Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Bisa Survive di PKN STAN dan Terhindar dari Drop Out

Cara Agar Bisa Survive di PKN STAN dan Terhindar dari Drop Out - Drop Out merupakan sebuah kata yang sangat horror bagi para mahasiswa, terlebih lagi mahasiswa PKN STAN. Karena PKN STAN sampai saat ini masih menerapkan system Drop Out untuk menyeleksi mahasiswanya disetiap akhir semester. Banyak mahasiswa PKN STAN yang sangat tegang Ketika pengumuman kelulusan di setiap akhir semester. Semua mahasiswa akan saling mendoakan agar teman-temannya tidak ada yang di Drop Out. Ketika ujian sudah selesai dan nilai sudah dikirim maka sudah tidak ada lagi yang bisa dilakukan selain berdoa untuk kelulusan Bersama. Oleh karena itu, kita harus banyak persiapan agar kita bisa survive setiap semesternya di kampus PKN STAN. Apa saja sih tips dan triknya?

Tips dan Trik Terhindar dari Drop Out di PKN STAN
Tips dan Trik Terhindar dari Drop Out di PKN STAN

Tips dan Trik Terhindar dari Drop Out di PKN STAN

Sebagai mahasiswa, kita harus selalu mempersiapkan diri Ketika mau menghadapi ujian dan tidak melakukan hal-hal yang melanggar  kebijakan kampus agar terhindar dari Drop Out. Lalu apa saja sih, Tips dan Trik nya agar bisa survive di PKN STAN dan bisa lulus dengan nilai Cumlaude? Oke langsung saja ke tips dan triknya.

1. Belajar dicicil setiap hari

Cara pertama dan yang paling ampuh adalah belajar dicicil setiap hari. Walupun belajarnya tidak lama yang penting kita mencicil materi itu setiap hari. Karena materi di PKN STAN itu sangat-sangat padat. Setiap mau ujian baik itu UAS atau UTS selalu didahului dengan 7x pertemuan. Dan disetiap pertemuan itu selalu membahas 1 ppt sekitar 40an slide. Nah jika system belajar kalian itu SKS (system kebut semalam) kalian akan pusing sendiri. Lebih baik dicicil jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan ujian.

2. Aktif dikelas akan tetapi tidak caper

Tips selanjutnya yaitu aktif dikelas. Aktif disini saya sarankan dalam batas wajar ya. Tidak usah terlalu caper kepada dosen. Setiap 1x pertemuan usahakan bertanya minimal 1x. Karena ini akan menjadi nilai aktivitas kalian dikelas. Di PKN STAN, untuk menentukan nilai kelulusan itu berdasarkan 3 faktor. Nilai UTS, Nilai UAS, dan Nilai Aktivitas di kelas. Usahakan nilai aktivitas di kelas ini tinggi ya. Tujuannya untuk mengkatrol apabila nilai UTS dan UAS kalian jelek. Caranya bagaimana, caranya yaitu dengan aktif saat dikelas. Seperti menjawab pertanyaan dosen, bertanya, dan mengerjakan soal didepan.

3. Jangan lupa untuk belajar kelompok

Kebanyakan mahasiswa mungkin lebih nyaman Ketika belajar sendiri. Akan tetapi Ketika sudah kuliah di PKN STAN, cobalah untuk memulai belajar secara berkelompok. Kalaupun lebih nyaman belajar sendiri, usahakan tetap belajar kelompok sama teman ya. Jujur, ini akan sangat membantu kalian untuk memahami materi. Yuk bikin kelompok belajar kalian.

4. Ikut atau adakan tentir menjelang ujian

Di kampus PKN STAN sudah menjadi tradisi Ketika mendekati ujian selalu diadakan tentir. Kebanyakan yang menjadi tentor adalah teman sekelas yang paling pinter pada matkul itu. Tentir ini biasanya digunakan untuk mengerjakan soal-soal tahun sebelumnya dan dibahas sampai semuanya benar-benar paham. Jadi jangan sampai tidak ikut tentir ya. Karena kebanyakan tipe soal yang diujikan hampir sama dengan tahun sebelumnya.

