close

Cara Mengatasi Eror Data Web Inti (Masalah CLS: lebih dari 0,25) pada Google Search Console

Cara Mengatasi Eror Data Web Inti (Masalah CLS: lebih dari 0,25) pada Google Search Console – Belakangan ini, google melakukan update algoritma yang cukup membuat pusing kalangan blogger. Jika anda telah membuat property blog anda di Google Search Console, pasti ada menu breadcrumb dan data web inti. Nah, kedua menu tersebut yang terdampak daru update algoritma google yang terbaru. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi eror pada data web inti lebih spesifiknya eror Masalah CLS: lebih dari 0,25.

Cara Mengatasi Eror Data Web Inti (Masalah CLS: lebih dari 0,25) pada Google Search Console
Cara Mengatasi Eror Data Web Inti (Masalah CLS: lebih dari 0,25) pada Google Search Console

 

Apa itu data web inti?

Gampangnya, data web inti itu terpengaruh terhadap kecepatan loading blog, berapa lama waktu yang dibutuhkan blog untuk merespon suatu request. Semakin cepat blog merespon suatu request maka data web inti seharusnya tidak ada masalah. Lalu bagaimana cara mengecek apakah kecepatan loading blog kita sudah bagus atau belum? Untuk mengecek nya bisa menggunakan tools PageSpeed Insights dari google.

Baca Juga :  Cara Membuat Widget Label Cloud Keren & Simple di Blogger

Caranya yaitu, kalian buka halaman PageSpeed Insights, kemudian ketikkan alamat blog anda. Setelah itu klik analisis. Silahkan tunggu beberapa saat. Kemudian akan muncul berapa nilai dari blog anda. Baik itu tampilan mobile maupun tampilan desktop. Untuk nilai yang bagus adalah nilai yang diatas 90. Jika nilai blog anda masih kurang dari 90, maka saya sarankan anda untuk melakukan optimalisasi blog anda.

Cara mengatasi eror data web inti
Nilai PageSpeed Insight sebelum memasang LazyLoad

 

Nilai PageSpeed Insight sebelum setelah LazyLoad

 

Bagaimana cara mengatasi Mengatasi Eror Data Web Inti (Masalah CLS: lebih dari 0,25)?

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan cara mengatasi Mengatasi Eror Data Web Inti (Masalah CLS: lebih dari 0,25) karena blog saya juga terkena dampak tersebut. Nilai blog saya tiba-tiba menjadi 50an. Padahal sebelumnya nilai blog saya diangka 90an. Setelah saya menganalisis apa penyebabnya, dari situ saya menyimpulkan eror berasal dari kode javascript iklan google adsense. Google menganggap hal tersebut merupakan sebuah eror karena kode javascript tersebut dipakai berulang kali atau penggunaan javascript yang tidak efisien. Hal tersebut dimata google menyebabkan loading blog menjadi lebih berat. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Baca Juga :  6 Halaman Yang Harus Ada di Blog Anda Agar Lebih SEO

Cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan scrip LazyLoad google adsense. Apa iitu LazyLoad google adsense. Saya jelaskan secara singkat. LazyLoad artinya blog kita akan dimuat Ketika kita sudah melakukan scroll. Berarti iklan google adsense baru akan tampil setelah kita menyecroll halaman it uke bawah. Hal itu juga menyebabkan Iklan google adsense mengalami delay waktu tampilnya. Untuk cara memasang Lazy Load Google Adsense sudah saya jelaskan pada artikel saya yang berjudul “Cara Memasang Lazy Load Google Adsense pada Blogger”. Setelah anda memasang lazy load google adsense, silahkan anda cek nilai blog anda di PageSpeed Insight. Pasti akan berubah menjadi lebih baik.

Baca Juga :  Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google, Hanya 5 Menit

Verifikasi Masalah pada Search Console

Jangan lupa, setelah anda memperbaiki masalah maka Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi masalah. Tujuannnya adalah untuk memberitahu search console bahwa kita sudah memperbaiki masalah tersebut. Search Console memerlukan beberapa hari untuk melakukan pengecekan. Jadi kita tinggal menunggu saja.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi error data web inti (Masalah CLS : Lebih dari 0,25). Error data web intu ini memang sering dialami oleh para blogger. Jika data web inti memiliki efek yang tidak baik bagi sebuah blog. Oleh karena itu, jika blog anda terdapat error data web inti, anda harus segera memperbaikinya.

Jika anda tertarik dengan tutorial mengenai blogger lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara cek DA PA Blog untuk keperluan SEO. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

23 pemikiran pada “Cara Mengatasi Eror Data Web Inti (Masalah CLS: lebih dari 0,25) pada Google Search Console”

  1. Tidak ya gan, Blog saya yang ini mekakai lazy load juga. Akan tetapi efeknya iklan google adsense sedikit lama munculnya. yaitu menunggu visitor melakukan scroll terlebih dahulu. Malahan lebih aman dari ancaman bom klik gan

    Balas
  2. Gan, kalau ada satu url yang error atau cls gabungan lebih dari 0,25, kemudian mempengaruhi beberapa url lainnya, apakah artinya url terebut error juga kah? Sehingga pagespeednya mengalami delay?

    Balas
    • bisa dibilang begitu, karena google search console itu mengambil data keseluruhan website. Apalagi jika kode yang error itu letaknya di head. pasti imbasnya akan ke seluruh url blog

      Balas
  3. Cara Mengatasi Eror Data Web Inti (Masalah CLS: lebih dari 0,25) pada Google Search Console ini sangat saya cari-cari, karena saya pemula dan masih bingung bagaimana cara mengatasinya. Terima kasih buat tips dan triknya

    Balas

Tinggalkan komentar