Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Membuat Password Yang Kuat dan Aman Tetapi Mudah Diingat

Tips Membuat Password Yang Kuat dan Aman Tetapi Mudah Diingat - Hallo sobat koplo, pada artikel sebelumnya saya membahas mengenai bagaimana cara untuk melihat dan mengubah password yang awalnya bintang-bintang menjadi huruf yang dapat dibaca. Dikarenakan pentingnya sebuah password dalam mengamankan sebuah akun, maka kita sebagai pemilik akun harus membuat password yang kuat dan aman untuk akun kita.

Ketika membuat password, kita tidak boleh asal dalam membuatnya. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar password yang kita buat aman dan kuat. Selain aman dan kuat, password juga harus mudah di ingat oleh kita sendiri. Karena, pecuma sebuah password aman dan kuat tapi kita sendiri susah untuk mengingatnya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tips untuk membuat password yang kuat dan aman akan tetapi tetap mudah diingat.
Tips Membuat Password Yang Kuat dan Aman Tetapi Mudah Diingat
Tips Membuat Password Yang Kuat dan Aman Tetapi Mudah Diingat

Tips Membuat Password Yang Kuat dan Aman Tetapi Mudah Diingat

Password yang kuat dan aman akan melindungi akun kita dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga sangat penting bagi kita untuk membuat password yang kuat dan aman. Didalam membuat password terdapat beberapa hal yang tidak boleh anda lakukukan dan hal yang harus anda lakukan. Berikut adalah penjelasannya :

Hal-hal yang harus anda lakukan ketika membuat password

Untuk membuat password yang aman dan kuat, terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menggunakan kata/frase yang tidak berhubungan dengan informasi pribadi
Password yang berhubungan dengan informasi pribadi tentu akan sangat mudah ditebak oleh orang lain. Oleh karena itu, ketikka membuat sebuah password, gunakanlah kata-kata yang aneh akan tetapi kata-kata tersebut mudah untuk anda ingat.
Contoh : 
HetaYura, KitoPiyer, KabePetry

2. Buatlah password yang berbeda pada setiap akun
Password all in one atau semua akun dengan satu password memang memudahkan kita untuk login di akun tersebut karena anda tidak perlu mengingat banyak password. Akan tetapi, tingkat keamanan dari cara tersebut akan sangat rendah karena apabila password dari salah satu akun di ketahui oleh orang, password akun yang lain juga akan ketahuan. Oleh karena itu, buatlah password yang berbeda untuk setiap akun.
Contoh :
Password Facebook : HutreYiGori637@
Password Tiktok : YehitreYucer901#

3. Gunakan password yang anti mainstream
Kebanyakan orang pasti akan membuat password dengan kata-kata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari atau kombinasi yang sederhana, seperti 123456, qwerty, dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu sangat berbahaya bagi kemanan akun anda. Buatlah password yang anti mainstream atau password yang orang lain tidak pernah kepikiran sebelumnya.
Contoh :
SapiTerbang, BelalangTempur, KambingKetawa

4. Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol
Password yang hanya terdiri dari 1 jenis karakter adalah password yang tidak aman dan mudah untuk di bobol. Oleh karena itu, ketika membuat password, pastikan anda selalu menggunakan kombinasi antara Huruf Besar (A, B, C, D), huruf kecil (a, b, c, d), angka (1, 2, 3, 4) dan simbol (?, >, @ #). Dengan begitu, password anda akan susah untuk ditebak.
Contoh :
KillerDarat473#
@87DuniaKinder

5. Buatlah password yang panjang
Kebanyakan  platform membuat panjang minimal suatu password minimal 6 sampai 8 karakter. Untuk meningkatkan keamanan akun anda, usahakan anda membuat password dengan karakter yang lebih dari minimal. Jika, minimal password yang diperlukan hanya 8 karakter, maka akan lebih baik jika anda membuat password 12-16 karakter.
Contoh :
SlashTerhuta894Mando@
DureahKiuyrHumble333#

6. Jangan simpan password anda
Untuk menjaga kerahasiaan password anda agar tidak diketahui oleh orang lain, usahakan anda tidak pernah menyimpan password anda didalam media apapun. Apalagi dengan software-software pihak ketiga. Karena kita tidak bisa menjamin keamanan dari software tersebut. Jangan juga menyimpan password dibrowser karena sewaktu-waktu pasti perangkat kita akan dipinjam oleh orang. Usahakan anda hanya mengingat password di otak anda sehingga orang lain tidak ada yang tahu.

