Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Copy Tabel dari Excel ke Word Agar Rapi dan Tidak Berantakan

Cara Copy Tabel dari Excel ke Word Agar Rapi dan Tidak Berantakan - Hallo sobat koplo, ketika sedang berbicara tentang microsoft excel, pasti sangat identik sekali dengan sebuah tabel. Karena memang dengan menggunakan microsoft excel kita bisa membuat tabel dengan lebih mudah dan cepat. Akan tetapi, karena suatu alasan tertentu, terkadang kita perlu memindahkan tabel yang ada di excel ke word. Misalnya untuk kepentingan membuat laporan.

Ketika memindahkan tabel dari excel ke word, tidak jarang kita mendapati tabel yang kita pindahkan tersebut sangat berantakan dan tidak rapi. Entah itu kebesaran, kekecilan, atau yang lainnya. Hal tersebut bisa dikarenakan anda salah dalam proses pemindahan atau copy paste tabel dari excel ke word. Lalu bagaimana cara untuk memindahkan tabel dari excel ke word yang benar agar hasilnya rapi dan tidak berantakan?
Cara Copy Tabel dari Excel ke Word Agar Rapi dan Tidak Berantakan
Cara Copy Tabel dari Excel ke Word Agar Rapi dan Tidak Berantakan

Cara memindahkan tabel dari Excel ke Word agar tidak berantakan

Karena di microsoft excel kita dapat membuat tabel dengan sangat mudah, terkadang sering kali tabel yang kita buat memiliki komponen-komponen yang begitu banyak. Sehingga ketika kita memindahkan tabelnya ke Word, tapil tersebut akan berantakan atau tidak rapi.

Untuk mendapatkan hasil copy yang rapi dan tidak berantakan, maka diperlukan beberapa cara khusus untuk memindahkannya. Berikut adalah cara untuk memindahkan tabel dari excel ke word agar tidak berantakan :

CARA PERTAMA : Memanfaatkan paste option

Ketika memindakan tabel dari Excel ke Word, anda harus memperhatikan jenis paste yang anda gunakan. Dikarenakan terdapat 6 jenis paste yang dapat anda gunakan dan masing-masing paste memiliki fungsi yang berbeda-beda. Cara menggunakannya yaitu dengan cara klik kanan pada halaman word, kemudian pilih Paste option. Berikut adalah penjelasannya.
Cara Copy Tabel dari Excel ke Word Agar Rapi dan Tidak Berantakan
Paste options

1. Keep Source Formatting  (Alt + H + V + K)
Jenis paste yang pertama adalah Keep Source Formatting. Paste ini berfungsi untuk memindahkan tabel dari excel ke word dengan format yang sama persis, seperti ukuran tabel, warna, font, dan lain sebagainya. Biasanya jika data didalam tabel cukup panjang dan anda menggunakan paste jenis ini, tabel anda akan terpotong.

2. Use Destination Style (Alt + H + V + S)
Dengan menggunakan paste jenis ini, tabel yang anda pindahkan dari Excel ke Word akan disesuaikan dengan tampilan standar dari microsoft word. Jadi, Jika tabel anda di Excel terdapat warna atau format tertentu, ketika dipaste dengan jenis ini, warna tersebut akan hilang. Keuntungannya, meskipun tampilan tabel menjadi polos, tabel yang dihasilkan di word akan rapi dan sudah disesuaikan dengan ukuran kertas di Word.

3. Link & Keep Source Formating ( Alt + H + V + F)
Paste jenis ini pada dasarkan sama dengan jenis paste Keep Source Formatting. Yang membedakan hanya ada opsi Link. Apa maksud dari opsi Link ini? Jadi dengan opsi Link ini, tabel anda berada diword akan terhubung dengan tabel yang anda di Excel. Jadi, ketika anda mengupdate data tabel di Excel, tabel yang ada di Word juga akan berubah.

4. Link & Use Destination Style (Alt + H + V + L)
Paste jenis ini pada dasarnya sama dengan paste Use Destination Style akan tetapi ditambah dengan fitur link. Jadi tabel yang ada di word juga akan berubah jika anda melakukan perubahan terhadap tabel yang anda di excel.

5.  Picture
Kemudian jenis paste yang berikutnya adalah paste picture. Jadi tabel yang anda copy dari excel akan diconvert menjadi gambar ketika di Word. Jadi tampilannya akan sama persis dengan yang ada di excel. Akan tetapi kelemahannya, dikarenakan sudah diconvert menjadi gambar, tabel ini sudah tidak bisa di ubah lagi.

6. Keep text only
Pada paste jenis ini, tabel dari Excel akan diconvert menjadi text saja. Artinya tidak ada garis, warna atau format lainnya.
Cara Copy Tabel dari Excel ke Word Agar Rapi dan Tidak Berantakan
Demo jenis-jenis paste

Dari 6 jenis paste diatas, silahkan anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Jika saya sendiri seringnya menggunakan paste jenis Use Destination Style atau Link & Use Destination Style. 

Hal tersebut dikarenakan pada paste jenis ini, ukuran tabel akan menjadi ringan karena format disesuaikan dengan word, tetapi hasilnya tetapi rapi. Selain itu, juga terdapat fitur link yang memungkinkan tabel terupdate jika tabel yang di excel terdapat perubahan.

Akan tetapi jika tabel tersebut sudah benar-benar fix dan dapat dipastikan tidak akan ada perubahan lagi, anda bisa menggunakan format jenis picture. Agar hasil nya sama persis dengan tampilan yang ada di excel.

CARA KEDUA : Menggunakan paste spesial

Selain menggunakan cara yang pertama, anda juga dapat menggunakan Paste Spesial untuk memindahkan tabel dari Excel ke Word. Tabel yang dipaste menggunakan paste spesial akan berbentuk objek sehingga tampilan tabel akan sama seperti yang ada di excel. Berikut adalah tutorialnya.

1. Pertama, silahkan anda copy tabel anda diexcel
2. Kemudian, pada ms. Word, silahkan anda masuk ke Home -> Paste -> Paste Spesial
Cara Copy Tabel dari Excel ke Word Agar Rapi dan Tidak Berantakan
Klik paste, lalu pilih yang paste spesial

3. Pada paste spesial, silahkan anda pilih microsoft excel worksheet object
Cara Copy Tabel dari Excel ke Word Agar Rapi dan Tidak Berantakan
Pilih microsoft excel worksheet object

4. Setelah itu klik OK
Cara Copy Tabel dari Excel ke Word Agar Rapi dan Tidak Berantakan
Paste spesial

CARA KETIGA : Menggunakan fitur AutoFit

Langkah terakhir yang harus di lakukan untuk merapikan tabel anda adalah menggunakan fitur AutoFit. Apabila tabel yang anda paste menggunakan cara pertama atau cara kedua masih terlalu lebar, maka silahkan gunakan fitur auto fit. Maka secara otomatis, lebar dari tabel anda akan disesuaikan dengan ukuran kertas ms. Word. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan anda blok atau seleksi tabel hasil copy di ms. Word
Cara Copy Tabel dari Excel ke Word Agar Rapi dan Tidak Berantakan
Blok atau seleksi tabel

2. Setelah itu silahkan klik Table Tools -> Layout -> Autofit -> Autofit Content
Cara Copy Tabel dari Excel ke Word Agar Rapi dan Tidak Berantakan
Klik autofit content

3. Maka secara otomatis lebar tabel anda akan disesuaikan dengan ukuran kertas ms. Word. Akan tetapi terkadang ukuran masing-masing kolom sedikit berantakan, jadi silahkan untuk merapikannya secara menual dengan cara menggeser-geser lebar kolomnya.
Cara Copy Tabel dari Excel ke Word Agar Rapi dan Tidak Berantakan
Ukuran tabel akan otomatis disesuaikan dengan kertas word

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk copy tabel dari excel ke word agar hasilnya rapi dan tidak berantakan. Copy tabel dari excel ke word ini memang menjadi permasalahan bagi banyak orang karena hasilnya selalu tidak rapi. Semoga dengan membaca artikel ini, anda sudah dapat copy tabel dengan benar. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Cara Copy Tabel dari Excel ke Word Agar Rapi dan Tidak Berantakan"

close