Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Cut Loss dan Seberapa Penting Cut Loss Di Dunia Trading?

Apa itu Cut Loss dan Seberapa Penting Cut Loss Di Dunia Trading? - Hallo sobat trader, kita semua tahu bahwa di dunia trading semua kemungkinan bisa terjadi. Meskipun kita sudah melakukan analisis baik itu fundamental maupun teknikal secara intens, bisa jadi apa yang kita harapkan itu meleset dan pergerakan harga tidak sesuai dengan keinginan sehingga kita mengalami kerugian. Jika kita berada pada posisi yang salah prediksi, harga coin turun terus, apa yang sebaiknya kita lakukan? Apakah menunggu harga naik? Atau malah menunggu aset kita habis? Nah pada artikel saya kali ini, saya akan membahas apa yang dinamakan Cut Loss dalam dunia trading.

Apa itu Cut Loss dan Seberapa Penting Cut Loss Di Dunia Trading?
Apa itu Cut Loss dan Seberapa Penting Cut Loss Di Dunia Trading?

Apa yang dimaksud dengan Cut Loss?

Untuk memahami apa itu Cut Loss, saya akan memberikan gambaran secara sederhana. Anda membeli Bitcoin dengan harga Rp. 100.000.000, menurut perkiraan anda harga bitcoin akan naik menjadi Rp. 150.000.000 dan anda akan menjual Bitcoin di harga tersebut. Akan tetapi market berkata lain. Harga bitcoin tersebut malah turun menjadi Rp. 50.000.000. Proses turunnya bitcoin pasti memerlukan waktu, Nah pas harga Bitcoin masih diangka Rp. 90.000.000, disitulah anda melakukan Cut Loss.

Dari, gambaran sederhana diatas, kita dapat menarik kesimpulan. Jadi Cut Loss adalah Menjual aset dengan harga yang lebih rendah dari harga beli dengan tujuan untuk meminimalisir kerugian yang lebih besar. Jika diambil dari contoh diatas, anda melakukan Cut Loss pada Harga Rp. 90.000.000 dengan begitu kerugian Anda hanya Rp. 10.000.000. Akan tetapi apa yang akan terjadi jika anda tidak melakukan Cut Loss di harga Rp. 90.000.000? Yak, kerugian anda akan semakin besar, karena harga bitcoin menjadi Rp. 50.000.000. Sehingga kerugian yang anda alami sebesar Rp. 50.000.000.

Kapan Cut Loss harus dilakukan?

Sebagai seorang trader, kita harus berani mengakui kesalahan. Jika anda sudah tahu bahwa anda salah posisi dalam membeli sebuah coin dan sudah mengetahui bahwa harga coin tersebut akan turun, maka segeralah melakukan cutloss selagi harganya belum terlalu rendah. Memang akan terasa berat untuk menjual aset dalam keadaan rugi. Akan tetapi itu akan menyelamatkan aset anda dari kerugian yang cukup besar. Jika anda melakukan cutloss, maka jangan disesali. Anggap saja itu sebagai pembelajaran kedepannya.

Apa yang akan terjadi jika anda tidak melakukan Cut Loss?

Jika anda sudah tahu harga akan turun terus dan anda tidak melakukan cut loss, hal yang akan terjadi adalah anda akan menjadi investor yang lama terhadap aset tersebut. Hal tersebut dikarenakan anda sudah tidak mungkin menjual aset itu karena harganya sangat rendah dibandingkan dengan harga beli. Dan lebih parahnya lagi, jika anda pemain Forex, maka anda akan tekena Margin Call dan aset anda akan habis.

Siapkan mental saat anda melakukan Cut Loss

Apabila anda melakukan Cut Loss, maka anda harus siap menerima kerugian yang terjadi. Kita semua tahu bahwa pergerakan harga dipasar tidak ada yang tahu. Kita hanya bisa memprediksi akan kemana harga tersebut. Apakah akan naik atau malah turun. Seringkali kejadian, ketika kita melakukan Cut Loss, harga malah naik secara signifikan. Dalam kondisi tersebut, kita sudah tidak bisa melakukan apa-apa selain menerima keadaan. Sudah Cut Loss eh malah harga naik. Menurut saya, anggap saja itu menjadi bagian dari risiko trading. Jadi siapkan mental anda baik-baik dan jangan lelah untuk terus belajar.

Yak, sekian dulu artikel saya kali ini tentang apa itu Cut Loss dan seberapa penting Cut Loss dalam dunia trading. Semoga dengan membaca artikal saya kali ini dapat menambah wawasan anda tentang Cut Loss dan dapat mengaplikasikannya ketika trading sehingga tidak terjadi kerugian yang besar. Tapi harapan saya, semoga anda semua tidak sampai melakukan Cut Loss. Artinya Profit terus. Jangan lupa untuk membaca artikel saya tentang sifat-sifat yang harus dimiliki agar menjadi seorang trader yang sukses. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.


Posting Komentar untuk "Apa itu Cut Loss dan Seberapa Penting Cut Loss Di Dunia Trading?"

close