Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips dan Trik Menghadapi SPMB PKN STAN

8 Tips dan Trik Menghadapi SPMB PKN STAN - Berhasil diterima di Perguruan Tinggi Kedianasan Politeknik Keuangan Negara STAN adalah impian semua orang. Banyak sekali peserta yang mengikuti SPMB PKN STAN setiap tahunnya. Bahkan mencapai 100.000. Dengan saingan sebanyak itu, tentu kita harus mempersiapkan SPMB PKN STAN dengan matang. Dalam mempersiapkan SPMB PKN STAN diperlukan tips dan trik agar lebih mudah. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan 8 buah tips dan trik yang bisa kalian coba sebagai persiapan SPMB PKN STAN.

Tips dan Trik Menghadapi SPMB PKN STAN
Tips dan Trik Menghadapi SPMB PKN STAN

8 Tips dan Trik Menghadapi SPMB PKN STAN

1. Membuat Target yang Jelas
Jika kalian ingin melanjutkan kuliah  setelah lulus SMA, kalian harus memiliki target yang jelas ingin melanjutkan kuliah dimana. Dan bagi kalian yang sudah memiliki target untuk melanjutkan kuliah di PKN STAN, kalian harus memiliki target lebih jelas lagi dengan cara perbanyak latihan soal. Karena masuk PKN STAN tidak semudah membolak balikan telapak tangan, semuanya memiliki perjuangan yang besar. Maka dari itu, kita harus memiliki target bahwa kita bisa masuk PKN STAN dan kita harus memiliki trik bagaimana bias masuk PKN STAN.

2. Perhatikan Tipe Soal
Tips yang paling dasar yaitu mengenali tipe-tipe soal ujian SPMB PKN STAN. Hampir setiap tahun soal ujian tersebut memiliki tipe yang sama. Nah bagaimana cara mengenalinya? Caranya mudah saja, kalian setidaknya harus memiliki koleksi soal soal ujian 5 tahun terakhir, dari situ kalian bisa melihat bahwa tipe soal ujiannya memiliki karakeristik yang sama. Dari hal tersebut, perbanyak baca dan latihan dari soal-soal tahun sebelumnya agar kalian bisa terbiasa untuk mengerjakan soal ujian SPMB PKN STAN.

3. Perbanyak Latihan
Jika kalian ingin masuk PKN STAN, jangan pernah lelah untuk mengerjakan latihan- latihan soal ujiannya. Latihan tersebut dapat membantu kalian untuk masuk PKN STAN. Belajar dari pengalaman, pada tahun 2017 saya juga mengikuti SPMB PKN STAN, tetapi mungkin belum jodohnya saya gagal pada tahap pertama. Kegagalan ini saya rasakan karena saya kurang mengerjakan latihan soal. Alhasil saya gagal. Selanjutnya saya fokuskan tujuan saya untuk masuk PKN STAN di tahun berikutnya yaitu tahun 2018 dan saya mengambil gap year. Selama gap year tersebut, saya memperbanyak latihan soal, saya mengumpulkan banyak soal dari 5 tahun terakhir, saya juga memahami cara cepat untuk mengerjakan soal tersebut. Dan berkat banyak latihan soal, Alhamdulillah saya lolos ujian SPMB PKN STAN tahun 2018.

4. Belajar Dengan Sistem Waktu yang Cepat dan Tepat
Pada ujian SPMB PKN STAN kita diharuskan untuk memiliki strategi dalam menyelesaikan ujian tersebut. Sebab, hampir setiap tahunnya memiliki aturan yang sama yaitu jika kita menjawab benar maka poin nya +4, jika salah -1, dan jika tidak menjawab maka nilainya 0. Dari hal tersebut tentunya kita tidak mungkin mengerjakan semua soal ujian, tetapi kita harus benar benar memilah soal yang kita yakin dengan jawabannya. 

Trik yang bisa dilakukan yaitu dengan latihan mengerjakan soal SPMB PKN STAN tahun-tahun sebelumnya dengan menggunakan waktu, dimana jika dirata ratakan yaitu sekitar 50 detik untuk per butir soal. Dalam mengerjakan soal tersebut harus diperhatikan dengan baik dan benar agar tidak keliru dalam menjawab. Dan untuk soal yang sama sekali kita tidak yakin dengan jawabannya, maka sebaiknya tidak perlu dikerjakan. 

