Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menolak Backlink Tidak Berkualitas dengan Disavow Links

Cara Menolak Backlink Tidak Berkualitas dengan Disavow Links - Hallo sobat koplo, backlink merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi  sebuah blog. Sebuah blog yang memiliki backlink dengan jumlah banyak dan kualitas tinggi akan dengan mudah mendapatkan peringkat bagus dihasil pencarian Google atau artikel yang kita buat lebih mudah untuk masuk di Page One atau halaman pertama.

Sebaliknya, apabila blog kita memiliki banyak backlink akan tetapi kualitas dari backlink tersebut sangat buruk atau bisa dibilang sebagai backlink SPAM, maka blog kita akan dianggap buruk oleh Google. Adanya backlink yang seperti itu bukannya bisa meningkatkan kualias blog akan tetapi justru menghancurkan blog anda secara perlahan.
Cara Menolak Backlink Kualitas Buruk dengan Disavow Links
Cara Menolak Backlink Kualitas Buruk dengan Disavow Links

Apa yang dimaksud dengan Backlink?

Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Backlink. Jadi Backlink adalah suatu link dari blog lain yang apabila link tersebut dibuka akan mengarah ke Blog anda.

Sebagai contoh, misalnya anda membuat artikel yang berjudul Cara mendaftarkan blog ke Google News. Ketika anda menulis artikel tersebut, anda mengambil referensi dari Blog saya sehingga anda harus mencantumkan sumber seperti “Referensi : Blogger Koplo”.

Ketika anda membuatkan link yang mengarah ke blog saya, link tersebutlah yang menjadi backlink untuk blog saya. Nah, kira-kira seperti itulah pengertian dari backlink. Semoga anda dapat memahaminya.

Cara melihat daftar backlink yang mengarah ke blog kita

Sebagai pemilik blog, anda bisa melakukan pengecekan terhadap backlink yang mengarah ke Blog kita. Terdapat 2 tools yang biasa saya gunakan untuk mengecek backlink yang mengarah ke Blog saya. Yaitu menggunakan Google Search Console dan Semrush. Mari kira bahas satu per satu :

Cara mengecek backlink menggunakan Google Search Console

Untuk mengecek backlink, anda bisa menggunakan Google Search Console, berikut adalah tutorialnya :

1. Silahkan anda masuk ke Properti Domain anda di Google Search Console
2. Setelah itu, masuk ke bagian Situs -> Situs tertaut teratas
Cara Menolak Backlink Kualitas Buruk dengan Disavow Links
Buka situs teratas melalui Google Search Console

3. Kemudian, akan ditampilkan daftar semua situs yang memberikan backlink ke Blog anda
Cara Menolak Backlink Kualitas Buruk dengan Disavow Links
Daftar backlink

Cara mengecek backlink menggunakan Semrush

Cara kedua yang dapat anda lakukan untuk mengecek backlink yang mengarah ke situs anda adalah dengan menggunakan Tool Semrush. Caranya adalah sebagai berikut :
1. Silahkan anda buka halaman Bakclink Analytics Semrush. Jika halaman tidak terbuka, silahkan anda buat akun semrush terlebih dahulu (Gratis), kemudian Login
2. Setelah itu, ketikkan nama domain yang ingin anda cek daftar Backlinknya. Setelah itu klik Analyze
Cara Menolak Backlink Kualitas Buruk dengan Disavow Links
Ketikkan domain anda

3. Setelah proses analisa selesai, akan ditampilkan seluruh backlink yang mengarah ke Blog anda
Cara Menolak Backlink Kualitas Buruk dengan Disavow Links
Masuk ke menu backlink

Memfilter backlink yang tidak berkualitas

Setelah mengetahui daftar backlink yang mengarah ke Blog anda, maka langkah selanjutnya adalah mimfilter antara backlink yang berkualitas dan backlink yang tidak berkualitas. Karena kita tahu, bahwa dari sekian banyak backlink yang mengarah ke blog anda, pasti terdapat beberapa backlink yang tidak berkualitas. Oleh karena itu, anda harus memfilternya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa backlink yang tidak berkualitas dan memiliki efek negatif bagi blog anda :

1. Bersumber dari blog yang sama sekali tidak relevan dengan blog anda
2. Bersumber dari blog yang melanggar ketentuan Google (Misalnya : Blog Dewasa, J*di, dan lain sebagainya)
3. Bersumber dari SPAM komentar
4. Bersumber dari Guest Book atau halaman yang hanya berisi link-link saja
5. Bersumber dari domain yang sudah kadaluarsa
6. Bersumber dari domain yang memiliki Spam Skor sangat tinggi
7. Bersumber dari blog PBN (Private Blog Network) yang berlebihan
8. Bersumber dari web atau artikel Direktori
9. Bersumber dariblog yang berbahasa asing (berbeda dengan bahasa utama blog kita)

Itulah beberapa daftar Backlink yang memiliki kualitas buruk untuk suatu blog. Untuk itu, anda harus melakukan disavow terhadap domain-domain dengan kriteria diatas.

Apa yang dimaksud dengan Disavow links?

Setelah selesai memfilter antara backlink berkualitas dan backlink yang tidak berkualitas, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan Disavow Links atau menolak Backlink Tersebut. 

