Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penjelasan Materi Elliptical Sentence, Materi Tes Bahasa Inggris SPMB PKN STAN

Penjelasan Materi Elliptical Sentence, Materi Tes Bahasa Inggris SPMB PKN STAN - Hallo sobat staner, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang salah satu materi TBI yaitu Preferences. Apakah anda sudah memahami tentang materi preferences? Jika sudah, sekarang kita akan membahas materi yang selanjutnya yaitu Elliptical Sentence. 

Apakah anda sudah pernah mendengar atau mengetahui tentang materi Eliptical Sentence? Elliptical sentences itu adalah salah satu materi yang relatif mudah untuk dikerjakan dan tidak memerlukan waktu yang lama. Hal tersebut dikarenakan kata kunci dari materi ini sangat mudah untuk ditemukan. Dan apabila anda sudah mengetahui kata kunci nya, maka kemungkinan besar anda akan dapat menjawab soal nya dengan benar. Jadi, agar anda lebih memahami tentang materi Elliptical Sentence, langsung saja kita ke pembahasannya.
Penjelasan Materi Elliptical Sentence, Materi Tes Bahasa Inggris SPMB PKN STAN
Penjelasan Materi Elliptical Sentence, Materi Tes Bahasa Inggris SPMB PKN STAN

Apa itu Elliptical Sentence dalam Tes Bahasa Inggris?

Mungkin banyak dari anda yang masih belum begitu familiar dengan materi yang satu ini. Soal tentang Elliptical Sentence ini wajib sekali anda jawab benar, jika anda salah dalam mengerjakan soal mengenai Elliptical Sentence maka anda rugi sangat besar.

Jadi, Elliptical Sentence merupakan penggabuan dua kalimat setara dengan menghilangkan bagian dari verb yang sama dengan tujuan untuk menghindari terjadinya pengulangan. Elliptical Sentence memiliki beberapa bentuk, yaitu Positive Elliptical, Negative Elliptical, dan Contrastive Elliptical. Berikut adalah penjelasannya.

Bentuk-bentuk Elliptical Sentences

Elliptical Sentence pada dasarnya memiliki 3 bentuk, yaitu Positive Elliptical, Negative Elliptical, dan Contrastive Elliptical. Apakah anda sudah mengetahuinya? Jika belum, berikut adalah penjelasannya :

1. Positive Elliptical
Positive Elliptical merupakan penggabungan antara 2 kalimat positive yang setara. Kata penghubung yang digunakan adalah And
S1 + P + O/C And so + aux +S2
S1 + P + O/C S2 + aux + tooo

Contoh :
Kalimat 1 : Raffi Ahmad will be a candidate of the best actor in the year
Kalimat 2 : Denny Cagur will be a candidate of the best actor in the year

Dua kaliamt diatas merupakan 2 kalimat positive yang setara, jadi kedua kalimat diatas dapat digabungkan menggunakan Elliptica Sentence menjadi seperti ini

Raffi Ahmad will be a candidate of the best actor in the year, and so will Denny Cagur
Raffi Ahmad will be a candidate of the best actor in the year, and Denny Cagur will too

2. Negative Elliptical
Negative Elliptical merupakan benggabungan antara 2 kalimat negativ yang setara. Kata penghubung yang digunakan adalah And
S1 + aux + not + O/C And S2 + aux + not + either
S1 + aux + not + O/C neither + aux + S2

Contoh :
Kalimat 1 : Dinda doesn’t come to my party
Kalimat 2 : They don’t come to my party

Dua kalimat diatas merupakan 2 kalimat negative yang setara, jadi kedua kalimat diatas dapat digabungkan menggunakan Elliptical Sentence menjadi seperti ini :

Dinda doesn’t come to my party, and they don’t either
Dinda doesn’t come to my party, and neither do they

3. Contrastive Elliptical
Contrastive Elliptical merupakan penggabungan antara 2 kalimat yang tidak setara yaitu kalimat positive dengan kalimat negatif. Kata penghubung yang digunakan yaitu But
S1 + aux + O/C But S2 + aux + not
S1 + aux + not + O/C S2 + aux

Contoh :
Kalimat 1 : Tomi can answer the Quiz
Kalimat 2 : They can’t answer the Quiz

Dua kalimat diatas merupakan 2 kalimat yang tidak setara, yang satu kalimat positive dan yang satu kalimat negative. Kedua kalimat diatas dapat digabungkan menggunakan Elliptical Sentence menjadi seperti ini :

Tomi can answer the Quiz, but they can’t
They can’t answer the Quiz, but Tomi can.

Negative word dalam Elliptical Sentence

Dalam Elliptical Sentence,jika terdapat kalimat yang mengandung Negative Word, maka kalimat tersebut merupakan kalimat Negative. Berikut adalah beberapa bentuk dari Negative Word :

Hardly
Rarely
Scarcely
Barely
Never
Nobody
No one
Seldom

Yak, kira-kira seperti itulah penjelasan mengenai Elliptical Sentence salah satu materi Tes Bahasa Inggris SPMB PKN STAN. Bagimana, apakah anda sudah paham mengenai materi Elliptical Sentence? Jika anda belum paham, silahkan bertanya melalui kolom komentar ya. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Materi Elliptical Sentence, Materi Tes Bahasa Inggris SPMB PKN STAN"