Materi Tes Potensi Akademik (TPA) SPMB PKN STAN yang Sering Keluar

Materi Tes Potensi Akademik (TPA) SPMB PKN STAN yang Sering KeluarPKN STAN merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan (PTK) favorit diindonesia. PKN STAN juga merupakan perguruan tinggi dengan jumlah pendaftar terbanyak setiap tahunnya. Pendaftar PKN STAN setiap tahunnya selalu melebihi 100.000 pendaftar. Dan yang diterima rata-rata hanya 5% sampai 7% dari pendaftar.

Hal itu disebabkan rangkaian tes yang relatif susah apabila tidak dikuasai secara mendalam. Dalam SPMB PKN STAN ada 2 macam tes tertulis. Yaitu Tes Bahasa Inggris (TBI) dan Tes Potensi Akademik (TPA). Setelah pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang apa saja materi Tes Bahasa Inggris (TBI) yang sering keluar. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas Tes Potensi Akademik yang sering keluar.
Materi Tes Potensi Akademik (TPA) SPMB PKN STAN yang Sering Keluar
Materi Tes Potensi Akademik

Materi Tes Potensi Akademik yang sering keluar di SPMB PKN STAN

Sebelum masuk ke materi TPA, sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu TPA. Tes Potensi Akademik (TPA) adalah tes psikologi yang dapat mengungkap apa yang telah dicapai seseorang secara intelektual atau semuanya yang berhubungan dengan kecerdasan. Nah, apa saja materi dari Tes Potensi akademik (TPA)? Berikut adalah beberapa materi yang sering keluar di SPMB PKN STAN :

1. Sinonim
Sinonim adalah bentuk bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain atau sekelompok kata yang memiliki persamaan arti atau makna.

2. Antonim
Antonim adalah kata yang berlawanan dengan kata lain atau sekelompok kata yang memiliki perlawanan arti atau makna.

3. Analogi
Analogi adalah salah satu jenis penalaran induktif. Dalam pengertian umum, analogi adalah proses penalaran berdasarkan pengamatan terhadap gejala khusus dengan membandingkan atau mengumpamakan suatu objek yang sudah terindentifikasi secara jelas terhadap objek lain yang dianalogikan sampai dengan kesimpulan yang berlaku umum.

4. Bacaan atau paragraf
Paragraf adalah beberapa rangkaian kalimat yang memiliki 1 kalimat pokok dan beberapa kalimat penjelas.

5. Bilangan dan pecahan
Bilangan adalah suatu konsep matematika yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran.
Pecahan adalah suatu angka yang tidak bulat. Pecahan terdiri dari pembilang dan penyebut.

6. Persamaan dan pertidaksamaan
Persamaan adalah kelimat terbuka yang menyatakan hubungan sama dengan (=).
Pertidaksamaan adalah kalimat terbuka yang dinotasikan dengan tanda lebih kecil (<), lebih besar (>).

7. Himpunan dan model matematika
Himpunan adalah kumpulan enda/objek yang terdefinisikan dengan jelas.
Model matematika adalah salah satu tahap dari pemecahan masalah matematika, yaitu suatu proses menerjemahkan bahasa sehari-hari kedalam bahasa matematika agar dapat dihitung dan dicari variabel-variabel yang belum diketahui.

8. Statistika
Statistika adalah salah satu cabang ilmu matematika yang berkaitan dengan cara pengumpulan, penyusunan, penyajian dan pengolahan data untuk dianalisis.

9. Perbandingan
Perbandingan adalah membandingkan dua nilai atau lebih dari suatu besaran yang sejenis dan dinyatakan dengan cara yang sederhana.

10. Operasi aljabar
Aljabar adalah merupakan cabang ilmu matematika yang dapat dicirikan sebagai generalisasi dari bidang aritmatika yang terdapat koefisien, variabel, dan konstanta.

11. Geometri
Geometri adalah salah satu cabang ilmu matematika yang menerangkan sifat-sifat garis, sudut, bidang, dan ruang.

12. Kecepatan, jarak, dan waktu
Kecepatan adalah besarnya suatu jarak yang ditempuh dalam suatu waktu tertentu. Kecepatan biasanya dalam satuan km/jam, m/menit, m/second.

13. Persentase hitung dagang
Persentase hitung dagang adalah bagian dari ilmu hitung matematika yang membahas tentang ilmu dagang yang meliputi harga jual, harga beli, untung, rugi, dan sebagainya.

14. Barisan dan deret
Barisan adalah urutan bilangan-bilangan yang disusun berdasarkan pola tertentu.
Deret adalah penjumlahan dari suku-suku barisan.

15. Silogisme
Silogisme adalah tes penalaran yang menguji kemampuan dalam menarik kesimpulan dari beberapa pernyataan menggunakan prinsip logika.

16. Logika posisi
Logika posisi adalah sebuah soal yang menuntun kita untuk menghubungkan suatu keadaan dengan keadaan lainnya tetapi dibatasi oleh suatu pernyataan/persyaratan tertentu dan biasanya soal ini berentuk cerita pendek.

17. Analisis gambar dan irama bilangan
Analisis gambar adalah sebuah soal yang menuntun seseorang untuk menyelesaikan masalah khususnya yang berhubungan dengan bentuk-bentuk gambar atau simbol berdasarkan pengetahuan dan wawasan yang dimiliki dan juga untuk mengukur kemempuan dalam menyelesaikan bentuk gambar secara tepat.
Deret huruf adalah suatu soal yang menuntun seseorang untuk bisa menyelesaikan masalah berkaitan dengan deretan huruf yang memiliki pola tertentu.

18. Peluang
Peluang adalah kemungkin terjadinya suatu kejadian dari sebuah percobaan.

Yak, kurasa itulah beberapa materi Tes Potensi Akademik (TPA) yang sering keluar dalam SPMB PKN STAN. Bagaimana sudah ada gambaran belum tentang Tes Potensi Akademik (TPA). Jangan lupa juga untuk membaca artikel tentang materi Tes Bahasa Inggris (TBI) yang sering keluar di SPMB PKN STAN. Terimakasih telah berkunjung ke www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Materi Tes Potensi Akademik (TPA) SPMB PKN STAN yang Sering Keluar"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel