Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki File PDF Yang Rusak/Corrupt/Tidak Bisa Dibuka Tanpa Aplikasi

Cara Memperbaiki File PDF Yang Rusak/Corrupt/Tidak Bisa Dibuka Tanpa Aplikasi - Hallo sobat koplo, kita semua tahu bahwa setiap dokumen yang kita simpan di perangkat kita bisa rusak atau tidak bisa dibuka. Penyebabnya pun beraneka ragam. Misal Salah satu dokumen yang sering mengalami kerusakan adalah PDF. 

Tentu, kita akan sangat merasa kesal jika tiba-tiba file PDF yang kita miliki tidak bisa dibuka. Apalagi jika file tersebut berisi data-data yang cukup penting. Jika file tersebut rusak, data tersebut akan hilang dan dampaknya akan sangat besar. Lalu apa yang harus kita lakukan jika mengalami hal tersebut? Untuk membantu anda dalam menyelesaikan masalah tersebut, kali ini saya akan membahas bagaimana cara untuk memperbaiki file PDF yang rusak.
Cara Memperbaiki File PDF Yang Rusak/Corrupt/Tidak Bisa Dibuka Tanpa Aplikasi
Cara Memperbaiki File PDF Yang Rusak/Corrupt/Tidak Bisa Dibuka Tanpa Aplikasi 

Penyebab rusaknya file PDF

Semua file yang tersimpan di perangkat komputer memang bisa terjadi kerusakan sewaktu-waktu meskipun kita sedang tidak membukanya. Agar bisa memperbaiki kerusakan yang terjadi pada file PDF, alangkah lebih baik jika anda mengetahui beberapa penyebab dari rusaknya file PDF. Berikut adalah beberapa penyebab ruksanya file PDF yang anda miliki :

1. File terinfeksi virus
Salah satu penyebab yang paling sering dijumpai adalah dikarenakan file tersebut terinfeksi dengan virus. Virus dalam dunia komputer memang memiliki kemampuan untuk merusak suatu program. Salah satunya adalah file PDF.

2. File ditutup dengan tidak benar
Ketika sedang membuka suatu file, pastikan anda menutup file tersebut dengan cara yang benar. Silahkan anda save file tersebut kemudian tutup satu per satu. Karena menutup file dengan cara yang tidak benar dapat mengakibatkan kegagalan pada file tersebut.

3. File download yang tidak lengkap
Terkadang kita mendownload file PDF dari internet atau menerimanya dari teman anda. Ketika proses penyimpanan di perangkat anda, sebelumnya file tersebut akan didownload. Proses download yang tidak lengkap bisa menyebabkan kerusakan pada file. Terutama jika anda mendownload menggunakan kecepatan internet yang rendah.

4. Sistem tershutdown secara tidak benar
Bekerja menggunakan sistem komputer sangat menggantungkan terhadap baterai atau listrik yang mengalir ke perangkat. Ketika aliran listrik tersebut terputus, maka secara otomatis perangkat akan mati dengan cara yang tidak benar. Hal tersebut bisa merusak sistem serta file yang sedang dibuka.

5. Penampil PDF tidak kompatibel
File PDF yang tidak bisa dibuka tidak selalu file tersebutlah yang rusak. Bisa saja file tersebut tidak bisa dibuka dikarenakan software atau aplikasi penampil PDF yang tidak kompatibel atau tidak bisa untuk membuka file tersebut. Jadi usahakan untuk selalu menggunakan software yang terupdate.

6. Kegagalan pada harddisk
Penyebab rusaknya file PDF yang terakhir adalah kegagalan atau kerusakan pada penyimpanan atau harddisk. Misalnya Harddisk bad sector. Harddisk yang rusak sudah pasti akan menurun dari segi performa nya dalam menyimpan suatu file. Sehingga hal tersebut menyebabkan file PDF yang anda miliki mengalami kerusakan.

Cara Memperbaiki File PDF Yang Rusak/Corrupt/Tidak Bisa Dibuka Tanpa Aplikasi

Mendapati file yang kita miliki tiba-tiba tidak bisa dibuka memang sangat mengesalkan. Terlebih jika file tersebut benar-benar urgent atau akan digunakan untuk hal penting. Lalu bagaimana cara untuk memperbaiki file PDF yang rusak/corrupt/tidak bisa dibuka tersebut?

Jika file PDF yang anda miliki rusak/corrupt/tidak bisa dibuka, maka anda tidak perlu terlalu panik dikarenakan file tersebut masih ada peluang untuk diperbaiki jika kerusakannya belum terlalu parah. Pada saat ini sudah banyak tools-tools yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki file PDF anda.

