Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menjadi Host Meeting Melalui Zoom Meeting

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menjadi Host Meeting Melalui Zoom Meeting - Hallo sobat koplo, dimasa pandemi saat ini, kegiatan meeting melalui video conference menjadi sangat sering dilakukan. Salah satunya adalah melalui aplikasi Zoom Meeting. Hal tersebut karena dibatasinya pertemuan tatap muka. Agar meeting berjalan lancar, tentu hal yang harus dipersiapkan untuk melakukan meeting melalui video conference akan lebih banyak. Apalagi anda bertugas sebagai host dalam meeting tersebut. 

Sebagai seorang host, anda harus benar-benar menguasai cara penggunaan aplikasi Zoom Meeting dan menguasai topik pembahasan pada meeting tersebut. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, saya akan membahas hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang host meeting di aplikasi Zoom Meeting.
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menjadi Host Meeting Melalui Zoom Meeting
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menjadi Host Meeting Melalui Zoom Meeting

Hal-hal yang harus diperhatikan oleh host meeting pada aplikasi Zoom Meeting

Menjadi seorang host pada sebuah meeting melalui aplikasi Zoom Meeting, ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan agar meeting bisa berjalan dengan lancar. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika anda menjadi host suatu meeting :

1. Memastikan meeting berjalan tepat waktu
Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika anda menjadi host suatu meeting adalah memastikan bahwa meeting berjalan tepat waktu. Biasanya host akan membuka room meeting 15-30 menit sebelum meeting dimulai. Hal tersebut bertujuan agar pada saat waktu nya mulai, para peserta meeting sudah berkumpul semua.

2. Memastikan link invitation sudah disebarkan
Hal yang paling penting dalam sebuah meeting yang diselenggarakan melalui video conference adalah link invitation. Karena, link invitation adalah sarana agar peserta meeting dapat bergabung ke dalam room meeting. Oleh karena itu link invitation harus disebarkan jauh-jauh hari sebelum meeting dimulai.

3. Persiapan virtual background
Dalam suatu meeting, pasti ada topic khusus yang akan dibahas. Akan lebih baik jika host juga menyiapkan virtual background untuk digunakan oleh peserta meeting. Fungsi dari virtual backgroung ini adalah sebagai penanda dari suatu meeting, karena divirtual background pasti memuat tema meeting dan waktu pelaksanaan. Selain itu virtual background juga membuat peserta menjadi lebih kompak.

4. Berikan akses bicara kepada pembicara saja
Ketika anda menjadi host zoom meeting, anda harus dapat memastikan meeting berjalan dengan lancar. Anda harus pintar dalam mengatur mute dan unmute. Berikan unmute hanya kepada narasumber atau pembicara saja. Dan peserta lain tetap dalam keadaan mute. Hal tersebut bertujuan agar materi yang disampaikan terdengar jelas oleh semua peserta tanpa ada gangguan atau tabrakan suara dengan peserta lain.

5. Pastikan kamera peserta dalam keadaan On
Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada saat meeting melalui zoom meeting adalah peserta hanya sekedar join saja lalu mematikan kamera dan meninggalkannya. Untuk mengurangi peserta yang seperti itu, maka anda sebagai host harus mengatur bahwa peserta meeting harus menyalakan kamera mereka untuk memastikan peserta meeting tetap mengikuti meeting dari awal sampai selesai.

6. Memastikan keamanan meeting
Ketika meeting sedang berlangsung, anda sebagai host harus memastikan keamaan meeting. Apalagi meeting tersebut membahas hal-hal yang sifatnya rahasia. Sebagai host meeting anda harus memutuskan apakah mengaktifkan waiting room atau tidak, lock meeting atau tidak. Agar orang yang tidak diundang atau tidak berkepentingan tidak bisa menyusup kedalam meeting.

7. Aprrove peserta yang menunggu di waiting room
Ketika anda sebagai host meeting memutuskan untuk mengaktifkan waiting room, maka anda harus rajin mengecek waiting room untuk memastikan tidak ada peserta meeting yang menunggu di waiting room. Karena, jika anda mengaktifkan waiting room, peserta yang mau bergabung ke dalam meeting harus disetujui terlebih dahulu oleh host.

8. Mengontrol siapa saja yang bisa share screen
Dalam suatu meeting, pasti terdapat bahan yang ingin dipaparkan. Baik itu oleh pemateri atau dari peserta lain. Dalam zoom meeting, bahan tersebut bisa dipaparkan melalui fitur Share Screen. Sebagai host, anda dapat mengatur siapa saja yang dapat melakukan share screen. Apakah hanya host yang bisa atau semua peserta bisa melakukan share screen.

9. Menegur peserta yang tidak sesuai peraturan meeting
Sebagai host meeting, tentu anda memegang kendali penuh jalannya suatu meeting. Jika ada peserta yang membuat kegaduhan atau tidak mematuhi peraturan didalam meeting. Maka anda sebagai host harus menegurnya agar meeting dapat berjalan dengan lancar.

Yak, kira-kira itulah 9 hal yang harus diperhatikan ketika anda menjadi host suatu meeting. Menjadi host suatu meeting memang kelihatannya mudah, akan tetapi ternyata banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menjadi Host Meeting Melalui Zoom Meeting"