Apa yang dimaksud dengan Disavow Backlink? Jadi, Disavow Links adalah tools yang disediakan oleh Google Search Console yang membantuk pemilik blog untuk memberitahukan kepada Google untuk menolak atau menghiraukan backlink dari domain yang ada didalam daftar yang anda kirimkan.

Dengan melakukan Disavow terhadap backlink-backlink tersebut, maka Google akan mengabaikan backlink tersebut dan menganggapnya tidak ada. Sehingga backlink tersebut tidak akan menurunkan kualitas blog anda.

Cara membuat daftar backlink yang akan di Disavow

Sekarang anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan Disavow Link. Untuk dapat menggunakan Disavow Link, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuat daftar Backlink yang ingin anda tolak. Anda dapat menolak backlink dengan 2 cara, yaitu :
-Menolak per artikel, dan
-Menolak seluruh domain

Biasanya, disavow links akan lebih efektif jika anda menolak backlink tersebut dari seluruh domain. Karena jika anda menolak per artikel, jika ada artikel lain dari domain tersebut yang memberikan backlink ke blog anda, backlink pada artikel lain tersebut tidak ikut terdisavow. Berikut adalag beberapa ketentuan dalam membuat daftar backlink yang akan di disavow :

1. Daftar backlink yang akan didisavow harus menggunakan format .txt (anda bisa membuat file dengan format txt menggunakan Notepad)
2. Setiap 1 backlink ditulis dalam 1 baris. Untuk menambahkan backlink lain, silahkan lakukan enter
3. Panjang URL maksimum adalah 2.048 karakter
4. Ukuran file maksimum adalah 100.000 baris (termasuk baris kosong dan baris komentar)
5. Cara membuat baris komentar adalah dengan cara menambahkan tanda Pagar di setiap awal baris. Google tidak akan membaca baris yang diawali dengan tanda pagar

6. Format penulisan backlink per artikel adalah sebagai berikut :
# artikel yang akan ditolak
http://domainspam.com/stuff/comments.html
http://domainspam.com/stuff/paid-links.html

7. Format penulisan backlink pada seluruh domain adalah sebagai berikut :
# Seluruh domain yang akan ditolak
domain:domainspam.com
domain:domainburuk.com

Silahkan anda buat file dengan ketentuan diatas, kemudian simpan file tersebut dengan format .txt
Cara Menolak Backlink Kualitas Buruk dengan Disavow Links
Contoh file disavow

Cara mengirim daftar Backlink untuk didisavow

Setelah anda selesai membuat daftar backlink yang ingin anda disavow, langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah mengupload file tersebut ke Tools Disavow Link. Berikut adalah tutorialnya :

1. Pertama, silahkan anda kunjungi halaman Disavow Links 
2. Setelah itu, silahkan anda pilih properti domain yang ingin anda lalu upload daftar backlink yang sudah anda buat dengan format .txt
Cara Menolak Backlink Kualitas Buruk dengan Disavow Links
Pilih properti domain

3. Setelah daftar domain yang ingin anda tolak berhasil diupload, silahkan anda tunggu hingga google memproses permintaan anda.
Cara Menolak Backlink Kualitas Buruk dengan Disavow Links
Upload file Disavow

Cara mengupdate daftar backlink yang disavow

Seiring berjalannya waktu, pasti backlink yang mengarah ke blog anda akan selalu meningkat. Hal tersebut kemungkinan akan menambah domain spam yang mengarah ke blog anda. Jika ternyata, terdapat backlink spam baru yang mengarah ke blog anda, maka anda harus mengupdate daftar yang sudah anda kirimkan sebelumnya.

Jika untuk mengupdate daftar backlink yang sudah anda upload sebulmua adalah sebagai berikut :
1. Pertama, silahkan anda download daftar backlink yang sudah anda upload ke Tools Disavow Links
2. Setelah itu, silahkan anda tambahkan domain terbaru tersebut dibawah daftar yang sudah anda buat sebelumnya
3. Setelah proses pena,bahan selesai, silahkan anda simpan file tersebut dengan format .txt kemudian upload kembali ke tools Disavow Link

Mengapa anda harus mendownload dan manambahkan daftar baru dibawah daftar yang lama? Karena jika anda hanya membuat daftar baru, maka daftar yang lama akan terhapus dan tidak akan didisavow lagi.

Cara menghapus daftar backlink yang sudah anda Disavow

Jika anda berubah pikiran atau melakukan kesalahan dalam membuat daftar backlink yang didisavow, maka anda dapat menghapus daftar backlink tersebut dari Disavow tools. Caranya adalah sebagai berikut :
1. Pertama, silahkan anda buka halaman Disavow Link
2. Pilih properti domain yang sudah anda upload daftar backlink yang di Disavow
3. Setelah itu, silahkan Klik Batalkan Penolakan. Setelah itu, Google akan menghapus daftar tersebut dari disavow link. Dan link yang sebelumnya ada di disavow link akan diindeks dan dicrawl ulang.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk menolak backlink tidak berkualitas dengan Disavow Link. Hal terpenting yang harus anda ketahui, tidak semua backlink itu memiliki efek yang bagus bagi web anda. Terdapat juga backlink yang memiliki efek buruk bagi sebuah blog. Untuk itu anda harus menolaknya dengan disavow link. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Cara Menolak Backlink Tidak Berkualitas dengan Disavow Links"

close