Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Menu-Menu yang Ada di Aplikasi Zoom Meeting dan Kegunaannya

Menu-Menu yang Ada di Aplikasi Zoom Meeting dan Kegunaannya - Hallo sobat koplo, belakangan ini aplikasi Zoom Meeting sedang banyak di pakai oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan dibatasinya pertemuan tatap muka akibat dari Pandemi Covid-19. Banyak Sekolah, Kantor, dan Perusahaan yang menggunakan Zoom Meeting sebagai alternatif mereka untuk mengadakan pertemuan. Agar lebih menguasai tentang Aplikasi Zoom meeting, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai menu-menu yang ada di aplikasi Zoom Meeting beserta kegunaannya.
Menu-Menu yang Ada di Zoom Meeting dan Kegunaannya
Menu yang ada di aplikasi Zoom Meeting

Menu-menu di Aplikasi Zoom Meeting

Agar lebih mudah dalam menggunakan Aplikasi Zoom Meetin, alangkah lebih baik jika kita sudah memahami apa saja menu-menu yang ada di Aplikasi Zoom Meeting beserta fungsinya. Berikut adalah beberapa menu yang ada di Aplikasi Zoom Meeting.

Menu di beranda Zoom Meeting

Terdapat beberapa menu di beranda aplikasi Zoom Meeting. Berikut adalah menu menu yang ada diberanda Aplikasi beserta kegunaannya.
Menu-Menu yang Ada di Zoom Meeting dan Kegunaannya
Menu di beranda Zoom Meeting

1. New Meeting
New Meeting digunakan untuk kita membuat meeting yang baru di Aplikasi Zoom Meeting

2. Join
Join digunakan untuk kita bergabung ke dalam sebuah meeting yang sudah dibuat. Join ini menggunakan ID meeting dan Password meeting yang sudah disediakan

3. Schedule
Schedule digunakan untuk membuat jadwal meeting. Kita bisa membuat Room Meeting untuk waktu yang akan datang.

4. Share Screen
Share Screen ini digunakan untuk membagikan apa yang tampil dilayar anda kepada peserta meeting lainnya. Sehingga peserta lain bisa melihat apa yang tampil dilayar kira.

5. Menu Chat
Menu chat ini digunakan untuk saling mengirim pesan antara pengguna Zoom Meeting. Hampir sama seperti chat pada umumnya.

6. Menu Meeting
Menu Meeting ini digunakan untuk melihat daftar meeting yang ada. Baik meeting yang belum dimulai atau rekaman meeting yang sudah selesai.

7. Menu Contact 
Menu Contact ini digunakan untuk melihat daftar kontak yang kita miliki di Aplikasi Zoom meeting. Hampir sama dengan kontak pada umumnya.

Menu pada saat meeting dimulai

Diatas sudah saya jelaskan beberapa menu yang ada di beranda Aplikasi Zoom Meeting. Sekarang kita akan membahas menu-menu yang ada pada saat meeting sudah dimulai. Berikut adalah menu-menu yang ada pada saat meeting sudah dimulai :
Menu-Menu yang Ada di Zoom Meeting dan Kegunaannya
Menu pada saat meeting

1. Mute dan Unmute
Menu Mute dan Unmute ini digunakan untuk mengatur Microphone perangkat yang kita gunakan. Jika anda melakukan mute, maka suara dari kira tidak akan masuk ke Zoom Meeting. Sedangkan jika kita melakukan unmute, suara kita bisa masuk ke Zoom Meeting (orang lain bisa mendengar suara kita).

Dimenu Mute dan Unmute ini kita juga bisa mengatur penggunaan Microphone dan Speaker yang dipakai. Jika perangkat kita terhubung ke lebih dari 1 microphone atau speaker, kita bisa mengatur menggunakan yang mana. Dan beberapa Audio Setting lainnya.

2. Start Video dan Stop Video
Menu Start Video dan Stop Video ini digunakan untuk mengatur kamera kita. Jika kita melakukan Start Video, maka kamera kita akan aktif dan gambar kita akan kelihatan di meeting. Sedangkan saat kita Stop Video, kamera kita akan di nonaktifkan dan gambar kita tidak akan terlihat selama meeting.

Dimenu ini juga terdapat menu untuk mengganti virtual background dan penggunaan efek visual lainnya atau filter.

3. Security
Menu security berfungsi untuk mengontrol jalannya meeting. Seperti :

Lock Meeting : Untuk mengunci meeting sehingga tidak ada satupun yang bisa masuk ke meeting
Enable Waiting room : Untuk membuat waiting room bagi peserta yang ingin masuk ke meeting. Jadi untuk bisa memasuki meeting harus di terima dulu oleh host.
Hide Profile Picture : Untuk menyembunyikan picture profil

Kemudian mengizinkan peserta untuk melakukan hal berikut :
-Share Screen
-Chat
-Rename
-Unmute
-Start Video

4. Participant
Menu participant digunakan untuk melihat peserta meeting. Dimenu ini juga digunakan untuk menerima peserta yang ada di waiting room, melakuan mute terhadap peserta, melakukan chat ke peserta, dan melakukan invite kepada peserta lainnya.

5. Chat
Menu chat digunakan untuk mengirimkan pesan kepada peserta lain. Kita bisa mengatur ingin mengirim pesan kepada semua orang atau spesifik kepada orang tertentu.

6. Share Screen
Menu share screen digunakan untuk membagikan layar anda. Biasanya share screen digunakan untuk menayangkan Power Point atau materi rapat dan menayangkan Video.

7. Record
Menu record digunakan untuk merekam jalannya meeting. Record ini digunakan untuk dokumentasi meeting.

8. Reaction
Jika pada meeting secara langsung, kita bisa mengangkat tangan jika ada yang ingin ditanyakan. Jika di aplikasi Zoom Meeting, kita bisa menggunakan menu reaction.

9. Live
Menu live digunakan apabila anda ingin menayangkan secara langsung meeting anda melalui Facebook atau Facebook.

Yak, kira-kira seperti itulah materi saya kali ini tentang menu-menu yang ada di aplikasi Zoom Meeting beserta kegunaannya. Semoga dengan membaca artikel saya kali ini dapat menambah wawasan anda mengenai aplikasi zoom meeting sehingga anda bisa menggunakan zoom meeting secara optimal. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Menu-Menu yang Ada di Aplikasi Zoom Meeting dan Kegunaannya"