Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatur atau Mengubah Ukuran Gambar di Microsoft Word

Cara Mengatur atau Mengubah Ukuran Gambar di Microsoft Word - Hallo sobat koplo, sebuah dokumen tentu akan terlihat membosankan jika didalamnya tidak terdapat gambar-gambar sebagai pendukung materi yang disampaikan. Dengan adanya gambar didalam sebuah dokumen, dokumen tersebut akan menjadi lebih menarik dan membuat orang merasa betah ketika membacanya. 

Oleh sebab itu, banyak penulis dokumen yang menambahkan beberapa gambar pada dokumen yang mereka buat. Gambar yang ada disuatu dokumen memiliki peran yang sangat penting, misalnya untuk menampilkan data, menjelaskan secara visual, dan sebagai selingan pembaca ketika sudah lelah membaca tulisan. Akan tetapi, ketika memasukkan sebuah gambar pada suatu dokumen, terkadang ukuran gambar tersebut terlalu besar atau terlalu kecil. Sehingga membuat dokumen tersebut menjadi kurang rapi.
Cara Mengatur atau Mengubah Ukuran Gambar di Microsoft Word
Cara Mengatur atau Mengubah Ukuran Gambar di Microsoft Word

Cara Mengatur Ukuran Gambar di Microsoft Word

Ketika memasukkan gambar ke dalam Microsofr Word, biasanya ukuran gambar tersebut akan mengikuti ukuran asli dari gambar tersebut. Jadi terkadang gambar yang dimasukkan terlalu besar atau terlalu kecil. Oleh karena itu, kita wajib mengatur ulang ukuran gambar tersebut agar pas sesuai dengan keinginan kita.

Apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara untuk mengatur ukuran gambar di Microsoft Word? Mengatur ukuran gambar di Microsoft Word adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan, bahkan kebanyakan orang sudah mengetahuinya. Akan tetapi, bagi orang yang baru belajar Microsoft Word, mengatur ukuran gambar mungkin akan kelihatan sulit untuk dilakukan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara untuk mengatur ukuran gambar di Microsoft Word. Terdapat 2 cara yang dapat anda lakukan untuk mengatur ukuran gambar di Microsoft Word, yaitu :
  • Mengatur ukuran gambar dengan menggeser titik-titik (node) gambar
  • Mengatur ukuran gambar dengan menu Size

Cara mengatur ukuran gambar dengan menggeser titik-titik (node) gambar

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mengatur ukuran gambar di Microsoft Word adalah dengan menggeser titik-titik (node) dari suatu gambar. Cara ini adalah cara yang paling sering dilakukan oleh pengguna Microsoft Word. Berikut tutorialnya :

1. Pertama, silahkan masukkan sebuah gambar ke Microsoft Word dengan cara klik Insert -> Picture
Cara Mengatur atau Mengubah Ukuran Gambar di Microsoft Word
Masukkan gambar

2. Setelah gambar sudah berhasil anda masukkan, silahkan anda klik gambar tersebut, maka di bagian tepi gambar akan terdapat titik-titik yang dapat anda geser. Silahkan anda geser titik-titik tersebut sesuai dengan keinginan anda
Cara Mengatur atau Mengubah Ukuran Gambar di Microsoft Word
Klik gambar dan geser titik-titik (node) ditepi gambar

3. Selamat, anda sudah berhasil mengatur ukuran gambar dengan menggeser titik-titik (node) pada gambar

Cara mengatur ukuran gambar dengan menggunakan menu Size

Cara kedua yang dapat anda gunakan untuk mengatur ukuran gambar di Microsoft Word adalah dengan menggunakan menu Size. Meskipun sedikit lebih rumit daripada yang pertama, akan tetapi dengan menu Size, anda bisa menentukan berapa ukuran pasti yang ingin anda buat. Misalnya 10 cm x 30 cm. Berikut adalah tutorialnya :

1. Pertama, silahkan masukkan sebuah gambar kedalam Microsoft Word
Cara Mengatur atau Mengubah Ukuran Gambar di Microsoft Word
Masukkan gambar

2. Setelah itu, silahkan anda klik gambar tersebut, lalu masuk ke menu Format Picture -> Klik tanda panah kebawah dibagian menu Size
Cara Mengatur atau Mengubah Ukuran Gambar di Microsoft Word
Klik tanda panah kebawah dimenu Size

3. Setelah itu akan muncul jendela Layout, silahkan anda masuk ke Tab Size. Pada tab inilah anda dapat mengatur ukuran dari gambar yang terdapat di dokumen anda. Berikut adalah penjelasannya :
Height : untuk mengatur tinggi gambar
Width : untuk meengatur lebar gambar
Rotate : untuk merotasi atau memutar gambar
Scale : untuk mengubah ukuran gambar berdasarkan skala
Height (%) : untuk mengatur tinggi gambar berdasarkan persentase
Wigth (%) : untuk mengatur lebar gambar berdasarkan persentase
Lock aspect ratio : untuk mengunci rasio dari gambar. Jika anda mencentang lock aspek rasio, maka tinggi dan lebar gambar akan menyesuaikan secara otomatis. Misalnya anda mengubah lebar gambar, maka tinggi gambar akan secara otomatis disesuaikan. Hal ini untuk menghindari gambar kelihatan gepeng atau tidak proporsional.
Relative to original picture size : persentase akan dihutung berdasarkan ukuran asli dari gambar
Silahkan anda atur komponen-komponen diatas sesuai dengan keinginan anda. Setelah itu klik OK.
Cara Mengatur atau Mengubah Ukuran Gambar di Microsoft Word
Atur size gambar sesuai keinginan anda

4. Selamat, anda sudah berhasil mengatur ukuran gambar dengan menggunakan menu Size.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatur ukuran gambar di Microsoft Word. Dengan mengatur ukuran gambar di Microsoft Word, ukuran gambar anda akan pas dengan dokumen anda. Artinya gambar tidak akan kebesaran atau kekecilan.

Jangan lupa untuk membaca artikel saya mengenai cara mengubah jenis/ukuran kertas di Microsoft Word. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur atau Mengubah Ukuran Gambar di Microsoft Word"

close