Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa Itu Bitcoin? dan Apa Yang Membedakan Bitcoin dengan Uang Biasa?

Apa Itu Bitcoin? dan Apa Yang Membedakan Bitcoin dengan Uang Biasa? - Hallo sobat trader, saat ini perkembangan teknologi sudah sangat signifikan. Banyak inovasi-inovasi baru telah dilahirkan. Salah satunya adalah inovasi terhadap alat pembayaran. Tahukan kalian, jika saat ini sudah ada mata uang selain yang beredar dipasaran seperti dollar, rupiah, dan euro? Yak, mata uang tersebut disebut dengan Crypto Currency atau mata uang digital. Crypto currency memiliki banyak sekali jenis mata uangnya. Salah satu yang paling terkenal adalah Bitcoin (BTC). Apakah anda sudah mengetahui apa itu Bitcoin dan bagaimana cara kerjanya? Dan apa yang membedakan dengan mata uang biasa? Jangan khawatir, pada artikel kali ini, kita akan mengupas tuntas tentang pertanyaan tersebut.
Apa Itu Bitcoin? dan Apa Yang Membedakan Bitcoin dengan Uang Biasa?
Apa sih yang dimaksud dengan bitcoin?

Apa itu bitcoin?

Belakangan ini, dunia internet sedang heboh membicarakan tentang bitcoin. Bagaimana tidak heboh, harga bitcoin tiba-tiba melonjak hampir menyentuh angka Rp. 1.000.000.000. Apa yang bisa membuat harganya sefantastik itu? Sebenarnya apa sih bitcoin itu? Jadi, Bitcoin adalah salah satu dari sekian banyak crypto currency yang ada. Bitcoin sendiri dibuat pada tahun 2009 oleh seseorang yang bernama Satoshi Nakamoto. 

Sejak dibuat pada tahun 2009, harga bitcoin sudah naik beratus-ratus persen. Bahkan harga tertingginya sudah mencapai Rp. 800.000.000. Bitcoin juga sudah menjadi mata uang crypto dengan kapitalisasi pasar (market cap) terbesar yang pernah ada. Bahkan sudah mengalahkan market pasar saham bank-bank besar didunia. Sungguh mencengangkan bukan, mengingat bitcoin ini adalah mata uang digital?

Apa yang membedakan bitcoin dengan uang biasa?

Pada dasarnya, tujuan dibuatnya bitcoin hanyalah sebagai bentuk lain dari mata uang. Secara garis besar bitcoin hanyalah alat untuk pembayaran atau investasi. Lalu apa yang membedakan dengan fiat currency? Kita tahu bahwa uang yang beredar saat ini, dikontrol oleh bank dan pemerintah. Sehingga setiap transaksinya pasti melibatkan bank dan pemerintah. Nah, dibuatnya bitcoin untuk menghindari itu semua. Dengan adanya bitcoin, setiap transaksi yang kita lakukan adalah peer-to-peer sehingga tidak ada perantara lain atau pihak ketiga. 

Transaksi pada bitcoin juga tidak ada yang ditutup tutupi, semua transaksi yang dilakukan dengan bitcoin bisa dilihat oleh semua orang. Akan tetapi, walaupun transaksi kita bisa dilihat oleh semua orang. Identitas kita tetaplah rahasia. Jadi orang hanya tau ada transaksi tersebut akan tetapi tidak tahu siapa yang melakukan transaksi. Kita bisa melihat transaksi bitcoin di btc.com atau blockchain.com.

Yak, cukup sekian artikel saya kali ini tentang apa yang dimaksud dengan bitcoin dan apa yang membedakannya dengan mata uang biasa. Semoga dengan membaca artikel saya kali ini dapat menambah wawasan anda menganai bitcoin. Dan siapa tau anda menjadi tertarik untuk memiliki bitcoin. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Bitcoin? dan Apa Yang Membedakan Bitcoin dengan Uang Biasa?"