Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Header Tabel Otomatis Microsoft Word Di Setiap Halaman

Cara Membuat Header Tabel Otomatis Microsoft Word di Setiap Halaman  - Hallo sobat koplo, ketika membuat suatu dokumen di Microsoft Word, terkadang kita memerlukan bantuan sebuah tabel untuk menyajikan sebuah data. Karena, tidak semua data bisa dijelaskan dengan kata-kata. Jika dipaksa dengan kata, penjelasan tersebut akan bertele-tele dan data menjadi tidak mudah untuk dipahami. Dengan adanya sebuah tabel, data-data tersebut akan tersaji dengan singkat, padat, dan jelas. 

Jumlah data yang kita masukkan ke dalam tabel pun tidak bisa diprediksi. Terkadang ada data yang jumlah nya cuma sedikit, ada juga data yang jumlahnya sangat banyak. Sehingga ketika dituangkan dalam bentuk tabel, hasilnya bisa berlembar lembar. Hal yang menjadi masalah ketika jumlah tabel berlembar-lembar adalah masalah header. Sebuah header harus ada disetiap lembar untuk memudahkan pembaca dalam mengidentifikasi data apa yang ada didalam kolom tersebut.
Cara Menambahkan Header Tabel Otomatis Ketika Tabel Berlanjut di Halaman Berikutnya
Cara Menambahkan Header Tabel Otomatis Ketika Tabel Berlanjut di Halaman Berikutnya

Cara Menambahkan Header Tabel Otomatis Ketika Tabel Berlanjut di Halaman Berikutnya

Secara umum, ketika membuat sebuah tabel dengan jumlah berlembar-lembar, header dari tabel tersebut hanya ada dihalaman pertama tabel tersebut. Dihalaman-halaman berikutnya, header tabel tersebut sudah tidak dimunculkan.

Hal tersebut tentu akan menyusahkan pembaca dalam memahami isi tabel. Karena mereka harus melakukan scroll ke halaman pertama tabel hanya untuk melihat dari header tabel tersebut. Dari sini kita bisa melihat betapa pentingnya sebuah header dari suatu tabel.

Header sangat penting bagi suatu tabel dikarenakan header adalah judul yang memberitahuan kepada pembaca dikolom tersebut berisi data tentang apa. Tanpa adanya sebuah header, tabel tidak akan bisa dipahami isinya. Lalu bagaimana cara untuk menambahkan header pada setiap halaman tabel tersebut?

Untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi tabel, maka ketika tabel anda tidak cukup anda tampilkan dalam satu halaman, anda wajib menambahkan header pada tabel yang berada dihalaman berikutnya. Jika anda belum mengetahui caranya, silahkan ikuti tutorial berikut ini :

1. Misalnya anda memiliki sebuah tabel yang panjangnya mencapai 3 halaman di Microsoft Word. Dimana header tabel tersebut hanya ada dihalaman pertama. Sedangkan dihalaman kedua dan ketiga, tabel tersebut tidak memiliki header.
Cara Menambahkan Header Tabel Otomatis Ketika Tabel Berlanjut di Halaman Berikutnya
Header cuma ada dihalaman pertama

2. Untuk menambahkan header dihalaman kedua dan ketiga secara otomatis, pertama anda harus memblok header pada halaman pertama, kemudian klik kanan -> Tabel Properties
Cara Menambahkan Header Tabel Otomatis Ketika Tabel Berlanjut di Halaman Berikutnya
Masuk ke table properties

3. Setelah itu akan terbuka jendela Tabel Properties, silahkan anda masuk ke menu Row, kemudian beri tanda centang pada bagian Repeat as header row at the top of each page. Setelah itu klik OK
Cara Menambahkan Header Tabel Otomatis Ketika Tabel Berlanjut di Halaman Berikutnya
Centang bagian repeat as header row at the top of each page

4. Maka setelah anda mengeklik OK, tabel yang berada dihalaman kedua dan ketika akan memiliki header secara otomatis.
Cara Menambahkan Header Tabel Otomatis Ketika Tabel Berlanjut di Halaman Berikutnya
Header secara otomatis akan ditambahkan ke helaman berikutnya

Dengan menggunakan cara ini, header yang berada dihalaman kedua dan ketiga akan selalu menyesuaikan header halaman pertama. Misalnya anda melakukan perubahan pada header yang berada dihalaman pertama, maka secara otomatis header yang ada dihalaman kedua dan ketiga juga akan berubah.

Selain itu, header tersebut juga akan selalu berada diposisi paling atas meskipun anda melakukan penambahan baris atau penghapusan baris pada halaman tertentu. Header tersebut tidak akan terpengaruh oleh perubahan tersebut. Jadi posisinya akan selalu diatas.

Itulah keuntungan jika anda menggunakan cara ini untuk menambahkan header di halaman lanjutan sebuah tabel. Karena jika anda membuat headernya secara manual, maka ketika anda mengubah header pada halaman satu, anda juga harus mengubah di halaman berikutnya. Ditambah lagi jika anda melakukan penambahan atau penghapusan baris, posisi header tersebut juga akan terpengaruh. 

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk menambahkan header secara otomatis ketika tabel berlanjut ke halaman berikutnya. Header tersebut sifatnya otomatis, otomatis terhadap perubahan dan otomatis berada di posisi paling atas. Jangan lupa untuk membaca artikel saya mengenai cara mengubah lokasi penyimpanan default Microsoft Word. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Header Tabel Otomatis Microsoft Word Di Setiap Halaman"

close