Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Jumlah Klik Iklan Adsense Sedikit (RKT Kecil) dan Cara Meningkatkannya

Penyebab Jumlah Klik Iklan Adsense Sedikit (RKT Kecil) dan Cara Meningkatkannya - Hallo sobat koplo, memiliki penghasilan tambahan dari blog adalah impian banyak orang. Salah satunya adalah melalui Google Adsense. Google Adsense adalah jenis iklan PPC (Pay Per Click). Artinya besarnya penghasilan yang akan kita dapatkan tergantung jumlah klik iklan yang didapatkan. Semakin banyak klik iklan yang terpasang pada blog kita, maka penghasilan yang akan kita dapatkan akan semakin besar.

Akan tetapi yang menjadi permasalahan, sering kali jumlah klik yang didapatkan sangat lah sedikit atau sering disebut dengan RKT Kecil. Apa itu RKT? Jadi RKT adalah Rasio Klik Tayang atau perbandingan klik yang didapatkan dengan jumlah tayangan iklan. Ketika RKT kecil, maka penghasilan yang didapatkan juga akan sedikit. Lalu apa yang menjadi penyebab klik Iklan adsense sedikit atau RKT Kecil? Dan bagaimana cara mengatasinya?
Penyebab Jumlah Klik Iklan Adsense Sedikit (RKT Kecil) dan Cara Meningkatkannya
Penyebab Jumlah Klik Iklan Adsense Sedikit (RKT Kecil) dan Cara Meningkatkannya

Penyebab Jumlah Klik Iklan Adsense Sedikit (RKT Kecil)

Sebenarnya tidak ada patokan berapa RKT yang normal. Akan tetapi, banyak blogger yang setuju dan mengatakan bahwa RKT normal adalah disekitaran 2% - 5%. Jika RKT dibawah 2%, hal tersebut dapat dikatakan RKT Kecil. Lalu apa penyebab jumlah klik Iklan Adsense Sedikit? Berikut adalah beberapa penyebab jumlah Klik iklan yang sedikit :

1. Terlalu sedikit memasang iklan
Salah satu penyebab RKT Kecil adalah jumlah iklan yang dipasang terlalu sedikit. Dikarenakan terlalu sedikit jumlah iklan yang ditayangkan, hal tersebut menyebabkan peluang iklan mendapatkan klik akan semakin kecil.

2. Penempatan iklan tidak tepat
Faktor lain yang menyebabkan jumlah klik iklan sedikit adalah penempatan iklan yang tidak tepat. Apabila iklan adsense dipasang pada tempat yang jarang dilihat oleh pengunjung (misalnya footer) maka sudah pasti iklan tersebut tidak akan mendapatkan klik yang banyak.

3. Memasang lazy load google adsense
Memasang lazy load pada iklan google adsense juga dapat menyebabkan jumlah klik yang didapatkan menurun. Jika anda belum paham apa itu lazy load, jadi lazy load adalah menahan iklan google adsense ditayangkan sebelum pengunjung melakukan scroll terhadap blog kita. Jadi ada delay yang cukup lama agar iklan kita ditayangkan. Hal tersebut menyebabkan pengunjung sudah meninggalkan halaman ketika iklan google adsense belum diload.

4. Loading template terlalu lama
Loading template terlalu lama juga bisa menjadi penyebab klik iklan yang didapatkan sedikit. Hal tersebut dikarenakan pengunjung akan meninggalkan blog kita dan mengunjungi blog lain yang loading template nya cepat. Hal tersebut berarti pengunjung mengunjungi  blog kita tanpa melakukan aktivitas apapun.

5. Jumlah pengunjung blog sedikit
Penyebab selanjutnya jumlah klik iklan yang sedikit adalah jumlah pengunjung blog kita yang masih minim. Karena jumlah pengunjung blog kita sedikit, maka kemungkinan terjadinya klik pada iklan juga sangat kecil.

6. Banyak iklan yang tidak relevan
Klik terhadap iklan yang tayang sangat terpengatuh dengan relevansi iklan yang tayang dengan artikal yang sedang dibuka. Jika iklan yang tayang tidak relevan dengan artikel yang sedang dibaca, maka peluang terjadinya klik juga semakin kecil.

7. Ukuran iklan tidak maksimal
Ketika memasang iklan adsensa, kita bisa mengatur berapa ukuran iklan yang ditayangkan. Klik iklan yang sedikit bisa juga disebabkan oleh ukuran iklan yang tidak tepat. Bisa jadi ukuran iklan yang tayang di blog anda terlalu kecil sehingga iklan tersebut tidak terlihat oleh pengunjung.

8. Niche Blog
Tema blog juga menjadi faktor penentu jumlah klik yang didapatkan. Di internet terdapat 2 macam pengunjung, yaitu pengunjung yang paham dengan internet dan pengunjung yang masih awam. Jika blog anda membahas tentang blogger, maka sudah pasti pengunjung blog anda sudah paham mana yang iklan dan mana yang iklan. Maka kemungkinan pengunjung mengeklik iklan semakin kecil.

