Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa Itu Shadow Ban di Tiktok dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apa Itu Shadow Ban di Tiktok dan Bagaimana Cara Mengatasinya? - Hallo sobat koplo, apakah kalian semua memiliki akun Tiktok? Saya rasa sebagian besar dari kalian sudah memiliki akun Tiktok. Bahkan, pasti ada yang sudah mempunyai banyak follower. Jika anda memiliki akun Tiktok, pasti anda senang jika video-video yang anda posting banyak yang menonton dan banyak yang memberikan like. Akan tetapi, apakah kalian pernah menghadapi suatu masalah dimana jumlah orang yang menonton video anda dan orang yang memberikan like terhadap video anda berkurang secara drastis? Apa penyebab berkurangnya penonton dan like tersebut? Mungkin akun Tiktok anda terkena Shadow Ban oleh pihak Tiktok. Apa itu Shadow Ban? Mari kita bahas bersama.
Apa Itu Shadow Ban di Tiktok dan Bagaimana Cara Mengatasinya?
Apa itu Shadow Ban Tiktok?

Apa Itu Shadow Ban pada Akun Tiktok

Jika Video anda tiba-tiba jumlah penonton dan likenya berkurang secara perlahan dari waktu ke waktu, bisa saja akun Tiktok anda terkena Shadow Ban dari Tiktok. Apa itu Shadow Ban? Jadi Shadow Ban adalah pembatasan yang dilakukan oleh pihak Tiktok terhadap suatu akun. Pemilik akun Tiktok tidak diberikan pemberitahuan oleh Pihak Tiktok jika akunnya terkena Shadow Ban. Hal yang dirasakan oleh pemilik akun Tiktok hanyalah jumlah View dan Like pada video anda berkurang secara drastis.

Hal itu dikarenakan, Tiktok tidak menampilkan Video anda pada FYP orang lain dan hasil pencarian. Penyebabnya adalah ada video atau konten anda yang menurut Tiktok melanggar kebijakan mereka. Sebagai pemilik akun Tiktok anda harus sadar sendiri terhadap hal tersebut. Dikarenakan tidak ada bedanya akun yang terkena shadow ban dan akun yang tidak terkena shadow ban. Akun anda tetap bisa memposting video, melihat video orang lain, memberikan like dan komentar. Hanya saja Video anda tidak ditampilkan secara maksimal oleh Tiktok.

Penyebab Terkena Shadow Ban pada Akun Tiktok

Pihak Tiktok pasti memberikan Shadow Ban pada akun Tiktok bukan tanpa alasan. Mungkin video anda mengantung hal yang melanggar kebijakan Tiktok. Berikut adalah beberapa Penyebab akun Tiktok terkena Shadow Ban.

1. Video tidak original (Reupload)

Salah satu penyebab akun anda terkena Shadow Ban adalah anda memposting video yang sama persis dengan video yang sudah di upload sebelumnya (reupload). Hal tersebut sudah pasti dilarang oleh Tiktok.

2. Video yang diunggah dirasa spam

Penyebab kedua adalah video anda dianggap spam oleh pihak Tiktok. Mungkin anda memposting video yang sama atau terlalu banyak memposting video dalam waktu yang singkat.

3. Video mengandung unsur SARA

Video yang mengandung unsur SARA sudah pasti dilarang oleh pihak Tiktok. Hal tersebut karena sudah pasti akan memancing keributan diantara pengguna lainnya.

4. Video mengandung hal yang ilegal

Alasan lain yang mungkin menjadi penyebab akun terkena shadow ban adalah Video yang mengandung hal-hal yang iledal. Seperti obat-obatan terlarang, judi, porno, dan narkoba.

5. Dilaporkan oleh banyak pengguna

Jika video anda dilaporkan oleh banyak pengguna lainnya, hal itu membuat pihak Tiktok menganggap konten yang anda buat adalah konten yang buruk. Sehingga Tiktok membatasi video anda untuk ditampilkan.

