Cara Mengecek Broken Link atau 404 Not Found pada Blog

Cara Mengecek Broken Link atau 404 Not Found pada Blog - Ketika membangun sebuah blog, kesehatan sebuah blog merupakan hal yang sangat penting. Apa yang dimaksud kesehatan dalam sebuah blog? Kesehatan dalam sebuah blog maksudnya adalah suatu keadaan dimana didalam blog tersebut tidak ada broken link/link mati/halaman 404 not found. Apabila blog kita tidak ada hal tersebut maka bisa dibilang bahwa blog kita adalah blog yang sehat.

Broken link bisa terjadi pada halaman blog kita atau eksteral link yang terdapat pada blog kita. Bisa terjadi pada halaman blog karena kita menghapus postingan kita atau kita merubah permalink kita. Dan bisa terjadi pada eksternal link blog karena halaman tujuan eksternal tadi sudah tidak ada. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan blog kita, kita harus senantiasa mengecek apakah blog kita mempunyai broken link atau tidak.
Cara Mengecek Broken Link atau 404 Not Found pada Blog
Cara Mengecek Broken Link atau 404 Not Found pada Blog

Dampak apabila blog kita mempunyai broken link

Broken link atau link mati adalah hal yang sangat tidak disukai oleh google, dikarenakan menyebabkan pengunjung blog tidak menemukan apa yang mereka cari. Sehingga akan membuat blog kita jelek dimata google. Tentu hal tersebut berpengaruh terhadap SEO blog kita. Blog yang banyak brokin link tentu akan susah bersaing dimesin pencarian.

Cara Mengecek Broken Link atau 404 Not Found pada Blog

Oleh karena itu, kita harus mengetahui apakah blog kita ada bloken link atau tidak. Bagi yang memiliki artikel ribuan pasti akan kesulitan apabila melakukan pengecekan secara manual. Oleh karena itu, pada artikel saya kali ini saya akan membahas cara mengecek broken link pada blog dengan mudah. Oke langsung saja.

1. Buka halaman Broken Link Checker
2. Kemudian isi alamat blog anda pada kotak yang telah disediakan, kemudian klik Find Broken Links
Cara Mengecek Broken Link atau 404 Not Found pada Blog
Isi alamat blog anda
3. Setelah itu isi Security Code dan pilih Report all occurrences of each dead link (may be slower) kemudian tekan Find broken links now!
Cara Mengecek Broken Link atau 404 Not Found pada Blog
Find broken links now!
4. Proses pencarian broken links akan dimulai, tunggu sampai prosesnya selesai.
Find broken links now!
Proses pencarian
5. Setelah proses selesai, maka akan keluar daftar broken link yang ada pada blog anda disertai dengan server respon. Ada 404 Not Found, Bad Host, ,maupun Request Timeout.
Cara Mengecek Broken Link atau 404 Not Found pada Blog
Broken link ditemukan
Untuk mengetahui posisi artikel yang terdapat broken link, silahkan klik url pada kolom page where found. Kemudian untuk melihat HTML source silahkan klik src pada kolom page where found.

Hal yang harus dilakukan jika terdapat Broken Link

Setelah anda mengetahui broken link pada blog anda, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan memperbaiki broken link tersebut. Bisa dengan menghapusnya atau memperbarui dengan link yang baru.

Demikian artikel saya kali ini tentang cara mengecek broken link dengan mudah. Semoga dapat dipahami dan dipraktekkan. Dengan tidak ada broken link di blog kita tentu akan membuat blog kita menjadi baik dimata google sehingga akan dapat bersaing di halaman pencarian. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Mengecek Broken Link atau 404 Not Found pada Blog"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel