Berapa Nilai Minimal atau Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar (TKD)?

Berapa Nilai Minimal atau Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar TKD? – Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan cita-cita banyak orang. Hal tersebut dikarenakan jika mejadi PNS/ASN hidupnya akan terjamin dengan adanya uang pensiun. Artinya, walaupun sudah tidak bekerja, pensiunan PNS/ASN tetap akan mendapatkan uang pensiun.
Agar bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), kalian harus melalui Tes Kompetensi Dasar (TKD).

Apa itu Tes Kompetensi Dasar (TKD)?

Tes Kompetensi Dasar (TKD) merupakan salah satu tahapan tes dalam seleksi penerimaan CPNS atau dalam seleksi penerimaan calon mahasiswa baru kedinasan (PKN STAN, IPDN, STIS, STSN, STIN, STTD, STMKG, POLTEKIP & POLTEKIM). Dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD) terdiri dari 3 jenis soal, yaitu :

1. Tes Intelegensia Umum (TIU)
2. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
3. Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

Masing masing dari jenis soal tersebut memiliki batasan nilai minimum atau ambang batas agar bisa lolos ke tahap berikutnya.
Berapa Nilai Minimal atau Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar TKD?
Nilai Ambang Batas TKD

Apa itu ambang batas TKD?

Ambang batas TKD adalah skor minimal yang harus didapat agar bisa lolos dalam tes TKD. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa masing-masing jenis soal memiliki ambang batas yang berbeda-beda.  Berikut adalah ambang batasnya :

1. TIU (Tes Intelegensia Umum)
Nilai ambang batas untuk TIU (Tes Intelegensia Umum) adalah 80. Jadi, Nilai minimal yang harus didapat agar bisa lolos TIU adalah 80 atau benar 16 Soal.

2. TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)
Nilai ambang batas untuk TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) adalah 75. Jadi, Nilai minimal yang harus didapat agar bisa lolos TWK adalah 75 atau benar 15 soal.

3. TKP (Tes Karakteristik Kepribadian)
Nilai ambang batas untuk TKP (Tes Karakteristik Kepribadian) adalah 143. Jadi, Nilai minimal yang harus didapat agar bisa lolos TKP adalah 143. Dalam TKP ini tidak ada jawaban yang salah. Setiap jawaban memiliki poin tersendiri antara 1-5. Jadi kalian harus bisa memilih jawaban yang poinnya tertinggi.

Yak, itulah nilai ambang batas dari Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Kepribadian (TKP). Dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD) tidak ada pengurangan nilai apabila menjawab salah. Jadi wajib bagi semua peserta tes untuk menjawab semua soal. Untuk bisa lolos dalam TKD, ketiga jenis soal tersebut harus lolos ambang batas semua. Apabila ada 1 aja yang tidak lolos, maka tidak akan lolos dalam TKD.

Demikian artikel saya kali ini tentang berapa nilai ambang batas Tes Kompetensi Dasar (TKD), Jangan lupa baca juga tentang jumlah nilai mati TPA TBI dan tips dan trik lolos nilai mati TPA TBI. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

x

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berapa Nilai Minimal atau Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar (TKD)?"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel