jadi jika kecepatan loading blog agan masih dibawah 80, itu artinya blog anda perlu di optimalkan. Bagaimana cara meningkatkan kecepatan loading blog? Silahkan baca artikel saya tentang cara meningkatkan kecepatan loading sebuah blog.

Oke, cukup sampai disini dulu ya artikel saya kali ini tentang cara mengecek kecepatan loading blog dengan mudah dan akurat. Gimana kecepatan loading blog anda? Sudah oke kan. Terima kasih juga telah berkunjung ke www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog Dengan Mudah dan Akurat"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel