Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Copy Paste Beberapa Kalimat Acak Secara Sekaligus dengan Fitur Spike Microsoft Word

Cara Copy Paste Beberapa Kalimat Acak Secara Sekaligus dengan Fitur Spike Microsoft Word - Hallo sobat koplo, ketika sedang membuat sebuah artikel menggunakan Microsoft Word, pasti anda pernah melakukan Copy Paste sebuah kalimat atau paragraf dari dokumen Word Lainnya. Misalnya dalam dokumen tersebut terdapat beberapa kalimat atau paragraf yang posisinya acak dan harus anda Copy Paste, apakah anda ingin menyalinnya secara satu per satu?

Jika hanya ada 2 paragraf yang ingin anda copy paste dan ururan paragraf tersebut berurutan, maka tidak ada masalah jika anda melakukan copy paste dengan cara biasa. Akan tetapi jika terdapat beberapa paragraf yang ingin anda copy paste dan paragraf tersebut tidak berurutan atau acak, ketika anda melakukan copy paste dengan cara biasa, maka anda harus mencopy paste nya satu per satu.
Cara Copy Paste Beberapa Kalimat Acak Secara Sekaligus dengan Fitur Spike Microsoft Word
Cara Copy Paste Beberapa Kalimat Acak Secara Sekaligus dengan Fitur Spike Microsoft Word

Apa itu Fitur Spike di Microsoft Word?

Jika anda melakukan copy paste satu per satu pada setiap paragraf yang ingin anda copy paste, hal tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama. Apalagi jika jumlah paragraf atau kalimat yang ingin anda copy sangat banyak.

Menanggapi hal tersebut, Microsoft Word menghadirkan fitur yang dinamakan Spike. Apa itu Fitur Spike? Fitur spike ini pada dasarnya hampir sama dengan fitur Copy Paste pada umum nya. Yang membedakan adalah jika pada Copy Paste biasa, anda hanya bisa melakukan copy terhadap 1 kalimat yang berurutan atau yang anda blok saja, akan tetapi dengan fitur spike, anda bisa mengcopy beberapa kalimat atau paragraf yang posisinya acak, kemudian menempel atau paste secara bersamaan.

Jadi, kalimat-kalimat yang anda copy tersebut akan tersimpan didatabase sementara, dan ketika anda menempel beberapa kalimat yang sudah anda copy tersebut, kalimat tersebut akan dikeluarkan dari data base. Dan database akan kembali kosong. Lalu bagaimana cara untuk menggunakan fitur Spike?

Cara menggunakan fitur Spike Microsoft Word

Jika selama ini anda masih menggunakan copy paste biasa untuk mengcopy beberapa kalimat atau paragraf yang posisinya acak, maka anda harus meniggalkan cara tersebut. Karena cara tersebut sangat lama dan tidak efisien. Untuk menggantikannya, anda bisa menggunakan fitur Spike. Berikut tutorialnya :

1. Pertama, silahkan anda buka file Microsoft Word yang ingin anda Spike
2. Sebagai pemisalan, anda ingin mengcopy kalimat yang sudah ditandai dengan warna kuning. Seperti yang kita lihat, kalimat tersebut posisinya acak. Jika anda menggunakan copy paste biasa, maka anda harus melakukannya sebanyak 3x. Tapi dengan Fitur Spike, anda bisa melakukannya hanya dalam 1 waktu saja.
Cara Copy Paste Beberapa Kalimat Acak Secara Sekaligus dengan Fitur Spike Microsoft Word
Kalimat yang ingin anda copy paste posisinya acak

3. Untuk melakukan spike, silahkan anda blok kalimat tersebut, kemudian tekan Ctrl + F3 (beberapa laptop ada yang menggunakan Ctrl + Fn + F3). Setelah anda menekan tombol tersebut, kalimat yang anda blok atau terpotong atau cut. Lanjutkan pada kalimat berikutnya.
Cara Copy Paste Beberapa Kalimat Acak Secara Sekaligus dengan Fitur Spike Microsoft Word
Lakukan spike dengan cara menekan Ctrl + F3 atau Ctrl + Fn + F3

4. Setelah semua kalimat sudah anda Spike (Ctrl + F3 atau Ctrl + Fn + F3), maka langkah selanjutnya adalah menempel kalimat hasil spike tersebut. Silahkan anda tekan Ctrl + Shift + F3 (beberapa laptop ada yang menggunakan Ctrl + Shift + Fn + F3). Maka secara otomatis, semua kalimat yang sudah anda copy tadi akan terpaste secara sekaligus.
Cara Copy Paste Beberapa Kalimat Acak Secara Sekaligus dengan Fitur Spike Microsoft Word
Tekan Ctrl + Shift + F3 atau Ctrl + Shift + Fn + F3 untuk menempel

5. Selamat anda sudah berhasil melakukan copy paste terhadap beberapa kalimat yang posisi nya acak secara sekaligus.

Kenapa kalimat yang di Spike terpotong atau seperti di Cut?

Memang ketika anda melakukan Spike terhadap suatu kalimat, kalimat tersebut akan terpotong dan akan dimasukkan ke dalam database sementera. Jika anda menginginkan kalimat tersebut tidak terpotong, anda hanya perlu melakukan Undo atau Ctrl + Z setelah melakuan Spike.

Ketika anda melakukan Undo atau Ctrl + Z, maka kalimat yang sebelumnya terpotong akan dikembalikan seperti semula. Dan dalam database Spike, kalimat tersebut tetap ada. Jadi, anda tetap bisa melakukan Paster terhadap Spike yang sudah anda buat.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk melakukan Copy Paste terhadap kalimat yang posisinya acak secara sekaligus. Dengan cara ini, anda bisa melakukan copy paste lebih cepat dari sebelumnya karena anda tidak perlu melakukannya satu per satu. Jangan lupa untuk membaca artikel saya mengenai cara membuat halaman potrait dan landscape dalam satu file Microsoft Word. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Cara Copy Paste Beberapa Kalimat Acak Secara Sekaligus dengan Fitur Spike Microsoft Word"

close