Hal yang tidak boleh anda lakukan ketika membuat password

Agar password yang anda buat aman dan kuat, terdapat beberapa hal yang harus anda hindari ketika membuat suatu password, berikut adalah beberapa hal yang harus anda hindari ketika membuat password :

1. Menggunakan informasi pribadi
Ketika membuat suatu password, jangan sekali-kali anda menggunakan informasi pribadi sebagai password anda. Yang dimaksud dengan informasi pribadi adalah informasi yang sangat berhubungan erat dengan diri anda. Seperti nama, tanggal lahir, alamat, dan lain sebagainya. Karena password dari informasi pribadi akan dengan mudah untuk ditebak.
Contoh :
BayuSaputra
09Juli1999

2. Menggunakan password yang sama untuk semua akun
Anda pasti memiliki lebih dari 1 akun sosial media. Disetiap akun tersebut pasti membutuhkan sebuah password untuk login kedalamnya. Untuk memastikan keamanan dari masing-masing akun, usahakan anda tidak membuat password yang sama antara akun-akun tersebut. Usahakan password masing-masing akun berbeda. Meskipun perbedaannya itu tidak signifikan.
Contoh :
Password facebook : Kamucantik87635#
Password tiktok : Kamucantik87635#

3. Menggunakan password yang mainstream
Kebanyakan orang memiliki kecenderungan untuk membaut password yang sudah sering digunakan seperti 12345678, qwerty123, 87654321, abc123, dan lain sebagainya. Hal tersebut sangat membahayakan akun anda karena orang lain akan dengan mudah menebak password dari akun anda.
Contoh :
123456
654321
qwerty
123abc

4. Password tidak berupa kombinasi
Ketika membuat password, jangan sekali-kali hanya menggunakan huruf atau angka saja. Karena jika anda membuat password hanya dengan menggunakan huruf atau angka saja, password yang dihasilkan akan lemah dan sangat mudah untuk di generate menggunakan aplikasi. Jika password anda berhasil di generate, maka sudah pasti akun anda akan berada ditangan orang.
Contoh :
MANGGAMUDA
12345678

5. Membuat password terlalu pendek
Kebanyakan orang pasti akan malas jika harus mengetikkan password yang panjang setiap kali mau login ke akun. Akan tetapi hal tersebut merupakan kesalahan besar. Pasalnya, password yang terlalu pendek memiliki keamanan yang sangat rendah sehingga menyebabkan tingkat keamanan dari akun anda juga rendah.
Contoh :
Saputra
Killer

6. Menyimpan password anda dalam browser atau media lainnya
Menyimpan password didalam browser merupakan hal yang sering dilakukan oleh banyak orang. Ketika selesai membuat password, orang sering menyimpan password tersebut ke dalam browser sehingga ketika mau login, tidak perlu lagi untuk menuliskan passwordnya. Hal tersebut akan menjadi bahaya jika orang lain sedang menggunakan perangkat anda. Orang lain jadi bisa login ke akun anda dengan mudah.

Yak, kira-kira seperti itulah tips untuk membuat password akun yang aman dan kuat. Selain aman dan kuat, sebuah password juga harus mudah untuk diingat agar kita tidak perlu menyimpan password tersebut secara otomatis di browser. Meskipun terlihat ribet, akan tetapi menulis password setiap kali akan login jauh lebih aman dari pada anda menyimpan password anda di browser. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Tips Membuat Password Yang Kuat dan Aman Tetapi Mudah Diingat"

close