Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Crypto Currency? Apa Jenis, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan dari Crypto Currency?

Apa Itu Crypto Currency? Apa Jenis, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan dari Crypto Currency? - Hallo sobat trader, seiring dengan perkembangan zaman, teknologi sampai saat ini sudah berkembang sangat pesat. Bahkan, uang sebagai alat tukar pun mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dimulai dari Sistem Barter, Kerang Cowry, Koin Cetak, Standar Emas, Sistem Bretton Woods, hingga pada tahun 2009 terciptalah Crypto currency. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan crypto currency? Mengapa banyak sekali orang yang tertarik dengan crypto currency? Untuk menjawab semua pertanyaan diatas, pada artikel saya kali ini, saya akan membahas itu semua. Jadi simak baik-baik ya.
Apa Itu Crypto Currency? Apa Jenis, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan dari Crypto Currency?
Apa yang dimaksud dengan crypto currency

Apa itu crypto currency?

Kalian pasti pernah melihat atau memiliki uang kertas atau pun uang logam. Crypto Currency pada dasarnya sama dengan uang kertas atau uang logam. Crypto Currency pada dasarnya hanya jenis lain dari mata uang. Jika uang kertas dan uang logam terdapat bentuk fisiknya, akan tetapi, crypto currency tidak memiliki fisik. Karena Crypto Currency adalah mata uang digital. Sebagai mata uang digital, Crypto Currency dijamin oleh Cryptography, Sehingga Crypto Currency ini hampir tidak bisa untuk dipalsukan.

Apa saja jenis-janis Crypto Currency?

Jika kalian mengetahui mata uang yang banya beredar saat ini, misal Dollar, Rupiah, Ringgit, Yen, dan Euro. Itu merupakan jenis-jenis dari mata uang fiat. Sebagai mata uang digital, Crypto Currency tentu juga memiliki jenis-jenis mata uang yang beredar. Hingga saat ini, sudah banyak sekali jenis mata uang cypto yang beredar. Akan tetapi, mata uang crypto yang paling dikenal oleh masyarakat adalah Bitcoin. Bitcoin adalah mata uang crypto dengan harganya yang paling tinggi. Harga tertinggi dari bitcoin bahkan sempat menyentuh angka Rp. 800.000.000. Selain bitcoin, juga terdapat jenis mata uang crypto lainnya, seperti :

1. Ethereum (ETH)
2. Ethereum Classic (ETC)
3. DOGE (DOGE)
4. Cardano (ADA)
5. BitcoinCash (BCH)
6. Dan masih banyak lagi. Untuk melihat daftar keseluruhan jenis dari Crypto Currency, bisa dilihat di Coin Market Cap

Karakteristik dari Crypto Currency

Sebagai mata uang digital, tentu crypto currency memiliki karakteristik yang membedakannya dengan mata uang fiat. Lalu apa saja karakteristik dati Crypto Currency?

Digital
Karakteristik yang pertama tentu saja dalah bentuknya yang digital atau tidak memiliki fisik. Inilah yang membedakan antara crypto currency dengan fiat currency

Peer-to-peer (P2P)
Crypto currency dapat digunakan untuk transaksi dari satu orang ke orang lainnya secara online dan real time tanpa perantara

Global
Sesuai dengan prinsipnya, crypto currency ini sifatnya global. Yang artinya Crypto currency sama disetiap negara. Transaksi dengan Crypto currency bebas lintas negara dan tidak terpengaruh oleh kurs mata uang

Truthless
Pemilik crypto currency bisa melakukan transaksi secara langsung, tanpa mempercayakan crypto tersebut ke orang lain atau pihak lain (Dalam hal ini adalah Bank)

Terenskripsi
Crypto currency ini sifat nya anonim. Karena setiap pengguna memiliki kode tersendiri yang telah di enkripsi ketika melakukan transaksi. Sehingga dalam transaksi tersebut tidak ketahuan dari siapa dan untuk siapa. Tidak seperti bank yang sudah jelas nama pemiliki rekeningnya, crypto currency ini tidak menyebutkan nama dalam setiap transaksinya. Nama dari pengguna crypto currency di sembunyikan akan tetapi semua pengguna bisa melihat transaksi tersebut.

Terdesentralisasi
Jika pada uang fiat, bank terlibat dalam setiap transaksi. Akan tetapi jika di crypto currency, tidak ada pihak lain yang terlibat dalam transaksi tersebut. Setiap orang bertanggung jawab sendiri terhadap uang dan asetnya.

Kelebihan dan kekurangan crypto currency

Setelah kita mengetahui apa saja karakteristik dari crypto currency, selanjutnya, kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari crypto currency.

Kelebihan Crypto Currency

1. Kontrol pribadi
Crypto currency tidak melibatkan pihak lain/pihak ketiga (misalnya Bank) dalam setiap transaksi nya. Setiap orang bertanggung jawab sendiri terhadap assetnya

2. Transparan
Dicrypto currency, tidak ada transaksi yang ditutup-tutupi. Setiap orang bisa melihat semua transaksi di Crypto Currency. Akan tetapi kita hanya bisa melihat transaksinya saja, tanpa tau siapa yang melakukan transaksi dengan siapa.

3. Cepat dan Praktis
Karena tidak melibatkan pihak lain atau pihak transaksi, maka proses transaksi di crypto currency ini sangatlah cepat. Selain itu, proses transaksi di crypto currency juga sangat praktis, karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet.

4. Universal
Kita semua tahu, bahwa untuk membuka rekening pada sebuah bank terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi. Apabila ada syarat yang dipenuhi,maka orang tersebut tidak bisa membuat rekening. Berbeda dengan crypto, crypto currency ini bersifat universal, yang artinya semua orang bisa menggunakan crypto currency.

Kekurangan Crypto Currency

1. Volatilitas yang sangat tinggi
Di dunia crypto, kenaikan dan penurunan harga bisa terjadi dengan sangat cepat. Terkadang harga bisa naik dengan singkat tapi juga bisa turun dengan cepat juga

2. Rentan dengan aktivitas ilegal
Karena tidak terdapat dan tidak bisa dilacaknya identitas asli dari pemilik crypto, maka crypto ini bisa digunakan untuk melakukan pencucian uang atau aktivitas ilegal lainnya

3. Banyak yang menganggap ilegal
Karena crypto currency ini tidak diatur oleh suatu negara, maka banyak orang yang menganggapnya ilegal dan bisa dihukum jika kita memilikinya.

4. Sistem password
Dicrypto currency ini menggunakan sistem password atau sebuah kunci. Jadi apabila anda lupa password atau key anda dan sudah tidak bisa lagi untuk melakukan recover password, maka aset anda akan hilang semuanya dan tidak ada yang bisa mengembalikannya.

Yak, kurasa itulah penjelasan singkat mengenai apa itu cypro currency, apa saja jenis-jenis crypto currency, karakteristik dari crypto currency, dan kelebihan dan kekurangan dari crypto  currency. Semoga dengan artikel diatas dapat menambah wawasan anda tentang crypto currency. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Crypto Currency? Apa Jenis, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan dari Crypto Currency?"

close