Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Link atau Hyperlink yang Mengarah Ke Website di Microsoft Word

Cara Membuat Link atau Hyperlink yang Mengarah Ke Website di Microsoft Word - Hallo sobat koplo, ketika sedang menulis suatu dokumen, pasti anda membutuhkan referensi dari berbagai sumber, bisa dari website atau buku. Ketika mengambil referensi dari suatu Website, alangkah lebih baik jika anda mencantumkan sumber atau alamat website tempat dimana anda mengambil referensi tersebut.

Kerbanyakan orang masih belum mengetahui bagaimana cara untuk membuat link atau hyperlink yang menuju ke sebuah website. Padahal, cara untuk membuat hyperlink yang mengarah ke sebuah website melalui Microsoft Word itu sangat mudah sekali. Apakah anda sudah mengetahui cara untuk membuatnya? Jika belum mengetahui, maka anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial bagaimana cara membuat link atau hyperlink yang mengarah ke suatu website ketika di klik.
Cara Membuat Link atau Hyperlink yang Mengarah Ke Website di Microsoft Word
Cara Membuat Link atau Hyperlink yang Mengarah Ke Website di Microsoft Word

Apa yang dimaksud dengan Link atau Hyperlink?

Sebelum melakukan pembahasan mengenai bagaimana cara untuk membuat link atau hyperlink yang mengarah ke Website di Microsoft Word, mungkin ada sebagaian dari anda yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan Link atau Hyperlink.

Jadi, link atau hyperlink merupakan sebuah teks di Microsoft Word yang bersifat aktif, dimana ketika teks tersebut di klik (ctrl + klik) maka akan terbuka halaman yang tertera didalam hyperlink tersebut. Misalnya teks tersebut berisikan alamat URL Facebook. Maka ketika link tersebut di klik, secara otomatis browser anda akan terbuka dan langsung membuka website Facebook.

Di Microsoft Word, sebuah link atau hyperlink memiliki format teks yang berbeda daripada teks lainnya. Hyperlink memiliki format teks berwarna biru dan digaris bawah. Sehingga akan kelihatan paling mencolok dibandingkan teks-teks lainnya.

Cara membuat hyperlink yang mengarah ke website di Microsoft Word

Sekarang anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan link atau hyperlink di Microsoft Word. Ketika membuat suatu dokumen, suatu saat anda pasti membutuhkan sebuah hyperlink di dokumen anda. Di Microsoft Word, terdapat 2 cara untuk membuat hyperlink, yaitu :
Membuat hyperlink secara otomatis
Membuat hyperlink secara manual

Cara membuat hyperlink yang mengarah ke website secara otomatis di Microsoft Word

Bagi anda yang belum mengetahui cara untuk membuat hyperlink di Microsoft Word, maka anda tidak perlu khawatir, karena Microsoft Word sudah sangat canggih. Microsoft Word bisa secara otomatis mendeteksi adanya link yang tertulis dalam sebuah dokumen.

Jadi ketika anda selesai menuliskan sebuah link dan menekan spasi atau enter, link tersebut secara otomatis akan diubah menjadi hyperlink oleh Microsoft Word. Jadi, anda tidak perlu repot-repot untuk membuat hyperlink secara manual. Kelemahan dari cara ini adalah anda harus menuliskan secara lengkap link yang ingin anda tuju.
Cara Membuat Link atau Hyperlink yang Mengarah Ke Website di Microsoft Word
Hyperlink secara otomatis

Cara membuat hyperlink yang mengarah ke website secara manual di Microsoft Word

Jika anda menggunakan cara otomatis untuk membuat hyperlink, anda harus menulis link url secara lengkap agar Microsoft Word bisa mendeteksi teks tersebut merupakan sebuah link. Akan tetapi, kebanyakan orang hanya ingin menampilkan nama website nya saja yang dijadikan hyperlink. 

Misalnya saya ingin membuat hyperlink menuju website https://www.bloggerkoplo.com, ketika saya menggunakan cara otomatis, saya harus menuliskan secara lengkap alamat https://www.bloggerkoplo.com. Padahal yang saya inginkan hanya menampilkan Blogger Koplo saja. Bagaimana cara membuatnya? Silahkan simak tutorial berikut ini :

1. Pertama, silahkan ketikan kata atau kalimat yang ingin anda isi dengan Link atau Hyperlink. Misalnya Blogger Koplo

2. Setelah itu, silahkan anda blok teks yang ingin anda jadikan Hyperlink, lalu klik menu Insert -> Link/Hyperlink
Cara Membuat Link atau Hyperlink yang Mengarah Ke Website di Microsoft Word
Insert hyperlink

3. Akan muncul jendela Insert Hyperlink. Pada bagian Link to silahkan anda pilih existing file or Web Page. Lalu isi 2 hal berikut :

Text to display : Teks yang akan ditampilkan dihalaman atau teks yang akan diisi oleh hyperlink
Address : Alamat yang ingin dituju ketika hyperlink di klik

Sebagai contoh :
Text to display : Blogger Koplo
Address : https://www.bloggerkoplo.com

Setelah itu klik OK
Cara Membuat Link atau Hyperlink yang Mengarah Ke Website di Microsoft Word
Masukkan hyperlink

4. Selamat, anda sduah berhasil membuat hyperlink yang mengarah ke Website secara manual.
Cara Membuat Link atau Hyperlink yang Mengarah Ke Website di Microsoft Word
Hyperlink sudah jadi

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk membuat hyperlink yang mengarah ke Website di Microsoft Word. Dengan adanya hyperlink, itu akan memudahkan anda dalam membuka halaman sebuah website yang direferensikan melalui Microsoft Word. Untuk membuka hyperlink yang sudah anda buat, silahkan anda tekan CTRL + Klik hyperlink tersebut.

Jangan lupa untuk membaca artikel saya mengenai cara mengubah huruf besar dan huruf kecil di Microsoft Word. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Link atau Hyperlink yang Mengarah Ke Website di Microsoft Word"

close