6. Terdeteksi menggunakan akun ganda

Pihak tiktok juga bisa mendeteksi ketika anda menggunakan akun ganda atau terdapat dua aplikasi Tiktok di dalam satu perangkat. Hal itu dianggap akan anda gunakan untuk melakukan kecurangan.

7. Aktivitas yang mencurigakan

Aktivitas yang mencurigakan juga bisa menjadi penyebab anda terkena shadow ban. Seperti melakukan spam like, spam komentar, dan melakukan follow banyak akun dalam waktu yang singkat.

8. Melanggar kebijakan Tiktok lainnya

Penyebab terkena shadow ban pada akun Tiktok mungkin anda melanggar kebijakan Tiktok yang lainnya. Sebelum anda memposting video pastikan video anda benar-benar telah sesuai dengan kebijakan Tiktok.

Ciri-ciri akun terkena Shadow Ban

Diatas anda sudah mengetahui apa penyebab akun bisa terkena Shadow Ban, sekarang kita akan membahas bagaimana ciri-ciri akun anda ketika terkena Shadow Ban.

1. Video yang anda buat tidak bisa masuk menu Untuk Anda atau FYP orang lain

Jika sebelumnya video anda sering masuk FYP orang lain, maka ketika terkena shadow ban, Video anda sudah tidak lagi muncul di FYP orang lain.

2. Jumlah video dan like pada Video anda berkurang secara signifikan

Dengan tidak muncul di FYP orang lain, tentu itu akan berakibat jumlah view dan like terhadap video yang anda posting akan berkurang secara signifikan.

3. Akun/Video anda tidak bisa ditemukan pada menu pencarian Tiktok

Ciri yang terakhir yaitu akun atau video anda tidak bisa ditemukan melalui menu pencarian di Tiktok. Meskipun anda sudah menuliskan nya sama persis dengan akun anda. Tetapi yang muncul malah bukan akun atau vide anda. Sudah pasti akun anda terkena shadow ban tiktok.

Cara Mengatasi Jika anda Terkena Shadow Ban Tiktok

Jika akun Tiktok anda terkena Shadow Ban oleh pihak Tiktok, Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda coba untuk mengatasi hal tersebut.

1. Hapus video yang dirasa menjadi penyebab akun terkena shadow ban

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menghapus video yang dirasa menjadi penyebab akun anda terkena shadow ban. Seperti video yang mengandung SARA, Terlalu Fulgar, dan konten-konten ilegal lainnya seperti Judi, Narkoba, Senjata, dan lain-lain.

2. Kurangi aktivitas yang mencurigakan

Ketika akun anda terkena shadow ban tiktok, anda harus mengurangi aktivitas di Tiktok. Seperti spam like, spam komentar, spam follow dan lain sebagainya. Lakukan aktivitas tersebut sewajarnya saja.

3. Gunakan caption dan tagar sewajarnya

Ketika masa terkena Shadow Ban, gunakan caption dan tagar sewajarnya saja. Penggunaan caption dan tagar secara berlebihan juga tidak bagus untuk akun anda. Gunakan caption dan tagar yang memang relevan dengan video yang anda posting,

4. Hapus aplikasi Tiktok anda dan Install kembali

Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah hapus aplikasi Tiktok anda terlebih dahulu. Hal itu untuk menghapus data atau chace yang tersimpan diperangkat anda. Setelah itu anda bisa menginstal aplikasi Tiktok kembali.

Yak, cukup sampai disini dulu artikel saya kali ini tentang apa yang dimaksud dengan Shadow Ban di Tiktok. Semoga dengan membaca artikel saya kali ini dapat menambah wawasan anda. Dan bagi anda yang akun tiktok nya sedang terkena shadow ban, semoga Shadow Ban tersebut bisa segera teratasi. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Shadow Ban di Tiktok dan Bagaimana Cara Mengatasinya?"