Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengcopy File PDF yang Tidak Bisa Dicopy (PDF Diproteksi)

Cara Mengcopy File PDF yang Tidak Bisa Dicopy (PDF Diproteksi) - Hallo sobat koplo, ketika sedang menulis atau belajar tentang suatu hal, pasti anda memerlukan referensi dari suatu blog atau dokumen. Misalnya referensi dari suatu jurnal atau karya ilmiah. Biasanya jurnal atau karya ilmiah tersebut disimpan dalam bentuk file PDF.

Akan tetapi, pernahkah anda mengalami ketika sedang mencari referensi dari berbagai sumber, misalnya sumbernya dari file PDF, File PDF tersebut malah tidak bisa dicopy paste atau diproteksi. Padahal hanya itulah satu-satunya referensi yang menurut anda paling bagus. Hal tersebut tentu akan sangat menghambat anda. Dengan begitu, mau tidak mau anda harus menulis ulang setiap kalimat yang tertera didalam PDF tersebut.
Cara Mengcopy File PDF yang Tidak Bisa Dicopy (PDF Diproteksi)
Cara Mengcopy File PDF yang Tidak Bisa Dicopy (PDF Diproteksi)

Cara Mengcopy File PDF yang Tidak Bisa Dicopy (PDF Diproteksi)

Sebuah file PDF yang tidak bisa dicopy paste menandakan pemilik file memproteksi file PDF tersebut agar tidak diplagiarisme oleh orang lain. Lalu apa yang harus kita lakukan ketika suatu file PDF tidak bisa dicopy paste? Apakah kita memang harus menulisnya secara manual?

Menulis secara manual suatu dokumen sudah pasti akan memakan waktu yang cukup lama. Apalagi dokumen tersebut terdiri dari beberapa halaman. Oleh karena itu, untuk membantu menyelesaikan masalah anda, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara untuk mengcopy file PDF yang tidak bisa dicopy.

Cara Mengcopy File PDF yang Tidak Bisa Dicopy dengan Unlock PDF

Agar anda bisa melakukan copy paste file PDF yang sebalumnya tidak bisa dicopy, maka anda harus menghilangkan terlebih dahulu proteksi pada file PDF tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan Unlock PDF. Berikut adalah tutorialnya :

1. Pertama, silahkan anda buka halaman Unlock PDF 
2. Setelah itu, silahkan anda pilih file yang ingin anda copy paste dengan cara mengeklik Choose File
3. Setelah file terupload, silahkan anda klik Unlock File
Cara Mengcopy File PDF yang Tidak Bisa Dicopy (PDF Diproteksi)
Unlock PDF

4. Silahkan tunggu beberapa saat hingga proses Unlock File selesai. Setelah proses selesai, file PDF akan secara otomatis terdownload. 

5. Selamat, sekarang file tersebut sudah bisa anda copy paste

Cara Mengcopy File PDF yang Tidak Bisa Dicopy dengan I Love PDF

Selain menggunakan Unlock PDF, terdapat tools online lainnya yang dapat anda gunakan. Yaitu I Love PDF. Anda dapat menggunakan tools ini secara gratis di internet. Berikut adalah tutorialnya :

1. Pertama, silahkan anda buka halaman Unlock PDF by I Love PDF 
2. Kemudian, silahkan anda upload file yang ingin anda copy paste dengan cara mengeklik Select PDF File
Cara Mengcopy File PDF yang Tidak Bisa Dicopy (PDF Diproteksi)
Select PDF File

3. Setelah file anda sudah terupload, silahkan anda tekan Unlock PDF
Cara Mengcopy File PDF yang Tidak Bisa Dicopy (PDF Diproteksi)
Tekan Unlock PDF

4. I Love PDF akan menghilangkan proteksi pada file anda. Silahkan anda tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai, silahkan anda download file tersebut dengan cara mengeklik Download Unlocked PDFs
5. Selamat, sekarang anda sudah bisa melakukan copy paste pada file tersebut.

Cara Mengcopy File PDF yang Tidak Bisa Dicopy dengan PDF 2 Go

Cara terakhir yang dapat anda lakukan untuk mengcopy paste file PDF yang tidak bisa dicopy adalah dengan menghilangkan proteksinya menggunakan tools PDF 2 Go. Berikut adalah tutorialnya :

1. Pertama, silahkan anda buka halaman Unlock PDF by PDF 2 Go
2. Masukkan file PDF anda kedalam PDF 2 Go dengan cara menekan Choose File
Cara Mengcopy File PDF yang Tidak Bisa Dicopy (PDF Diproteksi)
Tekan choose file

3. Setelah file sudah terupload, silahkan anda klik Start untuk memulai proses
Cara Mengcopy File PDF yang Tidak Bisa Dicopy (PDF Diproteksi)
Klik start

4. PDF 2 Go akan menghilangkan proteksi pada file anda, silahkan anda tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai anda bisa mendownload file tersebut.

5. Selamat, sekarang file tersebut sudah dapat anda copy paste

Itulah 3 cara untuk mengcopy file PDF yang sebelumnya tidak bisa dicopy. Tutorial diatas adalah untuk meng-enable-kan PDF yang sebelumnya didisable copy pastenya. Jika file tersebut terdapat password yang memproteksi, maka anda harus menghilangkan password tersebut terlebih dahulu. Untuk tutorialnya, silahkan baca di artikel saya yang berjudul cara menghilangkan atau menghapus password file PDF.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengcopy file PDF yang tidak bisa dicopy. Ketika anda menghilangkan proteksi pada suatu file PDF, silahkan anda gunakan file tersebut hanya untuk kepentingan pribadi saja. Tidak untuk dikomersilkan. Jangan lupa untuk membaca artikel saya mengenai cara mengubah file Power Point menjadi PDF. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Cara Mengcopy File PDF yang Tidak Bisa Dicopy (PDF Diproteksi)"

close