close

Cara Mengganti Link Artikel Blog Yang Sudah Dipublish

Cara mengganti artikel blog yang sudah dipublish – Ketika membuat atau memposting sebuah artikel baru, Anda pasti pernah mengalami url dari postingan tersebut terpotong atau tidak sesuai yang kamu mau. Misalkan judul artikel anda “Cara mendaftar google adsense” tapi url yang didapat www.bloggerkoplo/2018/07/cara-mend.html , URL tersebut terpotong dan tidak sesuai dengan judul artikel. Padahal URL atau Permalink merupakan faktor SEO yang sangat vital dalam sebuah blog.

Dengan adanya keyword di dalam URL artikel itu akan membuat artikel tersebut lebih mudah ditemukan dalam mesin pencarian. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara megganti URL atau link postingan yang sudah dipublikasikan?

Cara Mengganti URL Link Postingan Blogspot Yang Sudah Dipublikasikan
Cara Mengganti URL Link Postingan Blogspot Yang Sudah Dipublikasikan

 

Cara mengganti URL postingan yang sudah dipublikasikan

Semakin dengan berjalannya waktu, blogspot sudah banyak sekali melakukan update terhadap fasilitas mereka. Tentunya untuk memudahkan para pemilik blog untuk mengoptimalkan blog mereka. Salah satunya adalah mengubah url postingan yang telah dipublikasikan. Caranya cukup mudah kok. Silahkan simak cara mengganti url postingan yang sudah dipublikasikan berikut ini :
1. Pertama kalian cari dulu artikel yang URL nya ingin diperbaiki.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger dengan Mudah
Cara Mengganti URL Link Postingan Blogspot Yang Sudah Dipublikasikan
Artikel yang link nya akan diganti

 

2. Setelah ketemu, silahkan silahkan masuk ke menu postingan blog anda. Cari artikel yang mau diganti URL nya kemudian klik edit

Cara Mengganti URL Link Postingan Blogspot Yang Sudah Dipublikasikan
Edit postingan

 

3. Disebelah kanan akan ada menu setelan entri, kalian pasti tahu kalau tautan permanennya tidak bisa diganti, lalu bagaimana cara menggantinya? Caranya adalah kembalikan postingan tadi menjadi draf dengan cara mengeklik kembali ke draf.

Cara Mengganti URL Link Postingan Blogspot Yang Sudah Dipublikasikan
Klik kembali ke draf

 

4. Setelah artikel sudah kembali ke draf maka anda bisa mengganti URL nya sesuai keinginan anda. Untuk lebih SEO silahkan membuat URL yang hampir sama dengan keyword anda. Jika keyword anda menggunakan long tail keyword, sebaiknya URL nya menggunakan sort tail keyword.

Baca Juga :  7 Cara Menulis Artikel Blog yang Baik dan Benar

Contoh :
Keyword : Cara mendafar google adsense dengan mudah sekali approve
Maka link yang cocok untuk keyword tersebut adalah :
URL : www.bloggerkoplo.com/2018/07/cara-mendaftar-google-adsense.html
Kalimat dengan mudah sekali approve tidak perlu dituliskan dalam URL karena kalimat tersebut hanya tambahan. Setelah URL artikel sudah diganti, silahkan klik publikasikan.

Cara Mengganti URL Link Postingan Blogspot Yang Sudah Dipublikasikan
Ubah link, Setelah klik publikasikan

 

5. URL artikel sudah selesai diganti, silahkan dicek.

Cara Mengganti URL Link Postingan Blogspot Yang Sudah Dipublikasikan
URL sudah selesai diganti

 

Hal yang harus dilakukan setelah mengganti URL

Perlu diketahui bahwa mengganti URL artikel sama saja dengan membuat postingan baru. Dengan artian link anda sebelumnya akan dihapus dari index google dan google memerlukan waktu untuk mengindex URL anda yang baru. Jadi jangan heran apabila artikel yang anda ganti URLnya tidak bisa muncul dihasil pencarian. Hal itu dikarenakan artikel dengan URL baru tersebut belum keindex oleh google. Jadi kalian harus mensubmit lagi artikel anda ke google webmaster tools. Jika anda belum mengetahui cara submit artikel ke google webmaster tools, silahkan baca artikel saya tentang cara submit atikel ke google webmaster tools. Jangan lupa juga untuk membuat akun google webmaster tools.

Baca Juga :  Cara Menolak Jingling dan Tips Agar Blog Terhindar dari Jingling

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengganti link artikel blog yang sudah dipublish, mengganti link artikel terkadang perlu untuk dilakukan dalam sebuah blog. Misalnya ketika terdapat kesalahan penulisan/typo atau mengupdate artikel yang sudah usang.

Jika anda tertarik dengan tutorial mengenai blog lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara mendaftar dan verifikasi blog di google web master seach console. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Satu pemikiran pada “Cara Mengganti Link Artikel Blog Yang Sudah Dipublish”

  1. Terima Kasih, moga bisa bermanfaat. Soalnya aku pengen ganti link url . awalnya pakai judul bahasa planet dan judulnya tak ganti pake bahasa NKRI. Dah aku coba ganti link judulnya, tp pas di dicek pakai url inspection search console ko url link yang barusan dirubah malah URL is not available to Google ? Harap maklum masih belajar yah…Tengkyuu dan salam..

    Balas
  2. Pada konsepnya mengganti url artikel yang sudah dipublikasikan itu sama dengan membuat artikel baru. Jadi google harus mengindeks ulang artikel tersebut dan hal tersebut membutuhkan waktu.

    mohon ditunggu selama kurang lebih 1 minggu, jika masih belum terindeks, anda bisa menghapus artikel tersebut dan menerbitkan ulang

    Balas

Tinggalkan komentar