Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Cek Broken Link atau Link Mati yang Ada di Blog dan Cara Mengatasinya

Cara Cek Broken Link atau Link Mati yang Ada di Blog dan Cara Mengatasinya - Hallo sobat Blogger, ketika sedang mencari sesuatu di Internet, pernahkah anda menjumpai blog atau website yang linknya sudah tidak bisa diakses atau dikunjungi. Entah itu karena artikel nya sudah di hapus atau penyebab yang lainnya. Hal tersebut tentu akan membuat anda jengkel dan pasti akan langsung meninggalkan blog tersebut. Bahkan tidak mau mengunjunginya lagi.

Berdasarkan hal diatas, anda sebagai pemilik blog juga harus menjaga blog anda agar tidak terdapat link yang tidak bisa diakses atau link mati. Karena broken link atau link mati akan sangat berpengaruh terhadap seo blog anda. Untuk menjaga performa blog anda tetap bagus, maka anda harus mengecek secara rutin apalah di blog anda terdapat link mati atau tidak.
Cara Cek Broken Link atau Link Mati yang Ada di Blog dan Cara Mengatasinya
Cara Cek Broken Link atau Link Mati yang Ada di Blog dan Cara Mengatasinya

Apa itu broken link pada suatu blog?

Sebelum membahas bagaimana cara untuk mengatasi broken link yang ada di blog, alangkah lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan broken link. 

Jadi broken link dalam suatu blog adalah link yang pada awalnya bisa diakses dan mengarah ke suatu halaman, akan tetapi pada saat ini link tersebut sudah tidak bisa diakses. Biasanya broken link ini ditandai dengan munculnya halaman 404 Not Found.

Penyebab terjadinya Broken Link

Agar dapat menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan adanya broken link di blog anda, alangkah lebih baik jika anda sebagai pemiliki blog mengetahui apa saja penyebab adanya broken link di suatu blog. Agar anda bisa lebih berhati-hati dalam mengelola blog sehingga terjadinya broken link dapat di minimalisir. Berikut adalah beberapa penyebab broken link :

1. Halaman yang sebelumnya ada tetapi sudah dihapus pada saat ini
2. Terjadi kesalahan penulisan atau typo pada saat menulis link
3. Terdapat perubahan domain
4. Terjadi perubahan direktori web (terutama jika anda memakai wrodpress)
5. Perubahan pengaturan pada DNS
6. Adanya perubahan pada URL yang dituju

Diatas adalah beberapa penyebab dari broken link. Lalu bagaimana cara untuk mengecek adanya broken link di blog kita?

Cara Cek Broken Link atau Link Mati yang Ada di Blog

Bagaimana cara untuk mengecek broken link atau link mati yang ada di blog kita dengan mudah? Karena, jika kita harus mengeceknya secara manual itu akan memakan waktu yang sangat lama. Apalagi bagi anda yang blognya sudah memiliki banyak artikel yang diterbitkan.

Mengenai hal tersebut anda tidak perlu khawatir, karena terdapat tools yang dapat anda gunakan untuk mengecek adanya broken link atau link mati diblog anda. Dan tools ini gratis. Berikut adalah tutorialnya :

1. Pertama, silahkan kunjungi Online Broken Link Checker
2. Setelah itu, silahkan ketikan alamat blog yang ingin anda cek broken link nya, kemudian klik Find broken Links
Cara Cek Broken Link atau Link Mati yang Ada di Blog dan Cara Mengatasinya
Ketikkan domain blog yang ingin dicek broken linknya

3. Setelah itu, silahkan anda isi security code dan pilih Report all occurrences of each dead link, kemudian klik Find broken Links now!
Cara Cek Broken Link atau Link Mati yang Ada di Blog dan Cara Mengatasinya
Fing broken link now

4. Setelah itu, silahkan anda tunggu beberapa saat sampai proses pengecekan selesai
5. Setelah selesai, maka akan ditampilkan daftar broken link yang ada di Blog anda. Di blog saya sendiri ternyata juga terdapat broken link yang harus diperbaiki.
Cara Cek Broken Link atau Link Mati yang Ada di Blog dan Cara Mengatasinya
Broken link ditemukan

Cara memperbaiki broken link yang ada di blog

Jika berdasarkan hasil pengecekan diblog anda masih terdapat broken link. Maka anda harus segera memperbaikinya, karena jika terus dibiarkan itu akan memberikan dampak yang buruk bagi blog anda. Cara memperbaikinya adalah sebagai berikut.

1. Pada hasil pencarian, silahkan anda lihat pada bagian Page where found, disitu terdapat url dimana broken link tersebut anda
2. Silahkan anda klik URL untuk menuju ke halaman yang terdapat broken link
Cara Cek Broken Link atau Link Mati yang Ada di Blog dan Cara Mengatasinya
Masuk ke page where found

3. Setelah mengetahui dimana letak broken link nya, silahkan anda buka dashboad blog dan hapus atau perbarui broken link tersebut.
Cara Cek Broken Link atau Link Mati yang Ada di Blog dan Cara Mengatasinya
Sunting halaman yang terdapat broken link

4. Lakuan cara diatas ke seluruh broken link yang ada satu-per satu.

Bahaya dan efek negatif adanya broken link di blog

Meskipun terlihat seperti hal yang sepele, akan tetapi broken link ini memiliki efek yang sangat besar bagi suatu blog. Berikut adalah beberapa bahaya dan efek negatif adanya broken link di blog anda.

1. Blog dipandang buruk oleh Google
Salah satu dampak yang paling signifikan jika blog anda terdapat banyak broken link adalah blog anda akan dipandang buruk oleh Google. Karena google beranggapan bahwa blog tersebut sudah tidak dirawat dengan baik.

Efeknya jika berkelanjutan adalah nilai SEO blog anda akan semakin menurun dan blog anda akan sulit bersaing untuk mendapatkan peringkat atas di hasil pencarian google.

2. Merusak kepercayaan pengunjung
Bagi seorang blogger, pengunjung blog merupakan segalanya. Karena blog tanpa pengunjung tidak akan menghasilkan apa-apa. Oleh karena itu, sebagai seorang blogger kita harus memberikan yang terbaik kepada pengunjung. Jangan sampai pengunjung merasa kecewa karena artikel yang seharusnya dia baca sudah tidak bisa diakses atau broken link.

Jika hal tersebut sering terjadi, maka pengunjung tersebut lama-lama tidak akan percaya lagi dengan blog anda dan tidak mau lagi untuk mengunjungi.

3. Trafik blog akan menurun drastis
Bahaya dari adanya broken link di blog kita yang terakhir dan paling mengerikan adalah trafik blog akan menurun secara drastis. Jika blog ada sudah kehilangan pamor dimata google dan sulit untuk bersaing di halaman pencarian, ditambah lagi kepercayaan pengunjung yang sudah hilang, maka sudah dapat dipastikan trafik blog akan menurun.

Jika trafik blog menurun, tentu kita sebagai pemilik blog akan merasa risau dan mulai kehilangan semangat untuk menulis sebuah artikel. Dan hal tersebut merupakan titik kegagalan seorang blogger.

Yak, kira-kira seperti itulah pembahasan saya kali ini mengenai broken link yang ada diblog. Meskipun terlihat sepele, nyatanya broken link memiliki peran yang sangat vital bagi suatu blog. Untuk itu, diharapkan anda sebagai pemilik blog selalu mengeceknya secara berkala. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Broken Link atau Link Mati yang Ada di Blog dan Cara Mengatasinya"

close