Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda

Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda - Hallo sobat Blogger, dahulu berita diedarkan hanya melalui saluran televisi, radio, atau koran. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, berita dapat kita akses memalui smartphone kita. Hal tersebut dikarenakan sudah banyak media-media dan website-website besar yang menulis berita pada web mereka.

Berkaitan dengan itu, pada akhirnya google membuat layanan baru yang dinamai dengan Google News. Dengan Google News, pengguna akan lebih mudah untuk mencari berita di Internet dikarenakan sudah tersedia suatu wadah bagi artikel-artikel berita. Jadi artikel artikel yang akan muncul tidak akan tercampur dengan jenis artikel lainnya.
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda

Apa itu Google News?

Sesuai dengan namanya, Google News atau Google Berita merupakan layanan dari Google yang berfokus dalam memuat konten-konten berita dari berbagai blog atau website yang sudah terdaftar di Google News.

Google News merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google. Artinya semua blog atau website bisa didaftarkan ke Google News selagi memenuhi syarat dan ketentuan layanan dari Google News.

Jika anda adalah pemilik sebuah blog atau website, maka anda harus mencoba untuk mendaftarkan blog anda ke Google News, hal tersebut dikarenakan blog anda akan menerima banyak sekali manfaat dari Google News dan hal tersebut akan membantu blog anda agar berkembang lebih cepat.

Manfaat mendaftarkan blog ke Google News

Akan sangat rugi jika anda sebagai pemiliki blog tidak mendaftarkan blog atau website anda ke Google News. Dikarenakan Google News merupakan layanan gratis dari Google yang sudah memiliki banyak pengguna di berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu anda harus mendaftarkan blog atau website anda ke Google News, berikut adalah beberapa manfaat ketika anda mendaftar Google News.

1. Artikel lebih cepat terindek oleh Google

Seperti yang sudah ketahui, bahwa berita itu harus up to date setiap saat. Dikarenakan pasti ada berita baru yang terjadi di setiap waktunya. Oleh karena itu, sebuah artikel berita harus cepat di Indeks oleh pihak google.

Dengan mendaftarkan blog ke Google News, maka mau tidak mau Google harus mengindeks artikel lebih cepat dari biasanya. Hal tersebut agar berita yang anda buat bisa tayang secepat mungkin di Google Pencarian.

2. Bertambahnya pengunjung blog

Dengan mendaftarkan blog di Google News, berarti blog atau website akan mendapatkan pengunjung dari 2 sumber yaitu Google Penelusuran dan Google News. Ditambah dengan index yang lebih cepat, hal tersebut akan membuat artikel lebih cepat muncul di pencarian Google.

Selain itu, jika blog sudah didaftarkan di Google News, artikel-artikel yang sudah diterbitkan akan diprioritaskan untuk menempati peringkat awal hasil penelusuran google. Hal tersebut membuat pengunjung akan lebih mudah menemukan artikel yang sudah anda terbitkan.

3. Artikel lebih mudah masuk di halaman pertama google (page one)

Apalah arti sebuah berita jika berita tersebut tidak berada di posisi pertama hasil pencarian google. Maka sudah dapat dipastikan bahwa berita tersebut tidak akan dibaca oleh pengunjung. 
Oleh sebab itu, google akan memprioritaskan blog atau website yang sudah terdaftar di google news untuk tampil dihalaman pertama google. Sehingga, pengunjung akan lebih mudah untuk menemukan berita yang paling terbaru.

4. Pendapatan dari Blog akan meningkat

Pendapatan dari sebuah blog sangat bergantung terhadap berapa jumlah visitor yang mengunjungi blog tersebut setiap hari nya. Semakin banyak visitor yang datang, maka semakin besar juga pendapatan yang anda dapatkan.

Dengan mendaftarkan blog atau website ke Google News, maka kemungkinan besar Visitor dari blog anda akan meningkat dari biasanya. Seperti yang sudah saya jelaskan di awal tadi bahwa semakin banyak pengunjung blog, maka semakin besar juga pendapatan yang anda peroleh.

5. Sarana mendapatkan backlink gratis

Backlink adalah link atau tautan dari blog orang lain yang mengarah ke blog anda. Backlink ini memiliki peran yang sangat besar bagi Seo suatu blog. Semakin banyak backlink terhadap suatu blog, maka semakin tinggi juga authotiry yang dimiliki oleh blog tersebut.

Dengan mendaftarkan blog anda ke Google News, maka peluang untuk mendapatkan backlink baru akan semakin besar. Hal tersebut dikarenakan artikel-artikel yang sudah terdaftar di Google News biasanya akan dijadikan referensi oleh blog lainnya. Jika suatu blog mengambil referensi dari blog lain, maka blog tersebut harus menyantumkan referensi dari blog yang diambil.

Syarat mendaftarkan blog ke Google News

Diatas sudah saya jelaskan manfaat-manfaat yang akan didapatkan jika anda mendaftarkan blog ke Google News. Apakah anda berminta untuk mendaftarkan blog yang anda kelola ke Google News? Jika anda berminta untuk mendaftar di Google News, maka ada beberapa syarat yang harus anda penuhi sebelum mendaftarkan blog anda. Berikut adalah syarat-syarat untuk mendaftar Google News :

1. Buatlah blog dengan niche berita

Seperti judulnya, Google News adalah layanan dari google untuk mengumpulkan berita-berita dari berbagai blog atau website yang terdaftar. Jadi, blog yang bisa mendaftar di Google News diutamakan blog yang membahas tentang berita.

Akan tetapi bukan berarti blog dengan tema lain tidak bisa didaftarkan di Google Berita. Selagi konten yang dimuat didalam blog tidak melanggat kebijakan dari Google, maka blog tersebut masih bisa didaftarkan ke Google News. Niche lain seperti tutorial, bisnis, dan tips & trik juga bisa didaftarkan di google news.

2. Artikel yang berkualitas

Google News pasti ingin menyediakan konten yang berkuliatas bagi pembacanya. Oleh karena itu, Google menyeleksi secara ketat blog yang didaftarkan ke Google News secara manual. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kualitas konten yang akan tayang di Google News.

Mengingat hal tersebut, anda sebagai pemiliki blog harus selalu membuat artikel yang berkualitas bagi orang lain. Salah satu ciri artikel yang berkualitas adalah artikel yang memberikan informasi kepada orang lain, dapat memecahkan suatu permasalahan, artikel original bukan hasil copy paste dan memberikan manfaat bagi pembacanya.

3. Pastikan blog anda memiliki stuktur yang bagus

Ketika ingin mendaftarkan blog ke Google News, pastikan blog yang ingin anda daftarkan sudah memiliki struktur yang bagus. Artinya, blog tersebeut sudah jadi dan bukan dalam proses pengembangan.

Navigasi di blog juga harus jelas dan mudah untuk dipahami oleh pengunjung. Agar pengunjung lebih mudah untuk menemukan dan membaca artikel yang termuat didalam blog anda. Template yang responsif dan memiliki loading yang cepat juga mempengaruhi proses pendaftaran Google News.

Cara mendaftarkan blog ke Google News

Sekarang anda sudah mengetahui apa saja manfaat yang diperoleh dan apa saja syarat mendaftar google news. Sekarang mari kita bahas bagaimana cara untuk mendaftarkan blog di Google News. Lansung saja ke tutorialnya :

TAHAP 1 : Membuat publikasi anda

1. Pertama, pastikan anda sudah memiliki blog yang sudah terkait dengan Google Search Console dan Google Analytic
2. Setelah itu, silahkan anda masuk ke halaman Publisher Center Google 
3. Kemudian, silahkan anda klik Tambah Publikasi untuk membuat publikasi baru
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Klik tambah publikasi

4. Silahkan anda isi data-data yang diperlukan seperti Nama Publikasi, properti situs utama, lokasi dan centang persetujuan kebijakan publikasi. Setelah itu, silahkan klik Tambah Publikasi
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Isi data yang diperlukan

5. Setelah itu, silahkan anda masuk ke publikasi yang barusan dibuat dan masuk ke setelan publikasi
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Setelan publikasi

6. Pada setelan publikasi terdapat 2 setelan, yaitu setelan umum dan setelan gaya visual
7. Pada setelan umum terdapat beberapa pengaturan yang harus diisi meliputi :
Informasi Dasar :
Nama Publikasi : Isi nama publikasi anda
Bahasa Utama : Isi dengan bahasa utama yang anda gunakan
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Isi Informasi dasar

Lokasi :
Negara : isi dengan negara anda
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Isi lokasi

URL Properti situs utama :
Silahkan masukkan url situs utama anda dan klik verifikasi Google Search console
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Isi url situs utama dan verifikasi

URL properti situs lainnya :
Silahkan anda tambahkan jika anda memiliki situs lainnya, jika tidak memiliki silahkan abaikan saja
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Isi url situs lainnya

Kontak :
Silahkan isi dengan alamat email yang dapat dihubungi
Setelah semua terisi, silahkan klik berikutnya.
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Isi kontak

8. Setelah anda selesai mengisi pengaturan umum, sekarang kita akan mengisi gaya visual
Pada gaya visual, silahkan anda upload logo dari situs anda dalam bentuk persegi dan persegi panjang. Anda juga dapat mengupload font yang ingin anda gunakan pada situs anda. Setelah semua terupload, silahkan klik simpan.
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Setelan gaya visual


TAHAP 2 : Memulai mendaftar Google News

Sekarang anda selesai membuat dan mengatur publikasi untuk situs anda. Sekarang anda bisa memulai untuk mendaftarkan situs ke Google News, ikuti tahapan berikut ini :

1. Silahkan anda klik Google Berita
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Klik google berita

2. Untuk dapat mendaftar di Google News, terdapat konfigurasi yang harus anda isi. Untuk mengisinya silahkan anda klik Edit
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Klik edit

3. Terdapat 3 jenis konfigurasi yang harus anda Edit, yaitu Umum, Setelan Konten, dan Tinjau, mari kita bahas satu per Satu

4. Konfigurasi Umum
Terdapat beberpa konfigurasi umum yang harus diisi meliputi :
Informasi Dasar
Deskripsi Publikasi : Silahkan isi dengan deskripsi dari publikasi anda atau deskripsi dari situs anda
Kategori Publikasi : Silahkan isi dengan kategori dari publikasi anda. Silahkan pilih salah satu.
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Edit informasi dasar

Distribusi
Negara : Silahkan anda isi dengan negara yang ingin anda targetkan
Properti Google : Silahkan isi dengan properti google yang anda izinkan
Disana saya merekomendaiskan untuk negara silahkan pilih Seluruh Dunia dan Properti google pilih Izinkan semua properti
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Edit distribusi

Pelacakan
Silahkan anda isi dengan kode pelacakan Google Analytic anda. Setelah itu, silahkan klik berikutnya
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Edit pelacakan

5. Setelan konten
Setelah selesai dengan konfigurasi umum, sekarnag silahkan atur Setelan konten dari Google News anda. Terdapat 2 konfigurasi pada setelan konten, yaitu :

Rurbik :
Untuk mengatur rubrik silahkan anda klik +Rubrik Baru setelah itu klik Feed
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Tambah rubrik baru

Silahkan atur feed anda untuk google news dengan isian sebagai berikut :
Judul Rubrik : Isi dengan judul anda
URL feed RSS atau Atom : Silahkan isi dengan URL anda. Atau anda bisa isi dengan URL ini https://www.xxxxxx.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Silahkan anda ganti www.xxxxxx.com dengan alamat blog anda
Akses lihat : silahkan isi siapa saja

Setelah itu silahkan klik tambahkan.
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Isi data feed

Grup akses
Grup akses ini berfungsi apabila anda ingin membatasi akses kepada orang-orang tertentu. Jika anda tidak ingin membatasi akses, silahkan abaikan saja. Setelah itu silahkan klik berikutnya.
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Isi group akses jika ada

6. Tinjau dan publikasi
Setelah selesai mengatur konfigurasi umum dan setelan konten, sekarang kita sudah sampai ditahap terakhir yaitu Tinjau dan Publikasikan.

Sekarang silahkan anda tinjau status publikasi anda, jika terdapat peninjauan karena tidak terdapat konten pada rubrik anda, anda hanya tinggal menunggu waktu. Dikarenakan artikel membutuhkan waktu agar bisa tampil dirubrik yang anda buat. Jika semuanya sudah ditinjau, silahkan anda klik publikasikan.

Jangan lupa untuk klik Ikuti Publikasi pada bagian menguji publikasi
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Silahkan tinjau dan publikasikan

7. Selamat, sekarang Blog anda sudah didaftarkan di Google News. Sekarang anda tinggal menunggu persetujuan dari Google News. Jika blog anda disetujui, maka Blog anda dapat tayang di Google News.
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Sudah dipublikasikan

Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Google News sudah ditinjau

Proses peninjauan pendaftaran Google News

Setelah selesai mendaftarkan situs anda ke Google News, pihak Google News akan melakukan peninjauan terhadap situs anda secara menual. Proses peninjauan ini memerlukan waktu yang berbeda-beda setiap blog nya. Jadi harap bersabar karena ada blog yang proses peninjauannya lama dan ada blog yang peninjauannya sebentar.

Selama proses peninjauan, usahakan blog anda selalu aktif menerbitkan artikel setiap harinya. Artikel yang diterbitkan juga harus bermanfaat dan dapat memecahkan persoalan orang lain. Hal tersebut akan membuat peluang diterima blog anda di Google News menjadi lebih besar. 

Ciri-ciri blog sudah diterima di Google News

Sedikit berbeda dengan Google Adsense yang memberikan balasan pendaftaran melalui e-mail, Google News tidak demikian. Artinya anda harus mengeceknya secara manual. Caranya yaitu :

1. Silahkan anda masuk ke halaman Publisher Center Google News
2. Pada bagian beranda terdapat daftar Publikasi Anda, Jika pada publikasi anda terdapat tulisan "Sedang Tayang", berarti blog anda sudah diterima di Google News.
Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda
Ciri blog sudah diterima di Google News

Testimoni dan review blog jika sudah diterima Google News

Setelah menunggu kurang lebih 6 hari, akhirnya blog saya sudah diterima di Google News, dan artikel saya sudah ditayangkan di Google News. Oleh karena itu, saya akan memberikan sedikit testimoni dan review blog yang sudah diterima di Google News, anda bisa membacanya pada artikel berikut : Testimoni dan Review Blog Jika Sudah Diterima Google News, Apa efeknya?

Yak, cukup sampai disini artikel saya kali ini tentang bagaimana cara mendaftarkan blog ke Google News dan apa saja manfaat dan syarat mendaftar google news. Cara ini sudah saya tuliskan sedetail mungkin, semoga anda dapat memahaminya dengan baik dan blog anda dapat diterima di Google News. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Cara Mendaftarkan Blog di Google News dan Manfaat Google News Bagi Blog Anda"

close