Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengubah Format File Microsoft Word Dari Docx menjadi Doc

Cara Mengubah Format Microsoft Wor Dari Docx menjadi Doc - Hallo sobat koplo, sejak pertama kali dirilis, Microsoft Word sudah mengalami banyak sekali pembaruan versi dan penambahan fitur-fitur baru. Versi paling baru dari Microsoft Word adalah Microsoft Word 2019. Meskipun versi terbaru sudah Microsoft Word 2019, akan tetapi masih banyak juga orang-orang yang tidak mengupdate Microsoft Word diperangkat mereka. Bahkan masih ada yang menggunakan Microsoft Word 2003.

Perbedaan yang paling mencolok ketika diantara Microsoft Word versi terbaru dan versi lawas adalah format penyimpana file. Pada Microsoft Word 2003 kebawah, format yang digunakan adalah .Doc, sedangkan format yang digunakan pada Microsoft Word 20017 keatas adalah .Docx. Dengan adanya perbedaan format tersebut, terkadang terjadi eror pada format penulisan yang kita buat.
Cara Mengubah Format File Microsoft Word Dari Docx menjadi Doc
Cara Mengubah Format File Microsoft Word Dari Docx menjadi Doc

Cara Mengubah Format Docx menjadi Doc di Microsoft Word

Ketika kita membuka format .Doc menggunakan Microsoft Word versi yang terbaru, hal tersebut tidak akan mennyebabkan suatu masalah. Akan tetapi, ketika kita membuka format .Docx dengan menggunakan Microsoft Word 2003 kebawah, biasanya akan terjadi eror pada pemformatan teks.

Ketika kita memaksa untuk membuka format .Docx menggunakan Microsoft Word 2003 kebawah, rata-rata orang mengeluhkan hal yang sama, yaitu format teks yang berantakan. Misal tidak ada spasi diantara kata, paragraf yang berantakan, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka anda harus mengubah format .Docx menjadi .Doc terlebih dahulu sebelum membukanya. Terdapat 2 cara yang dapat anda lakukan, yaitu :
Menggunakan aplikasi Microsoft Word
Menggunakan tools online Docx to Doc Converter

Cara mengubah format Docx menjadi Doc menggunakan Microsoft Word

Setelah selesai mengerjakan tugas, biasanya orang-orang akan mencetak atau print tugas mereka di tukang fotokopi atau ke warnet. Terkadang, aplikasi Microsoft Word yang diinstall di komputer mereka masih versi lawas. 

Jadi, untuk mencegah terjadinya kesalahan saat membuka dokumen anda, alangkah lebih baik jika anda mengubah file anda dari Docx menjadi Doc terlebih dahulu menggunakan Microsoft Word. Berikut adalah tutorialnya :

1. Pertama, silahkan buka file .Docx di Microsoft Word anda

2. Setelah itu, silahkan anda turunkan versi Microsoft Word pada saat melakukan Save As dengan cara Klik menu File -> Save As -> Browse
Cara Mengubah Format File Microsoft Word Dari Docx menjadi Doc
Klik save as

3. Kemudian, silahkan anda tentukan folder tempat menyimpan file tersebut -> Beri nama file -> Lalu ubah save as type : Word 97-2003 document
Cara Mengubah Format File Microsoft Word Dari Docx menjadi Doc
Save as Word 97-2003 Document

4. Langkah selanjutnya adalah klik Save. Selamat sekarang file anda sudah tersimpan dalam format .Doc
Cara Mengubah Format File Microsoft Word Dari Docx menjadi Doc
Klik save

Cara mengubah format Docx menjadi Doc menggunakan Docx to Doc Converter

Cara sebelumnya digunakan untuk mengubah file Docx menjadi Doc menggunakan Microsoft Word. Dengan artian, anda harus memiliki Microsoft Word versi terbaru yang terinstall di computer anda. Lalu bagaimana cara mengubah file Docx menjadi Doc jika Microsoft Word diperangkat anda masih versi lawas?

Terkadang, kita menerima file Microsoft Word dari orang lain. Aplikasi Microsoft Word yang terinstall diperangkat orang tersebut adalah Microsoft Word 2019. Maka secara otomatis, format dari dokumen word nya dalah .Docx. Sedangkan Microsoft Word yang terinstall diperangkat anda adalah Microsoft Word 2003.

Jika anda langsung membuka file .Docx tersebut menggunakan Microsoft Word 2003 milik anda, maka kemungkinan besar file tersebut akan berantakan. Cara agar file tersebut tidak berantakan ketika dibuka diperangkat anda adalah dengan mengubahnya menjadi format .Doc dengan tools online Docx to DOc Converter terlebih dahulu. Caranya dalah sebagai berikut :

1. Pertama, silahkan buka halaman .Docx to .Doc Converter 

2. Setelah itu, silahkan anda upload file .Docx yang ingin di convert menjadi .Doc dengan cara menekan Select File
Cara Mengubah Format File Microsoft Word Dari Docx menjadi Doc
Select file

3. Setelah file terupload, silahkan anda pastikan bahwa “Conver to” sudah .Doc. Setelah itu silahkan klik Convert
Cara Mengubah Format File Microsoft Word Dari Docx menjadi Doc
Convert to Doc

4. Silahkan tunggu hingga proses conver selesai. Setelah proses selesai, silahkan anda download file .Doc hasil convertnya
Cara Mengubah Format File Microsoft Word Dari Docx menjadi Doc
Download hasil convert

5. Selamat, file .Docx anda sudah berhasil di Convert menjadi .Doc

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengubah format .Docx menjadi .Doc Microsoft Word. Dengan mengubah format menjadi .Doc, dokumen .Docx anda akan bisa dibuka di Microsoft Word versi lawas tanpa adanya eror atau bertantakan. 

Jangan lupa untuk membaca artikel saya mengenai cara mengubah warna dan format hyperlink di Microsoft Word. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Format File Microsoft Word Dari Docx menjadi Doc"

close