Tips Lolos Tes Kesehatan dan Kebugaran (TKK) SPMB PKN STAN

Tips Lolos Tes Kesehatan dan Kebugaran (TKK) SPMB PKN STAN - Tes Kesehatan dan Kebugaran atau biasa di singkat TKK merupakah salah satu rangkaian tes yang terdapat di SPMB PKN STAN. Seperti dengan namanya, Tes Keseharan dan Kebugaran adalah sebuah tes untuk menguji tingkat kesehatan dan kebugaran peserta SPMB PKN STAN. Pada tahun 2017, Tes Kesehatan dan Kebugaran hanya meliputi hanya meliputi Tes Kesehatan, Lari 12 Menit dan Lari Suttle Run. Akan tetapi ditahun 2018, terdapat juga tes Push Up, Sit Up, dan Pull Up.

Walaupun hanya berlari akan tetapi Tes Kesehatan dan Kebugaran tidak bisa diremehkan. Banyak sekali peserta yang gagal di tes kali ini. Dikarenakan banyak yang kurang persiapan dan akhirnya tidak kuat ketika berlari. Oleh karena itu, untuk menghadapi Tes Kesehatan dan Kebugaran juga diperlukan persiapan yang matang. Dikarenakan kekuatan fisik tidak bisa didapat secara instan.
Tips Lolos Tes Kesehatan dan Kebugaran (TKK) SPMB PKN STAN
Tips Lolos Tes Kesehatan dan Kebugaran (TKK) SPMB PKN STAN

Tips Lolos Tes Kesehatan dan Kebugaran (TKK) SPMB PKN STAN

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, bahwa fisik tidak dapat didapat secara instan. Akan tetapi perlu latihan rutin agar mendapatkan fisik yang bagus. Lalu bagaimanakah persiapan untuk menghadapi Tes Kesehatan dan Kebugaran (TKK) SPMB PKN STAN?

Persiapan sebelum Tes Kesehatan dan Kebugaran

Sebelum melaksanakan Tes Kesehatan dan Kebugaran juga diperlukan persiapan seperti tes tertulis, apa saja yang harus dipersiapkan?

1. Latihan jauh-jauh hari
Latihan jauh-jauh hari adalah salah satu kunci utama sukses di Tes Kesehatan dan Kebugaran. Paling tidak 1 tahun sebelum Tes Kesehatan dan Kebugaran kalian sudah harus memulai latihan sedikit demi sedikit. Latihan lari, push up, sit up, dan pull up.

2. Latihan rutin
Tingkat kerutinan adalah faktor yang penting. Lebih baik latihan sedikit demi sedikit tapi rutin setiap hari daripada latihan langsung berat tetapi Cuma sekali. Dengan latihan rutin maka kekuatan tubuh kita juga akan meningkat.

3. Mengkonsumsi makanan sehat
Makana adalah sumber tenaga dalam tubuh kita. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang sehat sehingga kesehatan tubuh kita selalu terjaga. Perbanyak makan sayur dan minum susu. Makan yang teratur sehingga tubuh akan tetap sehat dan kuat.

4. Check up ke dokter
Sebelum menjalani tes kesehatan dan kebugaran, pastikan anda sebelumnya sudah melakukan check up ke dokter. Jadi, apabila terdapat sesuatu dapat segera diobati. Dan jangan lupa, kira-kira 1 bulan sebelum tes kesehatan dan kebugaran lakukan check up kembali untuk memastikan keadaan tubuh anda.

5. Istirahat yang cukup
Ketika mau menjalani tes kesehatan dan kebugaran, pastikan anda cukup beristirahat. Karena apabila kita kurang dalam beristirahat, hal tersebut akan menyebabkan kita lesu dan tenaga kita menjadi kurang maksimal.

Persiapan H-1 Tes Kesehatan dan Kebugaran

Mungkin kalian sudah mengetahui yang satu ini. H-1 tes bukanlah waktu untuk latihan lagi. H-1 adalah waktu untuk tenang dan mempersiapkan mental. Gunakan H-1 untuk melemaskan otot-otot agar tidak kaku. Kalau bisa pijit biar badan enteng ketika tes besok dan menjadi lebih segar. Jangan lupa siapkan alat-alat yang digunakan untuk tes besok agar tidak tergesa-gesa.

Hal yang Harus Dilakukan Pada Hari H Tes

Setelah mempersiapkan semuanya dengan matang, sudah tiba saatnya untuk Tes Kesehatan dan Kebugaran. Ketika Tes Kesehatan dan Kebugaran, lakukanlah hal-hal berikut.

1. Datang ke lokasi lebih pagi
Saat hari H tes, datanglah ke lokasi tes lebih pagi. Dengan datang lebih pagi, kita akan mendapatkan banyak keuntungan. Yaitu tidak grogi melihat peserta lain, belum terlalu panas saat lari, dan memiliki banyak waktu untuk persiapan.

2. Jangan grogi
Ketika melakukan tes, tes apapun itu, jalan sekali-kali anda grogi. Dikarenakan ketika anda grogi bisa menyebabkan kemampuan tubuh kita menjadi menurun. Ingat, di Tes Kesehatan dan Kebugaran juga terdapat tes tekanan darah. Ketika anda grogi itu tentu akan membuat tekanan darah menjadi tidak stabil.

3. Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman
Ketika Tes Kesehatan dan Kebugaran, pilihlah pakaian yang paling nyaman untuk dipakai. Dikarenakan Tes Kesehatan dan Kebugaran tubuh kita akan banyak bergerak, jika pakaian dan sepatu kita tidak nyaman tentu akan menghambat kita.

4. Lakukan pemanasan yang cukup
Pemanasan adalah salah satu hal yang sangat penting dan tidak boleh disepelekan. Pemanasan bertujuan untuk melemaskan otot-otot kita agar tidak terjadi cidera ketika kita melakukan kegiatan fisik.

5. Bawa makanan secukupnya
Ketika Tes Kesehatan dan Kebugaran jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman secukupnya. Bawa makanan yang mudah untuk dicerna dan menambah stamina. Bawalah pisang dan air gula jawa. Pisang adalah makanan yang mudah dicerna dan akan memberikan tenaga lebih ketika dikonsumsi.

Yak, kurasa itulah sedikit tips untuk menghadapi tes kesehatan dan kebugaran. Intinya, persiapkan semuanya jauh-jauh hari. Anda tidak akan mampu ketika menyiapkan dalam waktu yang mepet. Selain mempersiapkan fisik jangan lupa juga untuk mempersiapkan tes tertulis Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI). Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Lolos Tes Kesehatan dan Kebugaran (TKK) SPMB PKN STAN"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel