Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menambah atau Memasang Watermark Otomatis pada Setiap Video Youtube

Cara Menambah Watermark Otomatis pada Setiap Video Youtube - Hallo sobat koplo, bagi seorang youtuber, video yang diupload pada channel youtube merupakan aset yang sangat berharga. Semua youtuber pasti akan membuat video-video yang berkualitas dan berbeda dari channel lainnya. Sebagai seorang Youtuber, anda pasti akan sangat marah dan kesal jika video yang anda buat dengan susah payah di reupload oleh channel orang lain tanpa sepengetahuan anda.

Dalam dunia youtuber, reupload sama saja dengan mencuri aset orang lain. Jadi apabila terdapat video anda yang direupload oleh orang lain, bisa dikatakan bahwa video anda tersebut sudah dicuri oleh orang. Untuk menghindari hal tersebut, maka anda harus memberikan watermark pada video yang anda upload di Youtube. Apakah anda sudah mengetahui jika di youtube sudah terdapat fitur untuk membuat watermark secara otomatis? Jika anda belum mengetahuinya, silahkan baca artikel saya berikut ini.
Cara Menambah atau Memasang Watermark Otomatis pada Setiap Video Youtube
Cara Menambah atau Memasang Watermark Otomatis pada Setiap Video Youtube

Apa yang dimaksud dengan Watermark di Video Youtube?

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghindari agar video atau konten pada youtube kita tidak direupload oleh orang lain adalah dengan memberikan Watermark pada video setiap video yang kita unggah di Youtube.

Apa yang dimaksud dengan Watermark? Jadi, watermark adalah logo, gambar, atau tulisan yang terdapat pada sebuah video yang berfungsi sebagai penanda bahwa video tersebut adalah video dari channel kita. Jadi ketika seseorang melihat watermark anda pada suatu video, maka orang tersebut akan langsung mengetahui bahwa video tersebut berasal dari konten anda.

Terdapat 2 cara untuk memasang Watermark pada video Youtube, yang pertama adalah anda menambahkan manual pada saat mengedit video. Dan cara yang kedua adalah dengan menggunakan fitur watermark otomatis yang sudah disediakan oleh youtube.

Pasti akan sangat ribet jika kita harus menambahkan watermark secara manual pada seluruh video yang kita upload pada channel kita. Selain tidak efisien, hal tersebut juga akan memakan banyak waktu. Jadi pada artikel kali ini, saya akan membagikan bagaimana cara untuk memasang watermark otomatis pada video youtube kita.

Cara memasang watermark otomatis pada video youtube

Tahukah kalian jika youtube sudah menyediakan fitur untuk menambahkan watermark secara otomatis pada seluruh video di channel anda, jadi anda sudah tidak harus memasang watermark satu per satu pada video yang ingin anda upload.

Fitur ini sangat membantu banyak youtuber karena mereka menjadi lebih mudah dalam memberikan watermark pada video youtube mereka. Berikut adalah tutorialnya.

1. Pertama, silahkan anda siapkan logo, gambar, atau tulisan yang ingin anda jadikan sebagai watermark video anda. Lebih baik anda menggunakan logo channel anda sebagai yang menjadi watermark.
Contoh gambar watermark

2. Setelah itu, silahkan anda masuk ke Studio Youtube anda
Cara Menambah atau Memasang Watermark Otomatis pada Setiap Video Youtube
Masuk ke Youtube Studio

3. Setelah itu, silahkan anda masuk ke menu penyesuaian channel, kemudian klik branding
Cara Menambah atau Memasang Watermark Otomatis pada Setiap Video Youtube
Masuk ke penyesuaian channel

4. Pada menu branding, silahkan anda scroll kebawah sampai ke menu Watermark Video. Silahkan anda klik Upload untuk menambahkan gambar yang ingin anda jadikan sebagai watermark video anda.
Cara Menambah atau Memasang Watermark Otomatis pada Setiap Video Youtube
Tekan upload

Cara Menambah atau Memasang Watermark Otomatis pada Setiap Video Youtube
Gambar yang ingin dijadikan watermark

5. Setelah watermark sudah terupload, silahkan anda setting waktu tampil dari watermark video anda. Disini saya menyarankan untuk menampilkan watermark pada keseluruhan video agar watermark anda terlihat terus dari awal video hingga akhir video.
Cara Menambah atau Memasang Watermark Otomatis pada Setiap Video Youtube
Tampilkan watermark pada keseluruhan video

6. Setelah itu, silahkan anda klik publikasikan untuk memasang watermark anda.
Cara Menambah atau Memasang Watermark Otomatis pada Setiap Video Youtube
Klik publikasikan untuk memasang watermark

7. Setelah itu, silahkan anda cek pada semua video anda, maka secara otomatis watermark anda akan terpasang semuanya. Letak watermark video berada di pojok kanan bawah dari Video anda.
Cara Menambah atau Memasang Watermark Otomatis pada Setiap Video Youtube
Watermark sudah terpasang pada setiap video anda

Manfaat memasang watermark pada Video Youtube

Sebagai seorang Youtuber, maka anda wajib memasang watermark pada setiap Video anda. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Karena terdapat banyak sekali manfaat jika anda memasang watermark pada video anda. Berikut adalah manfaat dari memasang watermark pada setiap video yang anda upload di youtube.

1. Sebagai hak cipta dari channel anda
Watermark merupakan gambar atau logo yang terdapat pada channel anda. Apabila didalam suatu video terdapat watermark, hal tersebut berarti video tersebut dimiliki atau hak ciptanya oleh pemilik watermark tersebut. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang youtuber untuk memasang watermark agar video nya tidak dicuri atau diclaim oleh orang lain.

2. Mencegah reupload oleh orang lain
Ketika anda memasang watermark pada setiap video anda, maka gambar logo dari channel anda akan selalu terlihat pada video anda upload. Hal tersebut tentu akan mengecilkan kemungkinan reploader untuk mencuri video anda. Dikarenakan, rata-rata reuploader akan mencari video yang tidak ada watermark nya.

3. Dapat menambah subsriber anda dengan cepat
Jika anda memasang watermark otomatis yang disediakan oleh youtube, maka ketika penonton anda mengarahkan kursor mereka ke arah watermark, maka penonton akan disuguhi dengan tombol subscribe pada channel anda. Jadi kemungkinan bertambahnya subscriber jika anda memasang watermark akan sangat besar.

4. Sarana promosi gratis channel anda
Memasang watermark pada video anda berarti anda melekatkan logo channel pada setiap video yang anda upload. Jika ada orang lain yang membagikan video anda, maka secara otomatis channel anda secara otomatis akan terpromosikan juga. Dengan begitu, popularitas channel anda akan meningkat.

Yak, kira-kira seperti itulah penjelasan saya mengenai cara memasang watermark otomatis pada video youtube dan manfaat watermark bagi seorang youtuber. Dengan memasang watermark, anda akan memperoleh banyak sekali manfaat dan channel anda akan lebih cepat untuk berkembang. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Cara Menambah atau Memasang Watermark Otomatis pada Setiap Video Youtube"