Salah satu tools yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki file PDF yang rusak adalah I Love PDF. Di I Love PDF, terdapat fitur bernama PDF Repair yang bisa memulihkan file PDF anda yang rusak.

Berdasarkan yang tertulis pada halaman Repair PDF, I Love PDF akan memperbaiki file corrupt atau file rusak yang anda upload. Tidak melihat seberapa banyak PDF yang rusak, kami akan dapat memulihkannya sebagian atau seluruhnya. Baiklah, langsung saja kita ke tutorialnya :

1. Pertama, silahkan anda buka halaman Repair PDF by I Love PDF 
2. Setelah itu, silahkan anda upload file PDF anda yang rusak atau corrupt dengan cara klik Select PDF File
Cara Memperbaiki File PDF Yang Rusak/Corrupt/Tidak Bisa Dibuka Tanpa Aplikasi
Select PDF file

3. Setelah itu, silahkan anda cari lokasi file PDF yang ingin anda perbaiki, jika sudah ketemu, silahkan klik Open
Cara Memperbaiki File PDF Yang Rusak/Corrupt/Tidak Bisa Dibuka Tanpa Aplikasi
Upload PDF yang mau diperbaiki

4. Setelah file PDF sudah terupload, silahkan anda klik Repair PDF untuk memulai proses perbaikan
Cara Memperbaiki File PDF Yang Rusak/Corrupt/Tidak Bisa Dibuka Tanpa Aplikasi
Klik repair PDF

5. I Love PDF akan mencoba memperbaiki file PDF anda. Silahkan tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai silahkan anda Klik Download File
Cara Memperbaiki File PDF Yang Rusak/Corrupt/Tidak Bisa Dibuka Tanpa Aplikasi
Download PDF 

6. Selesai. Sekarang silahkan anda coba buka file PDF yang sudah direpair.

Solusi lain untuk mengatasi PDF yang tidak bisa dibuka

Jika setelah melakukan cara diatas file PDF anda tetap tidak bisa dibuka. Maka kemungkinan eror tersebut bukan terjadi pada file PDF nya. Berikut adalah beberapa solusi lain yang dapat anda lakukan untuk mengatasi file PDF yang tidak bisa dibuka :

1. Update software pembuka PDF
Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan memperbarui atau update software pembuka PDF anda. Biasanya software yang terlalu jadul masih memiliki bug atau suatu masalah. Dengan melakukan update software, diharapkan file PDF anda dapat dibuka.

2. Mengganti software pembuka PDF
Jika setelah memperbarui software file anda tetap tidak bisa dibuka, maka cobalah untuk mengganti software pemuka PDF dengan software lain. Bisa jadi permasalahannya ada pada software yang anda gunakan tidak cocok dengan komputer anda sehingga peformanya tidak maksimal.

3. Coba buka file PDF melalui browser
Jika dengan mengganti software, PDF anda masih belum bisa dibuka, maka silahkan anda coba buka PDF anda melalui browser. Dikarenakan browser juga dapat digunakan untuk membuka berbagai jenis file.

4. Scan komputer anda
Anda juga bisa melakukan scan terhadap komputer anda untuk mengetahui apakah komputer anda terinfeksi virus atau tidak. Jika komputer anda terinfeksi virus, maka kinerja komputer anda tidak akan maksimal. Bisa jadi hal itu merupakan penyebab file PDF anda tidak bisa dibuka.

5. Sisakan ruang penyimpanan yang cukup
Suatu komputer dapat bekerja dengan maksimal jika ruang penyimpanannya masih tersisa ruang kosong. Ruang penyimpanan yang penuh akan memberatkan komputer anda dan hal tersebut membuat kinerja komputer anda menjadi kurang maksimal. Silahkan anda coba kosongkan ruang penyimpanan anda dan coba buka lagi file PDF anda.

6. Buat ulang file PDF anda
Langkah terakhir yang dapat anda lakukan jika file PDF anda masih tetap tidak bisa dibuka adalah dengan membuat ulang file PDF anda. Membuat ulang disini memiliki artikel membuat file PDF dari awal atau mendownload ulang file PDF anda.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk memperbaiki file PDF yang rusak/corrupt/tidak bisa dibuka. Semoga dengan membaca artikel saya diatas anda dapat mengatasi dan memperbaiki file PDF anda yang rusak. Jangan lupa baca juga tips PDF lainnya yang berjudul Cara mengecilkan ukuran file PDF hingga 89%. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki File PDF Yang Rusak/Corrupt/Tidak Bisa Dibuka Tanpa Aplikasi "

close