Ciri Template yang Baik dan Template Blogger Terbaik 2019

Ciri Template yang Baik dan Template Blogger Terbaik 2019 - Ketika anda mengunjungi sebuah blog, apa yang anda perhatikan pertama kali? Sudah pasti yang menjadi perhatian pertama anda adalah tampilan blog tersebut. Apabila tampilan blog tersebut menarik tentu anda akan lebih senang dan betah untuk membaca artikel disana. Oleh karena itu, sebagai seorang blogger, kita harus memperhatikan tampilan blog kita. Tampilan blog dipengaruhi oleh template yang kita gunakan. Kita pasti telah mengetahui bahwa sangat banyak sekali template-template yang beredar di google dengan bermacam-macam tampilan dan berbagai macam fitur yang ada.

Dalam menentukan template yang digunakan, kita tidak boleh memilih template sembarang. Karena tidak semua template memiliki struktur yang baik. Dikarenakan template sangat berpengatuh terhadap SEO suatu blog, maka kita harus menggunakan template yang terbaik. Faktor-faktor apa saja mempengruhi baik tidaknya suatu template? Sebenarnya ada banyak sakali faktor yang mempengaruhi, diantaranya kecepatan loading, responsive, mobile friendly, dll. Dari pada bingung langsung saja ke pembahasan.
Ciri Template yang Baik dan Template Blogger Terbaik 2019
Ciri Template yang Baik dan Template Blogger Terbaik 2019

Faktor-faktor yang mempengaruhi baik buruknya sebuah template

Dalam memilih suatu template, kita harus memperhatikan banyak hal agar blog kita dapat bekerja secara optimal. Lalu apa saja sih ciri-ciri template yang bagus itu? Oke kita langsung saja ke pembahasannya.

1. Tampilan simple dan clean
Template yang bagus adalah template yang tampilannya simple dan clean. Sebagai contoh, ketika anda membuka google.com apa yang anda lihat? Begitu simple dan sederhana kan tampilannya? Dari situ kita bisa melihat bahwa google suka dengan kesederhanaan. Oleh karena itu gunakanlah template yang desainnya simple dan clean. Artinya tidak kebanyakan widget, background putih.

2. Loading template cepat
Ketika anda mengunjungi sebuah blog yang loadingnya sangat berat dan lama, pasti anda akan jengkel dan akan segera menutup blog tersebut. Dari situ kita bisa belajar bahwa pengunjung sangat membenci blog yang loadingnya lama. Oleh karena itu, gunakanlah template yang ringan dan loadingnya cepat. Untuk mengecek kecepatan loading suatu blog anda bisa mengeceknya melalui GT Metrix dan Google Pagespeed Insigh

3. Navigasi template mudah
Navigasi template juga harus diperhatikan ketika memilih sebuah template. Jangan menggunakan template yang navigasinya membingungkan. Karena pasti akan membingungkan pengunjung dan akan membuat kapok pengunjung. Pilihlah template dimana dalam satu atau dua klik saja pengunjung sudah bisa menemukan apa yang dia cari.

4. Template harus responsive
Dalam memilih template, gunakanlah template yang responsive. Apa itu responsie? Responsie adalah ketika tampilan sebuah template mampu menyesuaikan dengan lebar layar pengunjung. Sehingga tampilannya akan tetap rapi dan tidak kacau. Untuk mengecek apakah sebuah template itu responsive, anda bisa mengeceknya melalui www.responsinator.com.

5. Template harus mobile friendly
Banyak orang mengira bahwa mobile friendly itu sama dengan responsive. Akan tetapi keduanya ternyata merupakan hal yang berbeda. Responsive adalah ketika sebuah template bisa menyesuaikan tampilan layar pengguna. Sedangkan mobile friendly adalah sebuah template harus dapat diakses secara cepat dan ringan melalui mobile dan dapat menyesuaikan dengan tampilan mobile. Kesimpulannya adalah template yang responsive belum tentu mobile friendly, akan tetapi template yang mobile frindly sudah pasti responsive. Ciri sebuah template yang mobile friendly adalah url blog tersebut dapat menyesuaikan dengan url mobile. Contohnya adalah sebagai berikut : www.bloggerkoplo.com?m=1

6. Mendukung SEO Friendly
Apa itu template yang SEO Friendly? Template SEO Friendly adalah template yang ramah dengan mesin pencari. Artinya struktur dari template tersusun dengan sangat baik sehingga akan disenangi oleh mesin pencari. Misalnya google, bing, yahoo, maupun yandex. Dengan menggunakan template yang SEO friendly, maka blog kita akan lebih mudah untuk masuk halaman pertama pencarian google.

7. Memiliki schema markup yang baik
Schema markup adalah kode yang disisipkan pada HTML suatu template blog yang bertujuan agar seach engine lebih mudah dalam memahami isi blog tersebut. Blog yang baik adalah blog yang tidak memiliki error atau kesalahan pada schema markup nya. untuk itu, silahkan cek struktur schema markup blog anda apakah sudah baik atau belum.

Yak, kurasa itulah 7 faktor yang mempengaruhi baik buruknya sebuah template. Jadi jangan menggunakan sembarang template untuk blog anda. Pilihlah template yang baik. Apa saja sih template blogger terbaik untuk saat ini? Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan 2 contoh template terbaik 2019.

Template blogger terbaik 2019 yang cocok untuk blog anda

1. VioMagz by Mas Sugeng
Bagi blogger pasti sudah tidak asing dengan template ini. Yak, template buatan mas sugeng ini akhir-akhir ini sedang booming dan sangat digemari oleh para blogger. Dikarenakan tampilan template dari mas sugeng ini sangat sederhana tetapi fiturnya sangat lengkap sekali. Ditambah dengan kecepatan loading sangat cepat, membuat template yang sugeng ini semakin sempurna. Untuk lebih jelaskan berikut adalah keterangan dari VioMagz mas Sugeng :

Tentang VioMagz
Dari segi fitur dan kelebihan, template blogger VioMagz mengambil semua yang terbaik dari Evo Magz dan membuatnya menjadi lebih baik lagi.