9. Iklan tidak terlalu mencolok
Klik terhadap iklan yang kecil juga bisa disebabkan karena desain iklan yang ditampilkan tidak terlalu mencolok. Hal tersebut tentu tidak akan menarik perhatian pengunjung blog. Karena tidak tertarik, maka pengunjung blog hanya akan membaca artikel lalu pergi begitu saja tanpa mengeklik iklan yang tayang.

Yak itulah beberapa penyebab jumlah klik iklan adsense yang sedikit. Sekarang mari kita bahas cara meningkatkan jumlah klik iklan adsense pada blog kita.

Cara meningkatkan RKT atau jumlah klik iklan

Jika RKT atau jumlah klik iklan adsense anda sedikit, lalu bagaimana sih cara untuk meningkatnya? Upaya-upaya apa yang harus kita lakukan? Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan RKT :

1. Perbanyak jumlah iklan yang dipasang
Cara paling mudah untuk meningkatkan klik pada iklan adalah dengan cara memperbanyak iklan yang dipasang. Sebenarnya tidak ada aturan berapa maksimal iklan yang dipasang. Selama iklan tersebut tidak mengganggu pengunjung dalam membaca artikel, maka tidak menjadi masalah. Normalnya dalam suatu halaman itu terdapat kurang lebih 5 iklan yang tayang.

2. Perbaiki penempatan iklan
Penempatan iklan juga sangat berpengaruh terhadap klik yang didapat. Pasang iklan google adsense pada tempat yang strategis dan sering dilihat oleh pengunjung. Seperti di header, sidebar, dan bagian tengah artikel. Dengan begitu kemungkinan iklan mendapatkan klik akan semakin besar.

3. Jangan memasang lazy load pada iklan Google Adsense
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa memasang lazy load pada iklan google adsense menyebabkan adanya delay agar iklan dapat tayang. Dengan tidak memasang lazy load pada google adsense, iklan pada blog akan langsung tayang ketika pengunjung membuka blog anda.  Jadi dapat dipastikan bahwa pengunjung akan selalu melihat iklan anda dan berpotensi mendapatkan klik.

4. Percepat loading template
Kecepatan loading template juga berpengaruh terhadap klik yang akan anda dapatkan. Ketika template anda memiliki loading yang cepat, maka iklan anda juga akan tayang dengan cepat. Oleh karena itu, gunakanlah template yang memiliki kecepatan loading yang baik.

5. Perbanyak pengunjung blog
Pengunjung blog adalah penentu jumlah klik iklan yang anda dapat. Ketika pengunjung blog anda hanya sedikit, maka jumlah klik yang akan anda dapat pasti sedikit juga. Oleh karena itu, siilahkan anda tingkatkan pengunjung blog anda dengan cara memperbanyak artikel dan mempromosikan blog anda.

6. Blokir iklan yang tidak relevan
Sebagai publisher adsense, anda dapat melakukan pemblokiran terhadap iklan-iklan yang sekiranya tidak relevan dengan blog anda. Karena iklan yang tidak relevan akan sangat sulit untuk bisa mendapatkan klik. Jadi, silahkan anda blokir iklan-iklan yang tidak relevan dengan blog anda. 

Misalnya, blog anda membahas tent ang Cara memancing, tetapi jika iklan yang tayang adalah tutorial memasak ya sudah pasti tidak akan diklik iklan tersebut. Lain hal jika blog anda membahas tentang desain rumah, lalu iklan yang tampil adalah Ide desain kamar tidur, maka sudah pasti pengunjung akan tertarik untuk mengeklik iklan.

7. Memaksimalkan ukuran iklan
Ukuran iklan juga menjadi penentu apakah iklan tersebut akan diklik atau tidak. Daripada memasang iklan yang ukurannya sudah Fix, lebih baik anda memasang iklan responsif. Karena iklan responsif bisa menyesuaikan ukuran ketika blog anda dibuka diberbagai perangkat. Karena ukuran iklan yang tayang di perangkat laptop berbeda ukurannya dengan iklan yang tayang di HP. 

8. Niche untuk orang awam
Ketika anda membuat blog, kalau bisa buatlah blog dengan niche yang pengunjung nya adalah orang yang tidak terlalu paham dengan internet. Misal niche tentang burung. Biasanya yang suka burung itu adalah bapak-bapak yang tidak terlalu familiar dengan internet. Sehingga akan sulit membedakan mana yang iklan dan mana yang bukan iklan. Dengan begitu, kemungkinan mendapat klik akan semakin tinggi.

9. Buat desain iklan yang menarik perhatian
Ketika membuat sebuah unit iklan, anda dapat mendesain bagaimana iklan tersebut ketika ditayangkan. Seperti warna, layout, font, dan lain sebagainya. Jadi, ketika memdesain tampilan iklan, usahakan iklan tersebut dapat menarik perhatian. Ketika perhatian pengunjung sudah tertuju pada iklan, maka kemungkinan pengunjung akan mengeklik iklan tersebut.

Yak, cukup sampai disini dulu artikel saya kali ini tentang penyebab jumlah klik iklan google adsense sedikit dan cara meningkatkannya. Semoga dengan membaca artikel saya kali ini anda dapat melakukan perbaikan pada blog anda sehingga jumlah klik yang anda dapat meningkat. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Penyebab Jumlah Klik Iklan Adsense Sedikit (RKT Kecil) dan Cara Meningkatkannya"