Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Screenshoot atau Printscreen pada Sebagian atau Seluruh Layar Laptop

Cara Screenshoot atau PrintScreen pada Sebagian atau Seluruh Layar Laptop - Hallo sobat koplo, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kata Screnshoot (sering disingkat SS). Di Laptop atau PC, Screenshoot sering juga disebut PrintScreen. Screenshoot adalah proses mengambil gambar atau capture layar anda. Jadi semua tampilan yang ada dilayar anda akan menjadi gambar yang bisa anda simpan di galeri. Anda dapat melakukan screenshoot hanya pada sebagaian layar maupun seluruh layar tergantung kebutuhan anda.

Anda pasti sudah pernah melakukan screenshoot di HP anda, anda tinggal memencet tombol power bersamaan dengan tombol volume – untuk melakukan screenshot. Tentu hal tersebut sangat mudah untuk dilakukan. Sama dengan melakukan screenshoot di HP, ternyata cara untuk melakukan screenshoot di Laptop juga sangat mudah lho, bahkan terdapat lebih dari 1 cara untuk melakukannya. Jika anda belum mengetahui cara untuk melakukan screenshoot di Laptop. Silahkan baca artikel saya berikut ini
Cara Melakukan Screenshoot atau Printscreen Sebagian atau Seluruh Layar di Laptop
Cara Melakukan Screenshoot atau Printscreen Sebagian atau Seluruh Layar di Laptop

3 Cara melakukan screenshoot terhadap sebagaian atau seluruh layar di Laptop

Terdapat beberapa cara untuk melakukan screenshoot di Laptop. Di Laptop, anda juga dapat melakukan screenshoot terhadap bagian tertentu pada layar anda atau melakukan screenshoot terhadap keseluruhan layar. Berikut adalah tutorialnya.

Screenshoot dengan cara menekan tombol “PrtSc” pada keyboard

Cara pertama untuk melakukan screenshoot di Laptop adalah dengan cara menekan tombol “PrtSc” pada keyboard anda. Maka secara otomatis tampilan layar anda akan tercopy secara keseluruhan. 

Setelah anda menekan tombol “PrtSc” silahkan anda buka Paint di Laptop anda, kemudian silahkan anda paste hasil Screenshoot yang sudah anda lakukan dengan cara menekan Ctrl + V. 

Anda juga bisa mengedit terlebih dahulu hasil screenshoot tadi dengan paint. Setelah itu, anda bisa menyimpan gambar tersebut.

Screenshoot dengan cara ini cocok digunakan apabila anda ingin mengedit terlebih dahulu hasil screenshoot yang anda lakukan. Misalnya menambah anak panah, menambahkan teks, melingkari sesuatu, dan lain sebagainya.
Cara Melakukan Screenshoot atau Printscreen Sebagian atau Seluruh Layar di Laptop
Screenshoot dengan cara menekan tombol "PrtSc"

Screenshoot dengan cara menekan tombol Windows + “PrtSc”

Cara kedua untuk melakukan screenshoot di Laptop yaitu dengan cara menekan tombol Windows + “PrtSc” secara bersamaan. Screenshoot ini hasilnya sama seperti cara pertama yaitu mengcapture keseluruhan tampilan layar anda.
 
Yang membedakan dengan cara pertama yaitu ketika anda melakukan screenshoot dengan cara ini. Maka gambar hasil screenshoot akan langsung tersimpan difolder laptop anda. Anda tidak perlu membuka paint dan menyimpannya secara manual.

Screenshoot menggunakan cara ini cocok digunakan apabila anda harus mengcapture banyak sekali tampilan layar. Dengan cara ini, anda dapat melakukan screenshoot dengan lebih cepat karena gambar akan tersimpan secara otomatis setelah anda menekan tombol Windows + “PrtSc”
Cara Melakukan Screenshoot atau Printscreen Sebagian atau Seluruh Layar di Laptop
Tekan tombol windows dan "PrtSc" secara bersamaan

Screenshoot menggunakan Snipping Tools

Cara ketiga untuk melakukan screenshoot adalah dengan menggunakan Snipping Tools. Berbeda dengan 2 cara screenshoot diatas yang hasilnya adalah tangkapan layar secara penuh, dengan Snipping Tools anda dapat melakukan screenshoot pada bagian tertentu saja. 
Caranya yaitu :

1. Silahkan anda cari Snipping Tools melalui kolom pencarian Windows anda. Dan buka Snipping Toolnya
Cara Melakukan Screenshoot atau Printscreen Sebagian atau Seluruh Layar di Laptop
Buka Snipping Tools

2. Setelah snipping tools terbuka, silahkan anda klik new
Cara Melakukan Screenshoot atau Printscreen Sebagian atau Seluruh Layar di Laptop
Klik new

3. Setelah klik new, layar anda akan tampak lebih putih. Silahkan anda seleksi bagian layar yang ingin di Screenshoot dengan cara menyeret kursor anda setelah itu lepaskan

4. Setelah itu, akan terlihat Preview Screenshoot yang telah anda lakukan. Jika hasil sudah selesai silahkan anda tekan Ctrl + S untuk menyimpan hasil screenshoot anda.
Cara Melakukan Screenshoot atau Printscreen Sebagian atau Seluruh Layar di Laptop
Preview hasil screenshoot pada sebagian layar dengan Snipping Tools

Screenshoot menggunakan aplikasi snipping tools ini cocok digunakan ketika anda membutuhkan gambar untuk tutorial atau lain sebagainya yang hanya memfokuskan pada bagian-bagian tertentu saja. 

Sebagian besar gambar yang diposting di blog ini juga menggunakan hasil screenshoot dengan Snipping Tools. Karena anda bisa memilih bagian mana aja yang harus di screenshoot. Jika anda melakukan screenshoot dengan cara yang pertama atau cara yang kedua, maka anda harus melakukan crop secara manual. Tentu hal tersebut akan memakan banyak waktu.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk melakukan screenshoot atau printscreen di Laptop. Anda dapat memilih untuk melakukan screen pada sebagaian layar atau melakukan screenshoot terhadap seluruh layar. Masing-masing cara memiliki keuntungan masing-masing. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Cara Screenshoot atau Printscreen pada Sebagian atau Seluruh Layar Laptop"