Adakah Tes Kesehatan dan Kebugaran TKK di SPMB PKN STAN 2019?

Adakah Tes Kesehatan dan Kebugaran TKK di SPMB PKN STAN 2019? - TKK atau Tes Kesehatan dan Kebugaran adalah serangkaian tes yang dilakukan sebagai syarat untuk mendaftar sesuatu. Semisal Polisi, Tentara, Bahkan untuk mendaftar ke sekolah kedinasan juga diperlukan Tes Kesehatan dan Kebugaran. Salah satunya adalah sekolah ikatan dinas PKN STAN. Didalam penerimaan mahasiswa baru PKN STAN atau yang lebih dikenal dengan SPMB PKN STAN, TKK merupakan salah satu dari rangkaian tes yang juga dijalani. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang TKK pada SPMB PKN STAN.
Adakah Tes Kesehatan dan Kebugaran di SPMB PKN STAN?
Adakah Tes Kesehatan dan Kebugaran di SPMB PKN STAN?

Tes Kesehatan dan Kebugaran di SPMB PKN STAN

Dalam SPMB PKN STAN, TKK terbagi menjadi 2
1. Tes Kesehatan
2. Tes Kebugaran

1. Tes Kesehatan

Dalam tes kesehatan ini, pertama-tama akan melakukan tes tekanan darah. Pastikan tekanan darah kalian normal. Jangan darah rendah atau darah tinggi. Sebelum tes tidur yang cukup dan jangan grogi karena akan mempengaruhi tekanan darah.

Setelah itu ada tes tinggi badan dan berat badan. Setelah tes tinggi badan dan berat basan selesai, selanjutnya adalah tes mata (Buta warna, minus, dan cacat mata).

Setelah itu kalian akan masuk ke ruang dokter, disini pemeriksaan akan lebih detail. Diantaranya :
1. THT
2. Varises
3. Ambeyen
4. Gigi
5. Perut diteken-teken, entah itu ngetes apa
6. Terus tangan disuruh lurus
7. Lutut
8. Dll

Setelah tes kesehatan selesai, kalian akan mendapatkan surat dari dokter. Isinya bisa melanjutkan ke tes kebugaran atau tidak.
Tes Kesehatan dan Kebugaran SPMB PKN STAN
Push up adalah salah satu materi TKK

2. Tes Kebugaran

Setelah mendapatkan surat rekomendasi untuk melanjutkan ke tes kebugaran, kalian akan dibentuk dalam beberapa kelompok. Masing masing kelompok akan diberi rompi dengan warna yang berbeda dan dengan nomor punggung yang berbeda.

Setelah itu akan melakukan pemanasan. Pada tahun 2017 setelah pemanasan langsung melakukan lari selama 12 menit. Setiap kalian sudah menyelesaikan 1 putaran kalian wajib meneriakan warna rompi dan nomor kalian. Misal : KUNING SEPULUH. BIRU LIMA. HIJAU DUA. Ingat yang keras ya teriaknya.

Setelah lari 12 menit selesai, kalian akan diberi waktu sekitar 5 menit untuk beristirahat dan minum. Setelah itu lanjut ke lari yang membentuk angka 8 atau suttle run. Kalian akan berlari membentuk angka 8 sebanyak 3 putaran. Waktu normal adalah 18 detik. Usahakan bisa lebih cepat.

Untuk tahun 2018 ada beberapa tambahan di tes kebugaran. Yaitu :
1. Push up (1 menit)
2. Sit up (1 menit)
3. Pull up (laki)/Chinning (perempuan) (1menit)

Pada tahun 2017 TKK dilakukan oleh semua pendaftar. Dan untuk 2018 hanya untuk pendaftar yang memilih prodi Bea Cukai dan beberapa pendaftar yang memilih bersedia ditempatkan diluar spesialisasi.

Lalu bagaimana dengan 2019?

Untuk tahun 2019 masih belum dipastikan apakah akan ada TKK untuk semua prodi atau hanya untuk prodi Bea dan Cukai saja. Yang jelas kita tunggu saja pengumuman resminya.

Tapi mimin akan beropini. Ingat ya hanya opini mimin.
Menurut mimin, kalian tidak usah memikirkan ada atau tidaknya TKK di SPMB PKN STAN 2019. Intinya kalian harus menyiapkan fisik untuk TKK. Berdasarkan SPMB 2018 banyak sekali peserta yang tidak persiapan taoi dipanggil TKK. Dan banyak yang sudah latihan tapi tidak dipanggil TKK (Mimin juga salah satunya wkwk).

Intinya, pokok.e persiapan saja ya buat TKK nya.
Semangat!!

Gimana? Sudah ada gambaran belum mengenai Tes Kesehatan dan Kebugaran di SPMB PKN STAN? Jangan lupa latihan ya, Biar pas tes mendapatkan hasil yang memuaskan.
Terimakasih juga telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Adakah Tes Kesehatan dan Kebugaran TKK di SPMB PKN STAN 2019?"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel