Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pentingnya Melakukan Pengecekan Apakah Artikel Sudah Diindex oleh Google atau Belum

Pentingnya Melakukan Pengecekan Apakah Artikel Sudah Diindex oleh Google atau Belum - Hallo sobat blogger, menerbitkan suatu artikel merupakan hal yang paling penting bagi seorang blogger. Karena artikel lah yang akan mendatangkan pengunjung ke blog kita. Semakin banyak artikel yang dipublikasikan, maka kemungkinan blog anda akan dikunjungi orang akan semakin besar.

Akan tetapi, apakah anda pernah mengalami pengunjung blog tidak kunjung banyak meskipun artikel yang diterbitkan sudah cukup banyak? Hal tersebut tentu akan membuat anda bertanya-tanya apa yang salah dengan blog anda sampai anda melupakan suatu hal yang sangat penting. Yaitu mengecek apakah artikel yang anda terbitkan sudah terindex oleh Google atau belum. 
Pentingnya Melakukan Pengecekan Apakah Artikel Sudah Diindex oleh Google atau Belum
Pentingnya Melakukan Pengecekan Apakah Artikel Sudah Diindex oleh Google atau Belum

Cara mengecek apakah artikel sudah diindex oleh google atau belum

Jika artikel blog anda sudah sangat banyak akan tetapi pengunjung blog anda tetap sedikit atau tidak mengalami kenaikan, hal tersebut bisa disebabkan karena artikel yang selama ini anda posting belum di indeks oleh google.

Jadi, sebanyak apapun artikel yang anda terbitkan, jika artikel tidak diindeks oleh Google, mau sampai kapanpun artikel tersebut tidak akan dapat ditemukan di hasil pencarian Google. Artinya, artikel tersebut tidak akan mendatangkan visitor melalui pencarian organik Google.

Menanggapi permasalahan diatas, apakah anda sudah pernah untuk melakukan pengecekan terhadap artikel yang anda terbitkan sudah di Index oleh google atau belum? Jika belum pernah, saya sarankan untuk segera mengeceknya agar anda dapat melakukan perbaikan atau meminta pengindexan pada artikel anda. Untuk caranya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan anda copy URL dari artikel yang ingin anda cek sudah diindex oleh google atau belum
Pentingnya Melakukan Pengecekan Apakah Artikel Sudah Diindex oleh Google atau Belum
Copy url artikel yang ingin dicek

2. Setelah itu, anda buka pencarian Google, dan paste url tersebut di kotak pencarian google (bukan di pencarian url). Setelah itu, silahkan tekan enter untuk melakukan pencarian.
Akan terdapat 2 kemungkinan :

Your search did not match any documents
Jika hasil pencariannya keluar kalimat “Your search did not match any documents”, itu artinya artikel anda belum di Indeks oleh google.
Pentingnya Melakukan Pengecekan Apakah Artikel Sudah Diindex oleh Google atau Belum
Tampilan jika artikel belum terindex

Keluar artikel yang dimaksud
Jika hasil pencarian keluar artikel dari link yang anda cari, itu artinya artikel anda sudah terindex oleh Google
Pentingnya Melakukan Pengecekan Apakah Artikel Sudah Diindex oleh Google atau Belum
Tampilan jika artikel sudah diindex

3 Selesai.

Seperti itulah langkah untuk melakukan pengecekan artikel sudah terindeks oleh google atau belum. Cukup mudah sekali bukan.

Pentingnya melakukan pengecekan apakah artikel sudah terindeks atau belum

Mengapa kita perlu melakukan pengecekan terhadap artikel yang kita publikasikan sudah terindeks oleh Google atau belum? Hal tersebut sangat penting sekali bagi seorang blogger, berikut adalah beberapa alasan mengapa kita harus melakukan pengecekan apakah artikel sudah terindeks oleh Google.

1. Memastikan artikel sudah terindeks
Alasan pertama mengapa kita harus melakukan pengecekan adalah untuk memastikan bahwa artikel yang kita publikasikan itu sudah terindeks oleh Google. Karena jika artikel yang kita publikasikan tidak terindeks, artikel tersebut tidak akan muncul dihasil pencarian Google dan tidak akan bisa untuk mendatangkan pengunjung. Hal tersebut tentu akan membuat usaha kita dalam membuat artikel sia-sia.

2.  Dapat segera melakukan tindakan agar artikel bisa segera diindeks
Ketika dalam pengecekan ternyata ditemukan ada artikel yang anda terbitkan belum diindeks oleh Google, maka anda dapat segera melakukan upaya-upaya agar artikel tersebut segera diindeks Google. Seperti mengirim artikel di search console, memperbarui dan mengupdate artikel, dan lain sebagainya.

3. Menjaga kesehatan blog
Ketika suatu blog memiliki banyak artikel yang tidak terindeks oleh Google, hal tersebut berakibat blog tersebut memiliki kredibilitas yang jelek dimata Google. Dengan melakukan pengecekan secara berkala, hal tersebut akan meminimalisir adanya artikel yang tidak terindeks oleh Google. Karena ketika diketahui artikel tidak terindeks, anda dapat segera menanganinya.

4. Meningkatkan pengunjung blog
Dengan melakukan pengecekan terhadap index suatu artikel, apabila anda menemukan terdapat artikel yang belum terindex, maka anda akan melakukan optimasi terhadap artikel tersebut. Dengan begitu, dalam waktu yang singkat artikel tersebut dapat terindex oleh Google. Jadi, semakin sedikit jumlah artikel yang tidak terindex dan semakin banyak artikel yang terindex, maka kemungkinan artikel anda ditemukan di pencarian google menjadi lebih besar. Jadi pengunjung blog anda akan meningkat secara drastis.

Yak, kira-kira seperti itulah artikel saya kali ini mengenai pentingnya melakukan pengecekan terhadap suatu artikel apakah sudah terindex oleh Google atau belum. Jika pada blog anda terdapat banyak artikel yang belum terindeks oleh google, anda harus mencoba untuk mendaftarkan blog anda di Google News. Karena berdasarkan beberapa testimoni dan review Google News, blog yang terdaftar di Google News memiliki proses index yang lebih cepat. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Melakukan Pengecekan Apakah Artikel Sudah Diindex oleh Google atau Belum"

close