Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jenis-Jenis Tes yang Diujikan di Penerimaan Mahasiwa Baru SPMB PKN STAN

Jenis-Jenis Tes yang Diujikan di Penerimaan Mahasiwa Baru SPMB PKN STAN - Hallo stanner, PKN STAN merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang sangat diminati oleh banyak orang. Selain biaya pendidikannya yang gratis, lulusan PKN STAN sebagian besar akan ditempatkan di lingkungan kementerian keuangan. Dimana kita tahu sendiri bahwa Gaji dan Tunjangan pegawai di Lingkungan kementerian keuangan sangatlah besar. Bahwa untuk lulusan Diploma I nya. Dikarenakan banyak sekali yang berminat untuk dapat masuk di PKN STAN, proses seleksinya pun menjadi sangat ketat. Berikut adalah jenis-jenis tes di Penerimaan Mahasiswa Baru SPMB PKN STAN.
Jenis-Jenis Tes yang Diujikan di Penerimaan Mahasiwa Baru SPMB PKN STAN
Jenis-Jenis Tes yang Diujikan di Penerimaan Mahasiwa Baru SPMB PKN STAN

Jenis-jenis seleksi yang dilaksanakan di SPMB PKN STAN

Untuk dapat diterima di PKN STAN, calon mahasiswa PKN STAN harus melewati tahapan seleksi yang cukup ketat sebelumnya. Bahkan perbandingan antara pendaftar dengan formasi yang dibutuhkan mencapai 20:1. Yang artinya setiap 1 kursi akan diperebutkan oleh 20 orang pendaftar.

Agar dapat mengalahkan para pesaing dan akhirnya dapat diterima di PKN STAN, diperlukan persiapan yang sangat matang sebelumnya. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu adalah mengetahui materi PKN STAN yang di ujikan didalam SPMB PKN STAN. Berikut adalah beberapa seleksi yang diujikan di SPMB PKN STAN.

1. Seleksi Administrasi

Seleksi pertama yang akan dilalui oleh peserta SPMB PKN STAN adalah seleksi administrasi. Seleksi administrasi ini terkait administrasi yang sudah kita submit sebelumnya. Seperti umur, nilai rapot, telah mengikuti UTBK, nilai TPS UTBK terpenuhi, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah diDO atau dikeluarkan dari PKN STAN, belum pernah menikah, dan lain sebagainya.

Seleksi administrasi ini bisa dibilang merupakan seleksi yang paling mudah, dikarenakan jika peserta SPMB PKN STAN benar-benar mengikuti ketentuan yang tersebut di pengumuman, maka kemungkinan besar akan lolos di seleksi administrasi.

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Setelah peseta dinyatakan lolos seleksi Administrasi, tahapan seleksi berikutnya yaitu Seleksi Kempetensi Dasar atau SKD. SKD ini sering juga disebut dengan tes CPNS. Karena kita tahu sendiri bahwa lulusan PKN STAN akan langsung diangkat menjadi PNS baik itu dilingkungan Kementerian Keuangan atau Non Kementerian Keuangan. Oleh karena itu, tes SKD ini diperlukan.

SKD ini dilaksanakan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) oleh Badan Kepegawaian Negara atau BKN yang meliputi Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

3. Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi

Setelah peserta SPMB PKN STAN dinyatakan lolos tes SKD, maka peserta akan menjalani seleksi tahap berikutnya yaitu Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi. 

Tes Kesehatan yaitu pemeriksaan yang mencakup pemeriksaan tinggi dan berat badan, tekanan darah, visus mata, dan/atau pemeriksaan kesehatan lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat.
Tes Kebugaran yaitu lari mengelilingi lintasan dan shuttle run, pull up/chinning, push up, sit up dan/atau aktivitas lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat.
Dan Tes Psikologi yang dilaksanakan menggunakan Computer Baset Test (CBT) untuk mengetahui Psikologi dari calon mahasiswa PKN STAN

4. Seleksi Wawancara

Setelah dinyatakan lulus dari Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi, peserta SPMB PKN STAN akan melakukan seleksi Wawancara. Di Seleksi wawancara ini, peserta akan diberikan beberapa pernyataan oleh panitia dan peserta diwajibkan untuk menjawab pertanyaan dengan jawaban yang sebenar-benarnya. 

Karena jika peserta mengada-ada atau berbohong ketika menjawab pertanyaan wawancara, kemungkinan besar panitia akan mengetahuinya dan sudah pasti itu akan mempengaruhi hasil tes wawancara.

5. Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI)

Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI) merupakan tes yang selalu ada di PKN STAN. Peserta SPMB PKN STAN harus benar-benar mempersiapkan untuk Tes ini. Dikarenakan materi-materi yang dikeluarkan di Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris ini sangatlah banyak dan kompleks.

Contoh materi yang sering keluar di Tes Potensi Akademik yaitu Sinonim, Antonim, Matematika Dasar, Logika Posisi, dan lain sebagainya. Sedangkan materi yang sering di Tes Bahasa Inggris yaitu Noun dan Pronoun, Derivation, Tenses, Passive Voice, Modal, Participle, Reading, dan lain sebagainya. Untuk melihat materi lainnya, anda bisa membacanya di Rangkuman Materi PKN STAN.

Yak, itulah jenis-jenis seleksi yang diujikan di penerimaan mahasiswa baru SPMB PKN STAN. Karena saingan anda di SPMB PKN STAN sangat banyak, maka persiapkan diri anda untuk menghadapi SPMB PKN STAN sebaik-baiknya. Belajar secara konsisten dan rajin mengerjakan soal-soal tahun sebelumnya. Dengan begitu, peluang anda untuk diterima di PKN STAN akan semakin besar. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Tes yang Diujikan di Penerimaan Mahasiwa Baru SPMB PKN STAN"