Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa Itu Mining Crypto Currency dan Apa Saja Jenis-Jenis Mining Crypto Currency?

Apa Itu Mining Crypto Currency dan Apa Saja Jenis-Jenis Mining Crypto Currency? - Hallo sobat trader, crypto currency merupakan salah satu uang digital yang sedang ramai dibicarakan saat ini. Banyak orang yang sudah memulai untuk memiliki crypto currency. Ada banyak cara untuk bisa memiliki crypto currency, misalnya dengan membeli crypto currency, mengikuti airdrop, atau dengan menambang crypto currency (mining). Mungkin banyak dari kalian yang bertanya bagaimana cara menambang crypto currency? Apakah sama dengan menambang pasir disungai? Untuk menjawab pertanyaan itu, mari kira bahas mengenai mining crypto currency pada artikel kali ini.
Apa Itu Mining Crypto Currency dan Apa Saja Jenis-Jenis Mining Crypto Currency?
Apa itu mining crypto currency?

Apa yang dimaksud dengan mining crypto currency?

Perlu diketahui, bahwa menambang crypto currency ini berbeda konsepnya dengan menambang emas atau pasir. Istilah menambang crypto currency ini sering disebut juga dengan Mining. Apa itu mining crypto currency? Jadi mining crypto currency adalah proses memverifikasi atau memvalidasi menyimpan, dan mengamankan setiap transaksi yang terjadi pada crypto currency. Setiap transaksi yang dilakukan, akan diverifikasi oleh penambang (miner). Apabila transaksi tersebut valid, maka transaksi tersebut akan dicatat dan dieksekuasi. Sebagai imbalannya, untuk setiap transaksi yang berhasil di verifikasi, para penambang (miner) akan mendapatkan imbalan berupa crypto currency.

Apakah mining hanya bisa dilakukan terhadap bitcoin?

Pada umumnya, sebagian besar penambang lebih cenderung untuk melakukan penambangan bitcoin, karena bitcoin adalah crypto currency terbesar untuk saat ini. Fluktuatif harga, use-casenya, dan exposurenya terhadap market jauh lebih baik dibandingkan crypto currency lainnya.
Jadi, mining crypto currency ini tidak hanya dilakukan terhadap bitcoin. Altcoin lainnya seperti Litecoin, Ethereum, bahkan Dogecoin juga bisa dilakukan mining. Akan tetapi jumlah penambangnya tidak sebanyak penambang bitcoin.

Bagaimana kita bisa mendapatkan Crypto Currency dengan mining?

Jadi, dengan menjadi penambang crypto currency, kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli di crypto currency di market. Penambang crypto currency (miner) akan mendapatkan crypto currency sebagai upah menyelesaikan blok dari transaksi yang berhasil di verifikasi yang ditambahkan ke blockchain.

Upah dari penambangan dibayarkan kepada penambang yang berhasil menemukan solusi untuk persoalan hashing yang lebih kompleks terlebih dahulu. Semakin besar jaringan atau power yang dimiliki para penambang (miner), maka penambang tersebut akan lebih cepat dalam menyelesaikan atau memverifikasi persoalan tersebut, sehingga penambang tersebut akan memperoleh upah lebih cepat.

Apa saja jenis-jenis mining crypto currency?

Terdapat 2 jenis mining crypto currency, yaitu menambang sendiri dan cloud mining. Lalu apa yang membedakannya?

1. Menambang sendiri

Untuk bisa menambang sendiri, diperlukan beberapa peralatan khusus. Diantaranya kita memerlukan GPU atau unit pemrosesan grafis atau sirkuit terintegrasi khusus aplikasi (ASIC) untuk menyiapkan rig penambangan. Proses penambangan crypto currency ini bisa dilakukan dalam partai yang besar maupun kecil tergantung modal kita untuk membeli alat-alat tersebut dan membayar biaya listriknya. Semakin banyak dan canggih alat yang kita gunakan, maka proses penambangan akan menjadi lebih cepat.
Apa Itu Mining Crypto Currency dan Apa Saja Jenis-Jenis Mining Crypto Currency?
Alat mining pribadi

2. Cloud mining

Pada dasarnya cloud mining prosesnya sama dengan menambang sendiri. Akan tetapi jika cloud mining adalah kita tidak perlu menyiapkan atau membeli alat-alatnya sendiri. Jadi ada suatu perusahaan yang menyewakan alat mining yang mereka punya. Kita tinggal menyewanya saja. Dengan cloud mining, kita bisa melakukan mining bitcoin tanpa harus membeli alat dan membayar uang listrik, kita hanya perlu membayar biaya sewa alat nya saja ke perusahaan penyedia cloud mining. Salah satu perusahaan cloud mining adalah genesis-mining.com

Akan tetapi jika dibandingkan dengan menambang sendiri, menambang dengan cloud mining ini lebih lama untuk balik modalnya. Karena kita harus bagi hasil dengan pihak penyedia alatnya. Namun tetaplah berhati-hati dalam memilih jasa cloud mining. Karena banyak sekali perusahaan cloud mining bodong yang scam dan pishing.
Apa Itu Mining Crypto Currency dan Apa Saja Jenis-Jenis Mining Crypto Currency?
Perusahaan mining

Yak, kira-kira seperti itulah penjelasan dari apa itu mining crypto currency dan apa saja jenis-jenisnya. Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk menambang crypto currency? Mungkin jika belum mampu membeli alatnya, anda bisa menyewanya terlebih dahulu. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Mining Crypto Currency dan Apa Saja Jenis-Jenis Mining Crypto Currency?"