Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) Tutup Pendaftaran Hingga 2024

Benarkah Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) Tutup Pendaftaran Hingga 2024 - Siapa yang tidak mengetahui tentang Politeknik Keuangan Negara STAN. Kampus yang setiap tahun pendaftarnya mencapai puluhan hingga ratusan ribu. Banyak sekali adek-adek yang baru lulus SMA ingin masuk di Politeknik Keuangan Negara STAN. Bahkan ada yang sudah mempersiapkan sejak SMA kelas 1. Akan tetapi beredar kabar bahwa PKN STAN tidak membuka pendaftaran hingga 2024. Benarkah hal itu? Lantas bagaimana dengan adek-adek yang sudah mempersiapkan diri untuk mendaftar di Politeknik Keuangan Negara STAN jauh jauh hari? Untuk menjawab pertanyaan itu, pada artikel saya kali ini saya akan memberikan penjelasan dari info yang saya kumpulkan dari beberapa sumber terpercaya. Simak penjelasan dibawah.

Benarkah PKN STAN tutup hingga 2024?
Benarkah PKN STAN tutup hingga 2024?
Image source (https://image.freepik.com/)

PERATURAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 77/PMK.01/2020

Menurut PMK No. 77/PMK.01/2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Keuangan 2020-2024 halaman 95 poin 2 menyebutkan bahwa akan ada moratorium rekrutmen CPNS umum dan lulusan PKN STAN pada tahun 2020-2024. Untuk versi lengkapnya adalah sebagai berikut :

Proyeksi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur Kementerian Keuangan tahun 2020-2024.

Proyeksi kebutuhan SDM aparatur Kementerian Keuangan untuk jangka waktu 5 (lima) tahun dihitung dan disusun secara hati-hati berdasarkan ketentuan yang berlaku, memperhatikan arah kebijakan nasional di bidang pengelolaan SDM aparatur dan kondisi existing SDM Kementerian Keuangan. Proyeksi tersebut disusun dengan asums1 sebagai berikut:

a. Arahan Menteri Keuangan untuk menerapkan kebijakan minusgrowth mulai tahun 2020;

b. Pelaksanaan moratorium rekrutmen CPNS umum dan lulusan PKN STAN pada tahun 2020-2024;

c. Proyeksi pegawai keluar dihitung melalui prediksi pegawai yang memasuki batas usia pensiun (BUP) dan pegawai keluar non pension sampai dengan 5 (lima) tahun ke depan. Jumlah prediksi pegawai BUP berdasarkan pada data per Januari 2020;

d. Pemenuhan pegawai baru tahun 2020 berasal dari rekrutmen umum tahun 2019;

e. Kecukupan anggaran dan sarana prasarana pendukung lainnya.

Jadi menurut PMK tersebut benar bahwa akan ada moratorium rekrutmen CPNS umum dan lulusan PKN STAN pada tahun 2020-2024.

Penjelasan dari Ibu Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait SPMB dan PKN STAN 

Ibu Menteri keuangan juga memberikan penjelasan mengenai SPMB dan PKN STAN untuk kedepannya. Penjelasan tersebut ada pada Live Instagram (kalau tidak salah Ketika acara Dies Natalis PKN STAN). Berikut saya kutip dari pernyataan Ibu Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan Republik Indonesia.

“Untuk Pak Sulton tahun ini karena masalah COVID memang tidak dilakukan rekruitmen tentu kita akan melihat sesuai dengan kebutuhan SDM dan juga didalam proses untuk meredesain STAN ini agar menjadi suatu pusat study yang memang betul-betul komprehensif mengenai keuangan negara. Jadi ini juga untuk meredam berbagai macam spekulasi mengenai masalah STAN. Namun, disituasi sekarang ini memang dalam situasi yang sangat menantang dan disaat yang sama kita sedang bahkan kita minta kepada berbagai alumni STAN untuk ikut memikirkan bagaimana kita meredesain STAN ini dengan perubahan tantangan keuangan negara yang luar biasa, saya rasa ini menjadi salah satu kebutuhan untuk melakukan perbaikan dalam sekolah STAn itu sendiri. Yang sekarang sudah menjadi politeknik. Kalau kita ingin dia bahkan menjadi lebih siap untuk menjadi full university yang berbicara tentang keuangan negara, maka kita perlu harus mendesainnya secara baik. Jadi ini adalah blessing nya dipakai sebagai waktu untuk melakukan review yang baik.”

Diatas adalah penjelasan dari Ibu Menteri Keuangan mengenai PKN STAN. Yaitu PKN STAN sedang melakukan perbaikan agar bisa menjadi Politeknik bahkan University yang berbicara tentang Keuangan Negara.

Video Penjelasan dari Politeknik Keuangan Negara STAN

Tidak ketinggalan PKN STAN juga membuat video penjelasan melalui IG TV @pknsatn.  Pada video tersebut dijelaskan mengapa PKN STAN tutup serta apa yang sedang dilakukan. Berikut saya tulis dari isi video tersebut.

PKN STAN BARU

PKN STAN TIDAK ditutup. PKN STAN tidak mengadakan SPMB tahun 2020 karena seleksi sulit dilakukan dengan efektif pada masa pandemic COVID-19, mengingat jumlah rata-rata pendaftar mencapai 130.000 peserta tiap tahun.

PKN STAN juga melakukan redesign system Pendidikan dan kurikulum yang menekankan pada relevansi lulusan dimasa depan dan aspek pengembangan karakter ASN.

Apa yang sedang disiapkan?

Pola Seleksi

-Seleksi calon mahasiswa akan mengedepankan aspek kecerdasan, Kesehatan, integritas, & kebangsaan.

-Seleksi juga mempertimbangkan keterwakilan putra terbaik daerah, terutama daerah afirmasi dan 3T

 

Pola Pendidikan dan Kurikulum Baru

-Penyiapan Prodi Teknologi Informasi Keuangan Negara yang dibutuhkan di era digital

-Penyesuaian Jurusan dan Mengintegrasikan prodi D-I dan D-III serumpun menjadi D-IV

-Penyiapan S2 Keuangan Negara

 

Penyiapan Infrastruktur

-Proses pembangunan Gedung Pendidikan baru yang ramah lingkungan (Sustainable)

-Penyiapan ruangan kelas dan perkantoran dalam era new normal

-Peningkatan infrastruktur yang mendukung pembelajaran berbasis IT.

 

Penempatan lulusan

Lulusan dapat ditempatkan untuk mengisi formasi kebutuhan pengelola keuangan negara di Kemenkeu, Kementerian/Lembaga & Pemda

KAMI AKAN KEMBALI

#PKNSTANUNTUKINDONESIA

Yak diatas adalah penjelasan resmi dari pihak PKN STAN. Disebutkan bahwa PKN STAN sedang melakukan redesain untuk meningkatkan kualitasnya.

Yak, itulah yang dapat saya jelaskan terkait apakah PKN STAN tutup 2020-2024. Tidak ada yang tahu pastinya. Yang jelas PKN STAN sedang melakukan redesign infrastruktur, Pendidikan, dan kurikulum. Untuk pembukaan pendaftaran masih belum tahu kapan. Bisa jadi tahun depan sudah dibuka. Karena peraturan masih bisa  diubah. Semoga penjelasan saya diatas dapat memberikan sedikit pencerahan. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.


Posting Komentar untuk "Benarkah Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) Tutup Pendaftaran Hingga 2024"