5. Boleh berorganisasi akan tetapi jangan berlebihan

Untuk yang satu ini Kembali ke pribadi masing-masing sih mau berorganisasi atau tidak. Akan tetapi saya ingatkan saja ya, boleh berorganisasi tetapi harus bisa mengatur waktu. Jangan sampai waktu kalian habis untuk berorganisasi sehingga tidak ada waktu luang untuk belajar. Pandai-pandai ya mengatur waktunya.

6. Selalu buat ringkasan materi atau mind map

Tips selanjutnya yaitu selalu buat ringkasan materi atau mind map nya pada setiap matkul. Mind map ini berisi poin-poin paling penting dalam mata kuliah tersebut. Dengan adanya ringkasan materi dan mind map akan memudahkan kalian untuk belajar pada malamnya sebelum ujian. Karena kalian tinggal membuka ringkasan materi tersebut. Tanpa harus membuka PPT yang jumlah slide nya tidak masuk akal.

7. Review Kembali materi yang sudah diajarkan

Ketika sudah selesai pembelajaran dikelas, pastikan kalian selalu mereview Kembali materi yang sudah diajarkan Ketika sampai dikosan. Tidak usah terlalu lama. Cukup dibaca ulang saja materi yang tadi sudah dicatat sehingga materi tersebut akan terserap diotak.

8. Koleksi dan kerjakan soal-soal ujian tahun sebelumnya

Tips selanjutnya adalah kumpulkan sebanyak mungkin soal-soal ujian ditahun sebelumnya dan pelajari hingga paham. Ini akan sangat membantu kalian Ketika ujian, karena tipe-tipe soal ujian di PKN STAN itu hampir sama setiap tahunnya. Apabila kalian sudah paham dengan soal tahun sebelumnya, maka kalian pasti tidak akan kesusahan Ketika mengerjakan ujian.

9. Tanyakan dengan cara yang sopan kepada dosen apakah ada mahasiswa yang nilainya tidak aman

Untuk yang satu ini tugas PJ matkul atau ketua kelas. Yaitu memastikan nilai teman-teman sekelasnya apakah semuanya aman atau ada yang rawan. Apabila ada teman kalian yang nilai nya rawan, maka teman-teman sekelas harus lebih memberikan perhatian yang lebih kepada temannya tersebut. Mengajaknya belajar dan memberikan kesempatan kepadanya untuk aktif dikelas untuk mendongkrak nilai aktifitas.

10.  Jangan takut jika diberikan tugas,, mintalah tugas jika dibutuhkan

Tugas terkadang menjadi momok bagi Sebagian besar mahasiswa. Akan tetapi jika kuliah di PKN STAN jangan takut ya jika diberikan tugas. Tugas inilah yang akan membantu kalian. Karena tugas ini masuk ke nilai aktivitas. Bagi ketua kelas, harus memiliki inisiatif meminta tugas tambahan apabila ada temannya dengan nilai yang mengkhawatirkan. Dengan adanya tugas, diharapkan dapat mendongkrak nilai aktifitasnya.

11. Jangan melakukan hal-hal  aneh yang melanggar peraturan

Yang paling penting yang satu ini, jangan pernah melakukan hal-hal konyol yang melanggar peraturan. Lebih baik menghindari daripada menyesal di kemudian hari. Sebisa mungkin hindari hal-hal yang sekiranya tidak sesuai dengan kebijakan kampus. Jangan main api ya di tumpukan daun kering.

Yak, itulah beberapa tips survive di PKN STAN agar terhindar dari Drop Out yang dapat saya bagikan kepada teman-teman semua. Semoga tips kali ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua dan teman-teman dapat lulus dari PKN STAN. Ingat, manfaatkan waktu 1, 3 atau 4 tahun teman-teman disini. Jangan sia-siakan waktu dan jangan mengecewakan orang tua kalian dirumah ya. Oh iya, jangan lupa baca juga artikel saya mengenai hal-hal yang menyebabkan drop out di PKN STAN. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.


Posting Komentar untuk "Cara Agar Bisa Survive di PKN STAN dan Terhindar dari Drop Out"