Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Jenis Backlink Yang Tidak Berkualitas dan Memiliki Efek Negatif Bagi Blog

Jenis Backlink Yang Tidak Berkualitas dan Memiliki Efek Negatif Bagi Blog - Hallo sobat koplo, membahas tentang backlink memang sangat menarik, karena backlink merupakan salah satu faktor SEO off-page yang sangat mempengaruhi sebuah blog. Dengan adanya backlink, keberadaan blog kita menjadi lebih diakui Google dan memudahkan setiap artikel yang kita publikasi diblog lebih mudah untuk masuk di Page One atau halaman pertama hasil pencarian google.

Karena pentingnya sebuah Backlink bagi sebuah blog, banyak pemilik blog yang terlalu antusias dalam memasang backlink di blog nya. Hingga mereka tidak memedulikan dari mana backlink tersebut berasal. Apakah backlink tersebut berkualitas atau tidak. Mereka tidak menyadari bahwa sebuah backlink yang tidak berkualitas justru akan memberikan efek negatif bagi blog.
10 Jenis Backlink Yang Tidak Berkualitas dan Memiliki Efek Negatif Bagi Blog
10 Jenis Backlink Yang Tidak Berkualitas dan Memiliki Efek Negatif Bagi Blog

Jenis-jenis backlink tidak berkualitas

Sebelum anda memasang sebuah backlink ke blog anda, alangkah lebih baik anda menyeleksi terlebih dahulu darimana backlink tersebut ditanamkan. Karena sumber backlink itulah yang akan menentukan kualitas dari suatu backlink.

Backlink yang berasal dari website yang baik tentu akan menghasilkan backlink yang berkualitas. Sedangkan backlink yang berasal dari website yang buruk, sudah pasti backlink yang dihasilkan tidak akan berkualitas dan bahkan akan memperburuk SEO blog anda. Berikut adalah beberapa jenis backlink tidak berkualitas atau memiliki efek yang buruk bagi blog anda :

1. Backlink dari komentar SPAM
Ketika anda mengunjungi sebuah blog, pasti anda dapat berkomentar pada artikel yang anda baca. Pada komentar tersebut, anda dapat memberikan komentar dengan link blog anda, maka secara otomatis komentar tersebut akan menjadi backlink bagi blog anda. Akan tetapi, jenis backlink dari komentar tersebut dianggap SPAM oleh google dan anda harus menghindarinya.

2. Backlink dari situs yang melanggar ketentuan google
Ketika anda ingin memasang sebuah backlink bagi blog anda, pastikan situs yang ingin anda pasang backlink benar-benar situs yang sehat. Situs yang sehat artinya situs tersebut tidak melanggar ketentuan google. Backlink yang berasal dari situs P*rno, J*di, dan tindakan ilegal lainnya akan memberikan dampak yang buruk bagi blog anda.

3. Backlink dari blog berbahasa asing
Jika anda memiliki situs yang berbahasa indonesia, maka usahakan backlink anda juga berasal dari situs berbahasa indonesia. Kenapa demikian? Karena sangat tidak logis juga blog yang anda kelola menggunakan bahasa Indonesia, akan tetapi backlink blog anda mayoritas berasal dari blog berbahasa asing. Google akan menganggap anda melakukan kecurangan. Walaupun sebenarnya hal ini bisa terjadi, tapi alangkah lebih baik jika anda menghindarinya.

4. Backlink dari blog yang memiliki tema tidak relevan dengan blog anda
Misal blog anda membahas tentang tutorial memasak, akan tetapi mayoritas backlink blog anda berasal dari blog otomotif, maka hal tersebut sangat tidak ada kesinambungannya. Karena backlink yang berkualitas itu adalah backlink yang merujuk pada blog yang serupa. Atau bisa dibilang sebagai sumber referensi yang relevan. 

5. Backlink dua arah
Apa yang dimaksud dengan Backlink dua arah? Untuk lebih mudah memahainya saya akan memberikan sebuah gambaran. Misalnya, Blog A memiliki backlink yang bersumber dari Blog B. dan Blog B juga memiliki backlink yang bersumber dari Blog A. Jadi backlink 2 arah adalah kondisi dimana terdapat 2 blog yang saling memberikan backlink. Mengapa backlink tersesbut dianggap tidak berkualitas? Karena google menganggap kedua blog tersebut melakukan tukar menukar link untuk memperbanyak backlink mereka.

6. Backlink dari Guest Book atau Artikel Directory
Ketika mengunjungi suatu blog, pasti anda pernah melihat suatu postingan yang isinya adalah kumpulan link suatu blog. Kumpulan link tersebut akan menjadi sebuah backlink bagi blog tersebut. Backlink yang berasal dari Guest Book atau Artikel Direktory tersebut sangat tidak berkualitas dan dapat memberikan efek negatif bagi blog anda.

7. Backlink berasal dari Platfrom yang tidak beragam
Sumber dari sebuah backlink itu sangaet beraneka ragam. Ada yang bersumber dari blogspot, ada yang bersumber dari wordpress, ada yang bersumber dari sosial media, dan lain sebagainya. Backlink yang berasal dari platfrom yang tidak beragam meiliki efek yang kurang bagus bagi blog anda. Misal semua backlink anda hanya berasal dari sosial media atau hanya berasal dari blogspot saja.

8. Backlink dari aplikasi otomatis
Sebenarnya anda bisa mendapatkan banyak backlink dalam waktu yang sangat singkat dengan cara membeli backlink dari aplikasi otomatis. Backlink dari aplikasi mungkin dapat menaikkan blog anda, akan tetapi efeknya hanya sementera. Lambat laun, apabila Google sudah mendeteksi sumber backlink dari situs yang tidak wajar, maka blog anda akan turun dan bahkan bisa deindex.

9. Backlink dari iklan banner atau widget
Anda juga membuat sebuah backlink dengan menggunaka iklan banner atau widget yang terpasang dari suatu blog. Akan tetapi backlink jenis tersebut dianggap backlink yang tidak berkualitas oleh Google karena bertujuan hanya untuk meningkatkan trafik blog anda tanpa ada relevansi nya dengan sebuah artikel.

10. Guest Post yang berkualitas rendah
Guest Post merupakan salah satu jenis backlink yang paling natural dan paling sering digunakan oleh seorang blogger untuk menanamkan sebuah backlink pada blog mereka. Ketika memutuskan untuk menanam backlink dari guest post, pastikan sumber tersebut berkualtias. Anda bisa mengecek terlebih dahulu DA, PA, Spam Score, Kualitas artikel, jumlah index google, alexa rank, dan kualitas backlink mereka.

Yak, kira-kira itulah 10 jenis backlink yang tidak berkualitas yang dapat memberikan efek negatif bagi blog yang anda kelola. Sebagai pemilik blog, anda harus selalu memperhatikan dari mana backlink blog anda berasal. Jika anda mendapatkan backlink yang tidak anda inginkan atau dengan kata lain backlink yang tidak berkualitas, anda bisa menolaknya dengan Disavow Tools.

Jangan lupa untuk membaca juga artikel saya mengenai cara memfilter dan membuat daftar backlink yang tidak berkualitas kemudian menolaknya. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "10 Jenis Backlink Yang Tidak Berkualitas dan Memiliki Efek Negatif Bagi Blog"

close