Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bagaimana Alur dan Cara Kerja Crypto Currency? Apakah Sama Dengan Uang?

Bagaimana Alur dan Cara Kerja Crypto Currency? Apakah Sama Dengan Uang? -  Hallo sobat trader, kita semua pasti mengetahui bahwa setiap transaksi pasti memiliki alur tersendiri. Misalnya anda ingin membeli buah dipasar. Maka alur yang terjadi pada transaksi pembelian tersebut adalah pergi kepasar, memilih buah, membayar buahnya kemudian kembali lagi ke rumah. Nah, seperti itulah yang dinamakan alur transaksi. Lalu sebenarnya bagaimana sih alur transaksi yang terjadi pada crypto currency? 
Bagaimana Alur dan Cara Kerja Crypto Currency? Apakah Sama Dengan Uang?
Alur dan cara kerja crypto currency

Konsep dari crypto currency?

Crypto currency secara konsep hampir sama dengan uang. Yang membedakan hanyalah bentuknya. Jika uang ada bentuk fisiknya, maka crypto currency tidak memiliki bentuk fisik. Karena crypto currency merupakan mata uang digital. Jadi, jika kita sedang berbicara mengenai bagaimana cara kerja crypto currency, maka tidak akan beda tujuannya dengan uang. Karena konsepnya adalah sama-sama uang.

Berbeda dengan uang yang sudah memiliki kurs masin-masing, crypto currency sampai dengan saat ini masih belum memiliki kurs transaksi yang sah dan sudah diakui secara internasional. Karena crypto currency hanyalah aset digital yang diperdagangkan secara publik. Hal ini sama seperti ketika kita jual beli saham suatu perusahaan.

Alur untuk memiliki crypto currency

Untuk saat ini, untuk memperoleh atau memiliki crypto currency, kita harus melakukan pembelian di Exchanger Crypto currency. Misalnya Indodax.

Jadi untuk merubah uang uang menjadi crypto currency, langkah yang harus kita lakukan adalah melakukan deposit dari Bank ke exchanger crypto currency, kemudian membelikannya uang deposit tadi ke crypto currency. Misalnya Bitcoin.

Kemudian untuk merubah kembali dari crypto currency menjadi uang, maka kita harus menjual crypto currency yang kita punya. Lalu kita melakukan withdraw ke Bank.
Jika alur tersebut digambar, maka akan menjadi seperti ini :
Bagaimana Alur dan Cara Kerja Crypto Currency? Apakah Sama Dengan Uang?
Alur penukaran crypto currency

Diatas kita sudah membahas mengenai alur transaksi crypto currency, sekarang kita bahas Mekanisme cara kerja crypto currency.

Mekanisme Cara Kerja Crypto Currency

Mekanisme cara kerja crypto currency adalah sebagai berikut :

1. Peserta Blockchain membuat suatu transaksi
2. Transaksi yang dibuat oleh peserta blockchain tersebut disebar ke jaringan Peer-to-peer yang terdiri dari node-node
3. Kemudian transaksi tersebut di verifikasi oleh node-node tersebut
4. Beberapa transaksi membuat blok baru
5. Peserta blockchain yang mengalokasikan kekuatan pemrosesan untuk melakukan validasi transaksi (atau sering disebut miner), akan menerima imbalan berupa crypto currency.

Jika digambarkan kira-kira akan menjadi seperti ini :
Bagaimana Alur dan Cara Kerja Crypto Currency? Apakah Sama Dengan Uang?
Mekanisme crypto currency

Yak, kira-kira seperti itulah alur dan cara kerja dari crypto currency. Semoga dengan membaca artikel saya kali ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai crypto currency. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Alur dan Cara Kerja Crypto Currency? Apakah Sama Dengan Uang?"