5. Pelajari lebih tentang Bahasa Ingris
Berdasarkan pengalaman, Tes Bahasa Inggris atau TBI ini adalah tahap yang bisa menjatuhkan perolehan nilai yang sudah didapat, sebab jumlah soal TBI ini hanya sedikit dan kita diharuskan memperoleh nilai ambang batas tes tersebut. Untuk hal tersebut, kita harus memiliki trik agar kita bisa mengerjakan Tes Bahasa Inggris nya. Trik yang paling mendasar yaitu pelajari dasar dari bahasa inggris, seperti tenses, modals, subjunctive, gerund dan lainnya beserta penggunaannya. Karena dalam mengerjakan TBI ini sudah pasti kita tidak perlu paham arti dari soal, tetapi jika kita sudah paham bagaimana cara penggunaan tata cara bahasa inggris kita bakal paham ciri ciri dari soal dan jawabannya. Maka, fokuskan lagi bahasa inggris nya agar bisa mengerjakan tes tersebut.

6. Belajar dengan cara berkelompok
Salah satu tips ini merupakan pilihan bagi kalian, karena tidak semua orang bisa belajar secara berkelompok. Tetapi saya sarankan agar kalian bisa sesekali untuk belajar secara berkelompok. Untuk bisa mengerjakan soal SPMB PKN STAN tentu tidak hanya 1 cara untuk dapat menyelesaikan soal. Banyak cara agar soal tersebut bisa dikerjakan dengan cepat dan benar. Dengan berkelompok, diharapkan bisa saling membantu atau memberikan cara cepat untuk menyelesaikan soal SPMB tersebut.

7. Ikut Try Out
Mengikuti Try Out merupakan tips yang wajib kalian ikuti, sebab dengan adanya Try Out, kalian bisa merasakan suasana seperti ujian SPMB yang sesungguhnya. Pada Try Out ini juga kalian bisa mengetes seberapa kemampuan kalian dalam mengerjakan soal. Jika hasil Try Out masih kurang maksimal, maka Try Out ini bisa dijadikan motivasi untuk belajar lebih giat agar bisa mencapai target yang sesuai. Dan satu hal lagi, tidak semua Try Out SPMB PKN STAN berbayar, banyak Try Out online yang menawarkan secara gratis. Jadi, pintar – pintarlah dalam mengikuti tips ini.

8. Meminta Restu Kedua Orang Tua
Bagi kalian yang sudah yakin ingin mengikuti SPMB PKN STAN, mintalah restu kedua orangtua. Bukan hanya kedua orang tua, tetapi kerabat dekat juga perlu kita mintai restu nya. Untuk meminta restu tersebut sebaiknya kita lakukan misalkan sebelum ikut Try Out, dalam sehari hari juga mintalah doa mereka agar proses belajar kita lancer dan dimudahkan dalam mengerjakannya.
8 tips diatas adalah hal yang bisa kalian persiapkan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan SPMB PKN STAN. Pada kesempatan kali ini saya juga akan menambahkan beberapa tips apa yang harus kalian persiapkan menjelang SPMB PKN STAN.

Tips sebelum mengikuti SPMB PKN STAN

1. Pastikan H-1 ujian kita sudah menyiapkan berkas yang harus dibawa dan kita sudah berada di sekitar tempat ujian
2. Jangan memaksakan untuk menyelesaikan target soal, cukup baca baca yang ringan saja
3. Berkumpul dengan teman agar pikiran kita tidak stress.
4. Jangan tidur larut malam agar kondisi badan tidak mudah lelah
5. Perbanyak doa 
6. Minta restu orang-orang terdekat dan meminta doa agar dipermudah dalam mengerjakan soal
7. Percaya pada diri sendiri

Yak, sekian dulu artikel saya kali ini tentang 8 tips dan trik menghadapi SPMB PKN STAN. Semoga dengan tips dan trik yang saya bagikan, kalian semua menjadi lebih siap dalam menghadapi SPMB PKN STAN dan dapat diterima dijurusan yang diinginkan. Untuk menambah motivasi, jangan lupa baca juga kisah perjuangan saya diterima di PKN STAN Jurusan Pajak. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam Koplo.

Posting Komentar untuk "8 Tips dan Trik Menghadapi SPMB PKN STAN"