Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Agar File Word Tidak Berantakan Ketika Dibuka di Perangkat Lain

Cara Agar File Word Tidak Berantakan Ketika Dibuka di Perangkat Lain - Hallo sobat koplo, Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang paling sering digunakan orang-orang untuk membuat suatu dokumen. Bahkan, hampir setiap Laptop atau Komputer pasti didalamnya terinstall aplikasi pengolah kata ini. Karena memang Micsoroft Word ini sangat mudah untuk digunakan dan tampilan interface nya yang sangat sederhana.

Ketika sedang membuka file Microsoft Word, pernahkah anda mengalami tiba-tiba isi dari Word tersebut berantakan ketika anda membukanya diperangkat lain? Padahal, ketika anda membuka di perangkat anda sendiri, isi dari file Word tersebut rapi. Saya yakin, sebagian besar dari pengguna Microsoft Word pasti pernah mengalami hal tersebut.
Cara Agar File Word Tidak Berantakan Ketika Dibuka di Perangkat Lain
Cara Agar File Word Tidak Berantakan Ketika Dibuka di Perangkat Lain

Cara Agar File Word Tidak Berantakan Ketika Dibuka di Perangkat Lain

Permasalahan file Word yang tiba-tiba menjadi berantakan ketika dibuka di perangkat lain memang sangat meresahkan. Pasalnya, mau tidak mau, anda harus merapikan kembali file tersebut. Proses merapikan kembali file tersebut pasti membutuhkan waktu yang sangat lama. Apalagi jika jumlah halamannya sangat banyak.

Yang menjadi pertanyaan, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Penyebab hal tersebut bisa terjadi adalah terdapat perbedaan versi Microsoft Word antara pembuat file dengan pembuka file. Hal tersebut paling sering terjadi ketika pembuka file memiliki Microsoft Word dengan versi yang lebih rendah dari pada pembuat file.

Misalnya si pembuat file menggunakan Microsoft Word 2016, dan pembuka file tersebut hanya memiliki Microsoft Word 2003. Dapat kita pahami bersama jika terdapat perbedaan versi yang sangat jauh diantara keduanya. Jadi, terdapat beberapa fitur yang terdapat pada Microsoft Word 2016 yang tidak bisa dijalankan di Microsoft Word 2003.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi agar file Microsoft Word tidak berantakan ketika dibuka di perangkat lain? Cara paling sederhana yang dapat anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara menurunkan format dari file yang anda buat.

Pasti anda sudah mengetahu bahwa biasanya file Microsoft Word akan tersimpan dengan format *.docx. Untuk menghindari file word yang berantakan ketika dibuka diperangkat lain, maka anda harus menurunkan format dari file yang anda bikin. Misal dengan format Word 97-2003 Document (*.doc) atau Rich Text Format (*.rrf). Silahkan anda pilih salah satu. Berikut adalah tutorialnya :

1. Pertama, silahkan anda buka aplikasi Microsoft Word
2. Setelah itu, silahkan anda selesaikan pengetikkan dokumen anda. Jika file sudah selesai anda ketik, silahkan tekan File -> Save As -> Browse
Cara Agar File Word Tidak Berantakan Ketika Dibuka di Perangkat Lain
Save as document

3. Setelah jendela Save As muncul, silahkan anda beri nama file sesuai dengan keinginan anda. Pada bagian Save as Type, silahkan anda pilih Word 97-2003 Document (*.doc) atau Rich Text Format (*.rrf). Silahkan anda pilih salah satu. Setelah itu klik Save.
Cara Agar File Word Tidak Berantakan Ketika Dibuka di Perangkat Lain
Pilih format Word 97-2003 Document atau Text Format

4. Dokumen anda sudah berhasil tersimpan dengan format Word 97-2003 Document (*.doc) atau Text Format (*.rrf).

Sekarang, file microsoft word anda sudah tersimpan dengan versi yang lebih rendah daripada aslinya. Dengan begitu, anda sudah tidak perlu khawatir file Word yang tiba-tiba berantakan ketika dibuka diperangkat lain. File Word yang anda buka diperangkat lain tersebut akan terbuka sama persis dengan tampilan di komputer atau perangkat anda. Apabila terdapat perbedaan, perbedaan tersebut tidak akan signifikan.

Yak, kira-kira seperti itulah cara agar file Microsoft Word tidak berantakan ketika dibuka dengan perangkat lain. Hal tersebut disebabkan karena adanya perbedaan versi antara pembuat word dengan pembuka word. Cara untuk mengatasinya yaitu dengan cara menurunkan versi dari dokumen tersebut. 

Jangan lupa untuk membaca artikel saya mengenai cara mengubah background pada halaman tertentu di Microsoft Word. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Cara Agar File Word Tidak Berantakan Ketika Dibuka di Perangkat Lain"

close