Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penjelasan Materi Redundancy, Materi Tes Bahasa Inggris SPMB PKN STAN

Penjelasan Materi Redundancy, Materi Tes Bahasa Inggris SPMB PKN STAN - Halo sobat staner, bagaimana? apakah kalian sudah memahami materi yang sebelumnya kita bahas yaitu Causative verb? Saya harap kalian sudah memahami materi tersebut, karena pada kesempatan kali ini, kita akan belajar materi baru yaitu Redundancy. 

Apakah kalian sudah pernah mendengar tentang materi Redundancy dalam bahasa inggris? Menurut saya pribadi, materi ini sedikit lebih susah dibandingkan materi yang sudah kita bahas sebelumnya dikarenakan pada materi redudancy ini tidak terdapat pola khusus yang dapat memudahkan dalam menemukan jawaban. Karena kita harus menghafal kata-kata yang termasuk ke dalam redundancy. Baiklah, langsung saja ke pembahasannya.
Penjelasan Materi Redundancy, Materi Tes Bahasa Inggris SPMB PKN STAN
Penjelasan Materi Redundancy, Materi Tes Bahasa Inggris SPMB PKN STAN

Apa itu Redundancy dalam Tes Bahasa Inggris?

Ketika mempelajari bahasa indonesia, kalian pasti pernah diajari mengenai kalimat-kalimat yang tidak efektif atau penggunaan kata yang berlebihan. Saya beri contoh kalimat yang tidak efektif “Rudi rajin belajar agar supaya mendapatkan ranking 1”. Pada kalimat tersebut terdapat 2 kata yang tidak efektif yaitu agar supaya. Hal tersebut dikarenakan agar dan supaya memiliki makna yang sama sehingga tidak boleh digunakan bersamaan.

Nah, dalam bahasa inggris, penggunaan kata yang tidak efektif tersebut disebut dengan Redundancy. Secara pengertian, Redundancy berarti pengulangan kata atau frase yang memiliki makna sama sehingga menjadi tidak perlu. Redundancy memiliki 2 bentuk yaitu Unnescessary Word dan Word Repetition. Berikut adalah penjelasannya.

Bentuk-bentuk redudancy

Penggunaan kata yang tidak efektif atau redudancy dalam bahasa inggris memiliki 2 bentuk. Yaitu Unnecessary Word dan Word Repetition. Mari kita bahas satu per satu.

1. Unnecessary Word

Bentuk dari redundancy yang pertama adalah Unescessary Word. Apa itu Unnecessary Word? Jadi Unnecessary Word merupakan penambahan kata lain yang tidak penting atau tidak tepat sehingga dapat merusak struktur dan meaning dari kalimat.

Contoh :
After the lunch, we have to continue on the trip
Dalam kalimat tersebut, penggunaan prepotition on bersifat redundant yang seharusnya dihapuskan.

2. Word Repetition

Bentuk redundancy yang kedua yaitu Word Repitition. Word Repitition adalah penggunaan dua kata yang memiliki arti atau makna yang sama.

Contoh :
We need to give him added bonus
Dalam kalimat tersebut, added merupakan salah satu bentuk word repetition. Dikarenakan bonus adalah sesuatu yang ditambahkan, jadi kata added tidak perlu ditambahkan.

Daftar kata-kata yang termasuk kedalam redudancy

Agar dapat mengetahui apakah didalam kalimat terdapat redudancy atau tidak, maka kita harus mengetahui arti dari kalimat tersebut. Selain itu, anda juga dapat menghafal daftar kalimat yang termasuk ke dalam redundancy, berikut adalah daftar kata-kata yang sering umum mengalami redudancy :

Daftar kata-kata yang mengalami redundancy
Actual fact First dibs Paln in advance
Added bonus First discovered Pre-plan
Adequate enough Follow after Prior experience
After having Free gift Proceed forward
Arm's reach Future plans Proceed further
Blatantly obvious General vicinity Proof positive
Blend together Generally always Rate of speed
Browse through Historic milestone Reason is because
Chase after Innocent civilians Repay back
Close proximity Join together Repeat again
Collaborate together Just exactly Return back
Continue on Menually by hand Revert back
Critical juncture Meld together Self-confessed
Critical important Mental attitude Suquential order
Each and every Merge together Shared commonalities
Early beginnings Mix together Slight hint
End result Moment in time Software programs
Enter into Most quintessential Steady stream
Equally as Most unique Sum total
Far distance Old adage Unexpected surprise
Favorably disposed Orbit around Up until
Fellow classmates Past experience Uphill climb
Few in number Past history Usually always
Final destination Pervade throughout Various different
Final outcome Plan ahead Vitally important

Diatas adalah daftar kata yang termasuk ke dalam redundancy. Jika anda menemukan kata-kata tersebut didalam kalimat soal. Maka dapat dipastikan bahwa kalimat tersebut merupakan kalimat redundancy. 

Yak, kira-kira seperti itulah penjelasan saya kali ini mengenai materi Redundancy, Materi Tes Bahasa Inggris SPMB PKN STAN. Meskipun materi kali ini agak sulit karena kalian dituntut untuk dapat memahami maksud kalimat, akan tetapi kalian dapat mengakalinya dengan cara menghafalkan kata-kata yang umum mengalami redundancy. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Materi Redundancy, Materi Tes Bahasa Inggris SPMB PKN STAN"