Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Agar Kabel Charger dan Headset Tidak Cepat Rusak atau Putus

Tips Agar Kabel Charger dan Headset Tidak Cepat Rusak atau Putus - Hallo sobat koplo, Charger dan headset merupakan bagian dari Handphone yang sangat penting. Keduanya paling sering digunakan untuk mendukung performa Handphone anda. Karena paling sering digunakan, kabel charger dan headset pun menjadi gampang rusak atau putus. 

Bahkan, berdasarkan pengalaman saya sendiri, kabel headset itu paling lama bertahan kurang lebih 3 bulan saja. Setelah itu pasti mengalami kerusakan, entah itu putus, headset hanya bisa kedengeran sebelah, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara kita untuk merawat Kabel Charger dan Headset agar tidak cepat rusak? Tenang saja, pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara agar kabel Charger dan Headset tidak cepat rusak.
Tips Agar Kabel Charger dan Headset Tidak Cepat Rusak atau Putus
Tips Agar Kabel Charger dan Headset Tidak Cepat Rusak atau Putus

Cara agar kabel Charger dan Headset tidak cepat rusak

Karena terlalu banyak ganti kabel charger dan headset sebelumnya, akhirnya saya mencari cara agar kabel charger dan headset saya tidak cepat rusak. Dan akhirnya saya menemukannya. Cara yang paling simple agar kabel charger dan headset tidak cepat rusak adalah dengan memasang pelindung kabel pada charger atau headset anda.

Anda bisa membeli pelindung kabel ini di Shopee atau marketplace lainnya. Harganya pun sangat murah bahkan tidak sampai Rp10.000. Setelah itu, anda tinggal melilitkannya pada charger dan headset anda. Dengan begitu, charger dan headset anda akan lebih kuat dan tidak mudah rusak atau putus.
Perawatan agar kabel charger dan headset tidak cepat rusak
Tips Agar Kabel Charger dan Headset Tidak Cepat Rusak atau Putus
Contoh pelindung kabel

Tips Agar Kabel Charger dan Headset Tidak Cepat Rusak atau Putus
Kabel yang sudah dililit dengan pelindung kabel

Cara merawat Charger dan Headset anda biar awet

Selain memasang pelindung kabel pada charger dan headset anda, anda juga harus menjaga dan merawat kabel charger dan headset agar semakin awet. Berikut adalah cara untuk merawat kabel charger dan headset yang dapat anda lakukan :

1. Gulung kabel dengan rapi
Agar kabel charger dan headset anda awet, maka anda harus menyimpannya dengan benar. Setelah selesai menggunakan, anda bisa menggulung kabel charger dan headset anda. Ketika menggulung kabel, usahakan gulungannya tidak terlalu kecil agar kabel tidak tertekuk.

2. Tarik stekernya, bukan kabelnya
Ketika selesai menggunakan, maka anda pasti akan melepas charger atau headset anda. Yang harus diperhatikan ketika anda melepas charger atau headset adalah bagian yang anda tarik. Pastikan anda memegang dan menarik bagian steker kabel nya. Bukan pada kabel nya. Karena, jika anda menarik kabelnya, peluang kabel putus semakin besar.

3. Simpan kabel di tempat aman
Ketika selesai menggunakan, usahakan anda menyimpan charger dan headset anda ditempat yang aman. Akan lebih baik jika anda membeli tempat penyimpan headset dan charger. Harga nya tidak telalu mahal kok.

4. Hindari tekukan tajam pada kabel
Tekukan yang terlalu tajam dapat membuat tembaga yang ada didalam kabel terputus. Oleh karena itu, anda tidak boleh menekuk kabel anda terlalu tajam. Alangkah lebih baik jika kabel digulung saja.

5. Hindari menyimpan di tas atau di saku
Ketika anda ingin membawa charger dan headset anda, jangan menyimpan charger dan headser anda didalam tas atau saku dalam keadaan tidak digulung dengan benar. Charger atau headset yang langsung dimasukkan kedalam tas atau saku tanpa digulung terlebih dahulu pasti akan ruwet dan bisa putus.

6. Jangan menggunakan charger dan headset secara bersamaan
Hal ini pasti sering anda lakukan, yaitu mencharger HP sambil mendengarkan lagu atau menonton video menggunakan headset. Agar charget dan headset anda tetap awet dan tahan lama, usahakan anda menghindari hal tersebut. Karena arus listrik yang masuk dapat tidak stabil dan menyebabkan kerusakan kabel.

7. Jangan terlalu sering pasang copot charger atau headset
Ketika anda sedang mencharger Handphone anda, pastikan Handphone anda sudah benar-benar penuuh. Jangan terlalu sering untuk pasang copot charger atau headset anda. Hal itu akan menyebabkan slot charger atau headset anda menjadi kendor.

Yak, kira-kira seperti itulah cara agar kabel charger dan headset tidak mudah rusak atau putus. Dengan perawaran yang tepat, kabel charger atau headset sebenarnya bisa digunakan bertahun-tahun.  Akan tetapi kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan perawaran kabel charger dan headset mereka sehinga cepat rusak. Semoga dengan membaca artikel saya kali ini, kabel charger dan headset anda jadi lebih awet. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Tips Agar Kabel Charger dan Headset Tidak Cepat Rusak atau Putus"