Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Cek Kekuatan Kata Sandi (Password) Apakah Mudah Dibobol atau Tidak

Cara Cek Kekuatan Kata Sandi (Password) Apakah Mudah Dibobol atau Tidak - Hallo sobat koplo, kata sandi atau password merupakan hal yang sangat penting dan harus kita jaga kerahasiaannya. Orang lain tidak boleh mengetahui apa kata sandi atau password dari akun kita. Karena jika orang lain mengetahui kata sandi dari akun kita, maka akun kita dapat dibuka oleh orang lain.

Sebagai pemilik akun, kita juga harus memperhatikan setiap password yang kita buat. Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai tips bagaimana cara untuk membuat password yang kuat dan aman. Selain menggunakan tips yang saya jelaskan pada artikel tersebut, untuk menambah keamanan dari password yang dibuat, anda juga harus mengecek kekuatan password menggunakan beberapa tools berikut ini.
Cara Cek Kekuatan Kata Sandi (Password) Apakah Mudah Dibobol atau Tidak
Cara Cek Kekuatan Kata Sandi (Password) Apakah Mudah Dibobol atau Tidak

Cara Cek Kekuatan Kata Sandi (Password) Apakah Mudah Dibobol atau Tidak

Memiliki password yang kuat dan aman adalah sebuah kewajiban bagi orang yang memiliki akun di Internet. Baik itu akun Google, Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Dengan kata sandi (password) yang kuat, keamanan dari akun kita pasti menjadi lebih tinggi.
 
Dalam membaut kata sandi, selain menggunakan tips yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, tidak ada salahnya jika anda juga mengecek kekuatan password anda dengan beberapa tools berikut ini. 

1. NordPass Secure Password

Tool pengecek kekuatan password pertama yang dapat anda gunakan adalah Nordpass Secure Password. Berikut adalah cara menggunakan Nordpass Secure Password untuk mengecek kekuatan password yang kita buat :

1. Pertama silahkan anda buka halaman Nordpass Secure Password, setelah itu silahkan anda klik No, use online strength checker  
Cara Cek Kekuatan Kata Sandi (Password) Apakah Mudah Dibobol atau Tidak
Use online strength checker

2. Setelah itu, silahkan anda ketikan password yang ingin anda gunakan, maka Nordpass akan memperhitungkan kekuatan password yang anda buat
Cara Cek Kekuatan Kata Sandi (Password) Apakah Mudah Dibobol atau Tidak
Ketikkan password yang ingin di cek kekuarannya

3. Terdapat 3 indikator yang diberikan oleh NordPass yaitu :
Weak : Indikator yang menunjukkan kekuatan password anda lemah
Moderate : Indikator yang menunjukkan kekuatan password anda sedang
Strong : Indikator yang menunjukkan kekuatan password anda strong

4. Agar bisa mencapai indikator strong, ada beberapa komponen password yang harus dipenuhi menurut Nordpass, diantaranya :
-Password minimal terdiri dari 12 karakter
-Terdapat huruf besar (kapital) dan huruf kecil
-Terdapat symbol
-Terdapat angka

2. UIC Passsword Strength Test

Tools kedua yang dapat anda gunakan untuk mengecek kekuatan password adalah UIC Password Strength Test. Cara untuk menggunakan tools ini cukup mudah, berikut adalah tutorialnya :

1. Silahkan anda buka halaman UIC Password Strength Test 
2. Setelah itu, silahkan anda ketikan password anda pada tempat yang telah disediakan. Kemudian Tools UIC Password Strength Test akan menghitung kekuatan password anda.
Cara Cek Kekuatan Kata Sandi (Password) Apakah Mudah Dibobol atau Tidak
Ketikkan password yang ingin di cek kekuatannya

3. Terdapat 4 indikator kekuatan password yang diberikan oleh tools UIC Password Strength Test, yaitu :
Very Weak : Indikator yang menunjukkan kekuatan password anda sangat lemah
Weak : Indikator yang menunjukkan kekuatan password anda lemah
Strong : Indikator yang menunjukkan kekuatan password anda kuat
Very Strong : Indikator yang menunjukkan kekuatan password anda sangat kuat

Hal yang harus diperhatikan ketika megecek kekuatan password menggunakan Tools

Mengecek kekuatan password dengan menggunakan Tools ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat password yang telah kita buat. Meskipun demikian, terdapat beberapa hal yang tetap harus anda perhatikan ketika mengecek kekuatan password dengan menggunakan Tools. Berikut adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika menggunakan tools pengecek kekuatan password :

1. Jangan masukkan password yang sama persis dengan yang ingin anda pakai
Ketika anda mengecek kekuatan password menggunakan tools yang saya sebutkan diatas, password yang anda ketikkan pastikan bukanlah password yang sama persis dengan yang ingin anda pakai. Akan tetapi gunakanlah password dengan format yang serupa dan mirip dengan yang ingin anda pakai.

Misalnya : Anda ingin menggunakan password @BurungDara2021@, ketika melakukan pengecekan kekuatan password di tools, anda bisa mengeceknya dengan password yang memiliki format yang sama, misalnya @AyamKalkun2023@. Hal tersebut bertujuan agar password anda benar-benar rahasia.

2. Gunakan lebih dari 1 tools
Untuk memastikan password yang ingin anda gunakan benar-benar aman, maka anda bisa juga untuk melakukan pengecekan menggunakan lebih dari 1 tools. Anda bisa mengeceknya menggunakan 2 atau 3 tools yang berbeda. Dengan demikian password yang dihasilkan akan memiliki kekuatan yang tinggi.

Semakin tinggi kekuatan password yang kita buat. Itu akan meningkatkan keamanan dari akun-akun kita. Sehingga akun kita tidak akan mudah untuk dibobol atau dihack oleh orang lain.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengecek kekuatan password yang akan akan kita gunakan. Bagaimana, cukup mudah sekali bukan cara untuk mengeceknya. Jadi, setelah dilakukan pengecekan menggunakan tools tersebut, password anda sudah memiliki kekuatan yang tinggi? Jika belum, maka anda harus segera menggantinya. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Kekuatan Kata Sandi (Password) Apakah Mudah Dibobol atau Tidak"

close