Kelebihan VioMagz
Perbedaan utama terletak pada desainnya.  Desain template VioMagz dibuat lebih modern menyesuaikan dengan trend desain saat ini.

Fitur/Kelebihan VioMagz
-Responsive 100%
-100% Responsive di semua ukuran layar
-SEO Ready
-Tidak perlu repot otak atik kode template supaya SEO karena sudah saya optimalkan
-Fast Loading
-Loading Cepat tanpa mengorbankan desain
-Ads Optimized
-Terdapat fitur slot iklan otomatis di tengah artikel dan di bawah artikel untuk membantu meningkatkan CTR iklan
-Support Fitur Desainer Tema Blogger
-Jika sobat tidak suka warna default template ini, sobat bisa merubahnya sesuai keinginan melalui menu Desainer Tema Blogger
-Menggunakan Schema Markup
-Schema Markup untuk membantu mesin pencari memahami blog sobat
-Icon Menggunakan Font Awesome
-Breadcrumb Navigation
-Auto Readmore
-Pop-up Search Form
-Widget Sticky
-Widget Related Posts
-Tombol Berbagi Responsive Keren
-Numbered Page Navigation
-Back to Top Button
-Custom Error page
-Tanpa Link Credit
-Lainnya akan menyusul di versi terbaru.

Berikut adalah tampilan dari template VioMagz
Ciri Template yang Baik dan Template Blogger Terbaik 2019
Tampilan dekstop

Ciri Template yang Baik dan Template Blogger Terbaik 2019
Tampilan mobile
2. Igniplex by Igniel
Tempalte yang tebaik di tahun 2019 berikutnya adalah template igniplex. Template igniplex adalah sebuah template yang dibuat oleh igniel. Kelebihan utama dari igniplex adalah walaupun tampilan blog sangat banyak gambar akan tetapi loading template masih sangat cepat. Template ini juga memiliki struktur yang sangat baik sehingga sangat cocok untuk dipasang di blog anda. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan mengenai igniplex

Tentang Igniplex
Seperti tagline-nya, for better user experience saya mendesain Igniplex agar nyaman untuk pengunjung. Desainnya sederhana, minimalis, bersih, dan tidak banyak pernak-pernik yang mengganggu. Akses menunya mudah dan navigasinya tidak membuat pusing pengunjung. Template ini cocok untuk dipakai dalam berbagai niche. Sebut saja blog pribadi, berita, tutorial, dan sebagainya.

Fitur dan Kelebihan
-Layout v3 dan Widget v2
-Ini adalah versi terbaru dan tercanggih dari template Blogger. Jadi sudah jelas sangat up to date.
-Super Ringan
-Serius! Template ini dibuat dengan Javascript yang cukup kompleks sehingga fungsinya tidak memberatkan template. Pengaturannya pun mudah bahkan untuk kamu yang tidak bisa coding.
-SEO Friendy
-Tidak perlu pusing menambahkan meta tag karena saya sudah mengoptimalkannya. Ditambah efek positif dari layout v3 yang meta tag dan struktur bawaannya sudah bagus dari sananya.
-Panduan Posisi Iklan
-Di dalamnya sudah ada tanda untuk meletakkan iklan. Bahkan ada iklan yang bisa ditempatkan di tengah artikel secara otomatis tanpa perlu menulis script tambahan lain.
-Pagination (Page Split)
-Konten bisa dibagi menajdi beberapa halaman. Biasanya fitur ini ada dalam WordPress. Tapi sekarang Blogger pun bisa mencobanya dengan menggunakan template Igniplex.
-Social Share Counter
-Menampilkan jumlah share artikel di media sosial untuk mengetahui seberapa viral blog kamu.
-Anti AdBlock
-Memunculkan notifikasi jika pengunjung memakai AdBlock.
-Sticky Widget
-Widget dalam posisi melayang dan akan tetap berada di atas meski sudah di-scroll ke bawah.
-Valid Google Structured Data
-Struktur data ini penting agar blog bisa lebih mudah dikenali oleh mesin pencari.
-Mobile Friendly dan Responsif
-Sekarang ini Google menyukai blog yang bagus ketika dibuka di mobile. Template Igniplex sudah sangat responsif sehingga tetep keren ketika dibuka di berbagai ukuran device yang berbeda.
-Related Post Tengah Artikel dan Bawah Artikel
Ini bagus untuk menurunkan bounce rate.
-Menu di header yang super keren!
-Auto Responsive Video Youtube
-Navigasi Halaman Bernomor
-Custom Halaman Error
-Blog Pager (Next Prev) dengan Judul Artikel
-Breadcrumbs

Berikut adalah tampilan dari template Igniplex
Ciri Template yang Baik dan Template Blogger Terbaik 2019
Tampilan dekstop
Ciri Template yang Baik dan Template Blogger Terbaik 2019
Tampilan mobile


Yak, kurasa itulah pembahasan kita kali ini mengenai Ciri-Ciri Template yang Baik dan Contoh Template Blogger Terbaik 2019. Bagaimana sudah ada gambaran belum tentang template yang akan digunakan? 2 template diatas dangat rekomended untuk di pakai di blog. Semoga dengan membaca artikel saya kali ini, kalian bisa mengetahui cara memilih template yang cocok dan baik untuk blog anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ciri Template yang Baik dan Template Blogger Terbaik 2019"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel