Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Enter Di Excel Untuk Membuat Baris Baru di Dalam 1 Cell (Line Break)

Cara Enter Di Excel Untuk Membuat Baris Baru di Dalam 1 Cell (Line Break) - Hallo sobat Koplo, ketika sedang mengolah data di Excel, pernahkah anda ingin melakukan enter atau menuliskan lebih dari dua baris pada cell yang sama? Saat pertama kali mengolah data di Excel, saya juga mengalami kebingungan ketika ingin menulis 2 baris didalam 1 Cell. Karena ketika saya menekan tombol enter, maka secara otomatis cell akan berpindah ke cell dibawahnya. 

Hal tersebut membuat saya berfikir apakah di Excel memang tidak bisa untuk melakukan hal tersebut. Akan tetapi, saya berpikir tidak mungkin sofware sekelas excel tidak bisa melakukan hal seperti itu. Setelah mencari-cari, akhirnya saya menemukan cara untuk melakukan membuat baris baru didalam 1 cell di Excell.
Cara Enter Di Excel Untuk Membuat Baris Baru di Dalam 1 Cell (Line Break)
Cara Enter Di Excel Untuk Membuat Baris Baru di Dalam 1 Cell (Line Break)

Cara membuat baris baru di Excel dalam 1 cell

Saya yakin, bahwa tidak saya sendiri yang mengalami kebingungan tersebut. Pasti anda juga pernah mengalami nya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara untuk melakukan enter atau membuat baris baru dalam 1 cell di Excell.

Ternyata, caranya itu sangat mudah sekali. Mungkin jika anda mengetahuinya anda akan berpikir “owh, Cuma seperti itu caranya”. Hal ini memang terlihat sangat sepele, tetapi belum banyak orang yang mengetahuinya. Berikut adalah tutorialnya.

CARA PERTAMA : Menggunakan kombinasi ALT + Enter

Sebenarnya cara untuk melakkan enter atau membuat baris baru didalam 1 cell sangat mudah. Jika anda menekan tombol Enter saja, maka cell akan berpindah ke cell bawahnya. Akan tetapi jika anda menekan tombol ALT + Enter secara bersamaan, maka akan terbuat baris baru didalam cell tersebut.
Untuk penjelasan lengkap nya kira-kira seperti ini :

1. Silahkan buka Excel anda
2. Silahkan tulis kalimat untuk baris pertama
3. Setelah itu, silahkan tekan ALT + Enter
4. Maka, akan terbuat baris yang kedua didalam 1 Cell, Silahkan anda tulis kalimat kedua
5. Jika anda ingin menambah baris lagi, silahkan tekan ALT + Enter lagi
6 Begitu seterusnya.
Cara Enter Di Excel Untuk Membuat Baris Baru di Dalam 1 Cell (Line Break)
Meneken ALT + Enter secara bersamaan

CARA KEDUA : Menggunakan rumus CHAR(10)

Selain menggunakan kombinasi ALT + Enter secara bersamaan, anda juga bisa menggunakan rumus CHAR(10). Dengan rumus CHAR(10) anda bisa membuat baris baru yang berisi gabungan kata dari beberapa cell. Rumus penggunaannya pun sangat mudah yaitu :
Pola Rumus
= Cell 1 & CHAR(10) & Cell 2 & CHAR(10) & Cell 3

Contoh penggunaan
=B2&CHAR(10)&C2&CHAR(10)&D2
Ketika anda menggunakan rumus tersebut, maka teks dalam cell yang berbeda akan tergabung menjadi 1 kedalam cell yang anda tulis rumusnya tersebut. Jika sudah bergabung, anda bisa melakukan Wrap text, maka cell tersebut akan secara otomatis membentuk baris baru.
Cara Enter Di Excel Untuk Membuat Baris Baru di Dalam 1 Cell (Line Break)
Menggunakan rumus Char(10)

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk melakukan enter atau membuat baris baru didalam 1 cell microsoft excel. Bagaimana, cukup mudah sekali bukan cara untuk melakukannya. Meskipun cukup mudah akan tetapi cara ini masih belum banyak orang mengetahuinya. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Cara Enter Di Excel Untuk Membuat Baris Baru di Dalam 1 Cell (Line Break)"

close