Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Agar Hasil Convert Excel ke PDF Tidak Terpotong

Cara Agar Hasil Convert Excel ke PDF Tidak Terpotong - Hallo sobat koplo, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara untuk mengubah file Excel menjadi PDF (Convert Excel to PDF). Proses mengconvert file Excel ke PDF memang sangat mudah untuk anda lakukan. Akan tetapi, terkadang timbul suatu permasalahan dimana hasil convert Excel ke PDF nya terpotong.

Hal tersebut tentu akan sangat mengganggu anda dikarenakan file yang seharusnya hanya satu lembar saja, pada hasil convernya menjadi lebih dari 1 lembar. Sehingga membuat file tersebut menjadi susah untuk dibaca dan dipahami. Lalu, bagaimana cara agar file hasil convert Excel ke PDF tidak terpotong?
Cara Agar Hasil Convert Excel ke PDF Tidak Terpotong
Cara Agar Hasil Convert Excel ke PDF Tidak Terpotong

Cara Agar Hasil Convert Excel ke PDF Tidak Terpotong

Permasalahan terpotongnya suatu dokumen ketika mengconvert excel ke PDF sering terjadi di banyak orang. Hal tersebut disebabkan karena ukuran dokumen pada microsoft excel tidak sesuai dengan ukuran kertas pada file PDF nya.

Biasanya ukuran dokumen pada file Excel, terlalu lebar sehingga hasil convert PDF nye menjadi terbagi kedalam 2 lembar. Apakah anda pernah mengalami juga hal seperti itu? Jika pernah, apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan simak beberapa tips berikut ini :

1. Atur ukuran Kertas pada Ms. Excel
Hal terpenting yang harus anda lakukan agar file hasil convert tidak terpotong adalah memastikan ukuran kertas pada microsoft excel anda sudah benar. Cara untuk mengatur ukuran kertas, silahkan anda masuk ke menu Page Layout -> Size -> Pilih ukuran kertas
Cara Agar Hasil Convert Excel ke PDF Tidak Terpotong
Atur ukuran kertas

2. Atur orientasi kertas
Orientasi kertas juga tidak kalah penting untuk anda perhatikan ketika mau mengconvert file Excel menjadi PDF. Pastikan orientasi kertas anda sudah benar.. Orientasi kertas terdiri dari 2 macam, yaitu Potrait dan Landscape. Untuk mengatur orientasi kertas, silahkan anda masuk ke Page Layout -> Orientation -> Pilih Potrait/Landscape.
Cara Agar Hasil Convert Excel ke PDF Tidak Terpotong
Atur orientasi kertas

3. Page Break Preview
Setelah selesai mengatur ukuran kertas dan orientasi kertas, langkah terakhir yang anda lakukan adalah mengecek Page Break Preview. Secara sederhana Page Break Preview adalah mode untuk melihat pembagian halaman ketika anda mengconvert file Excel anda. Untuk masuk ke Page Break Preview, silahkan anda klik icon Page Break Preview yang berada dipojok kanan bawah.
Cara Agar Hasil Convert Excel ke PDF Tidak Terpotong
Lihat page break preview

Tampilan Page Break Preview kira-kira seperti gambar dibawah ini :
Cara Agar Hasil Convert Excel ke PDF Tidak Terpotong
Tabel masih melebihi batas page break preview

Jika dilihat dari gambar diatas, Kolom A – J akan berada di halaman 1, dan kolom K-P berada di halaman 2. Tabel yang ada pada file excel tersebut sudah melebihi kolom J, jadi ketika anda mengconvert atau mengeprint file excel tersebut, tabel tersebut sudah pasti akan terpotong. 

Oleh karena itu, anda harus mengatur ulang posisi dari tabel tersebut sehingga tabel tersebut tidak melebihi batas per halamannya. Anda bisa melakukan cut lalu paste atau mengubah lebar Page Break View nya. Jika sudah diatur posisinya, akan menjadi seperti ini :
Cara Agar Hasil Convert Excel ke PDF Tidak Terpotong
Atur sehingga tidak melebihi batas

Sekarang, tabel tersebut sudah tidak melebihi batas halaman pada Page Break Preview. Jadi ketika anda melakukan convert atau print terhadap tabel tersebut, tabel tersebut tidak akan terpotong.

Yak, kira-kira seperti itulah cara agar hasil convert Excel ke PDF tidak terpotong. Terdapat 3 hal yang harus anda perhatikan yaitu ukuran kertas, orientation kertas, dan page break preview. Jangan lupa baca juga artikel saya mengenai cara mengcopy file PDF yang tidak bisa dicopy. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo. 

Posting Komentar untuk "Cara Agar Hasil Convert Excel ke PDF Tidak Terpotong"

close