Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Biaya Hidup Kuliah di PKN STAN?

Berapa Biaya Hidup Kuliah di PKN STAN? - Menjadi bagian dari mahasiswa PKN STAN adalah kebanggaan tersendiri bagi setiap orang. Karena PKN STAN merupakan perguruan tinggi kedinasan salah satu yang terbaik di Indonesia dengan prospek yang jelas di masa depan. Yaitu langsung menjadi PNS baik di kementerian keuangan maupun di kementerian/Lembaga lain dan pemda. Dari hal tersebut, banyak orang tua yang menginginkan anaknya untuk berkuliah di PKN STAN. Akan tetapi ada juga orang tua yang ragu untuk menyuruh anaknya mendaftar di PKN STAN karena takut biaya hidup kuliah di PKN STAN yang mahal. Untuk memberikan gambaran mengenai biaya hidup kuliah di PKN STAN, maka saya akan menjelaskannya pada artikel kali ini.

Berapa sih biaya kuliah di PKN STAN?
Berapa sih biaya kuliah di PKN STAN?

Biaya hidup kuliah di PKN STAN

Sebagai perguruan tinggi kedinasan, PKN STAN tidak memungut biaya Pendidikan kepada mahasiswanya. Jadi, Ketika kita kuliah disana baik itu DI, DIII, maupun DIV kita tidak dikenakan biaya Pendidikan sepersen pun. Artinya kita berkuliah di PKN STAN itu gratis alias 0 rupiah. Kuliah di PKN STAN juga tidak ada uang Gedung dan UKT. Gimana? Cukup enak bukan. Disana kita tinggal menyiapkan biaya untuk kehidupan.

Kita hanya mengeluarkan biaya murni untuk kehidupan saja. Semisal untuk makan, membayar kos, dan membeli perlengkapan yang dibutuhkan (buku, seragam, dll). Saya akan membahas biaya kos dan makan saja ya, karena kedua hal itu yang paling penting.

1. KOS

Untuk biaya kos ini relative. Kadang naik kadang turun. Jika PKN STAN menerima banyak mahasiswa, maka harga KOS an relatif akan melambung karena permintaan lebih banyak daripada penawaran. Akan tetapi apabila PKN STAN hanya menerima sedikit mahasiswa, maka harga KOS akan turun. Sebagai gambaran saja, kos di sekitar PKN STAN relative terjangkau antara 400rb-1jt an perbulan. Tergantung fasilitas, ukuran, dan jarak nya ke kampus.

2. Biaya makan

Biaya makan disekitar kampus cukup terjangkau. Disekitar kampus banyak sekali warteg-warteg yang buka. Untuk harganya pun cukup murah. Dengan uang 7rb rupiah pun sudah bisa makan 1 piring. Tergantung lauk yang kita pilih. Jika nasi sayur dan telur sekitar 6-7 ribuan. Jika kalian sampai disana, silahkan kalian coba semua warung untuk membandingkan harga.

Nah, kos dan biaya makan itulah yang pokok selama kita kuliah di PKN STAN. Biaya-biaya tambahan ada Ketika kalian ingin membeli buku soal-soal UTS/UAS, Fotokopi, Print, dan beli persiapan untuk ospek. Intinya biaya hidup selama kuliah di PKN STAN tidaklah tinggi. Tergantung bagaimana kita menyikapi nya.

Yak, kira-kira segitulah biaya hidup selama kuliah di PKN STAN. Intinya selama berkuliah di PKN STAN, jangan terlalu hedon agar keuangan kalian tetap terjaga. Jajan boleh selama masih dalam batas wajar. Jangan terlalu membebani orang tua yang dirumah ya. Kita disini untuk belajar bukan untuk jajan. Baca juga yuk artikel saya tentang apa saja penyebab drop out di PKN STAN, agar kita bisa lebih waspada. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.


Posting Komentar untuk " Berapa Biaya Hidup Kuliah di PKN STAN?"