Adakah Tes Varikokel dan Ambien di Tes Kesehatan SPMB PKN STAN?

Adakah Tes Varikokel dan Ambien di Tes Kesehatan SPMB PKN STAN?

Adakah Tes Varikokel dan Ambien di Tes Kesehatan SPMB PKN STAN? – Dalam seleksi masuk ke TNI dan Polri, pasti didalam tes kesehatannya ada pengecekan varikokel atau ambien. Hal itu untuk memastikan peserta yang lolos adalah peserta yang benar-benar sehat. Akan tetapi, adakah tes varikokel dan ambien di Tes Kesehatan SPMB PKN STAN? Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut, mengenai apakah ada tes varikokel dan tes ambien di seleksi SPMB PKN STAN.

Kedua tes tersebut merupakan tes yang sangat dikhawatirkan oleh para peserta SPMB PKN STAN. Pasalnya ketika melakuan pengecekan, kita disuruh melepaskan semua pakaian yang kita kenakan. Meski yang melakukan pengecekkan merupakan dokter yang sudah profesional, akan tetapi pasti kita tetap merasa malu. Apalagi kita belum pernah melakukan tes varikokel dan ambien sebelumnya.

Adakah Tes Varikokel dan Ambien di Tes Kesehatan SPMB PKN STAN?
Adakah Tes Varikokel dan Ambien di Tes Kesehatan SPMB PKN STAN?

 

Apa sih Tes Varikokel dan Tes Ambien

Varikokel adalah pembengkakan pada pembuluh darah vena dalam kantong zakar (skrotum). Varikokel terjadi di skrotum yang berfungsi menahan testis serta mengandung arteri dan vena di saluran sperma (spermatic cord) pada setiap testis di atas skrotum. Pembuluh darah yang membawa darah dari testis ke penis tersebut seharusnya tidak teraba atau terasa, tetapi saat terjadi varikokel pembuluh darah vena tersebut tampak seperti banyak cacing dalam skrotum. Kondisi ini serupa dengan varises pada tungkai.

Jadi tes varikokel ini bertujuan untuk mengecek kondisi testis peserta apakah ada varises pada pembuluh darah testis tersebut. Untuk prosesnya, kita disuruh melepas celana dan celana dalam kita. Kemudian dokter akan meraba-raba bagian testis kita untuk mengecek apakah ada varikokel pada testis kita.

Ambeien atau wasir merupakan penyakit di mana pembuluh darah vena yang ada di sekitar anus (rektum) membengkak dan meradang. Penyebabnya tidak diketahui dengan pasti, tetapi kemungkinan diakibatkan oleh meningkatnya tekanan dalam pembuluh darah di dalam dan sekitar anus.

Pengecekan ambien bertujuan untuk memastikan apakah ada ambien pada anus kita. Untuk prosesnya, kita disuruh melorotkan celana kita sebatas lutut kemudian kita disuruh posisi sujud atau nungging. Kemudian dokter akan mengecek kondisi anus kita apakah ada ambien atau tidak.

Adakah tes varikokel dan tes ambien dalam seleksi SPMB PKN STAN

Setelah mengetahui bagaimana tes varikokel dan tes ambien, tentu dipikiran kita terbayang ada engga y ates tersebut di Tes Kesehatan SPMB PKN STAN. Tentu Sebagian besar orang akan malu apabila dilakukan pengecekan varikokel dan ambien. Jadi pada artikel kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai tes varikokel dan tes ambien.

Pada pengumuman SPMB PKN STAN 2018 tertulis sebagai berikut :

Ujian Kesehatan, yaitu pemeriksaan yang mencakup pemeriksaan tinggi badan dan berat badan, tekanan darah, visus mata, dan/atau pemeriksaan lainya.

Pada keterangan diatas tidak disebutkan adanya tes varikokel maupun  tes ambien. Akan tetapi tertulis pemeriksaan lainnya. Yak saya jawab saja sekarang ya. Menurut pengalaman pribadi saya mengikuti tes Kesehatan SPMB PKN STAN, Tes varikokel dan tes ambien ini dilakukan di SPMB PKN STAN oleh dokter. Akan tetapi ada 2 cara yaitu di periksa langsung oleh dokter. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Dan yang kedua hanya ditanya oleh dokter apakah kita ada varikokel atau ambien tidak.

Jadi, kita akan dicek langsung atau hanya ditanya? Untuk itu tergantung dokter yang memeriksa dan tergantung lokasi ujiannya. Menurut info yang saya dapat, yang ada pengecekan secara langsung adalah di malang. Untuk di Yogyakarta dengar-dengar ada yang langsung ada yang hanya ditanya. Untuk itu silahkan tanya ke kakak-kakak kalian yang sudah pernah mengikuti SPMB PKN STAN. Terutama yang Angkatan 2017 2019 dan 2018 jurusan kepabeanan dan cukai.

Yak, kira-kira seperti itulah penjelasan saya kali ini tentang adakah tes varikokel dan tes ambien dalam tes masuk PKN STAN. Tes varikokel dan ambien sudah pasti dilakukan ketika anda mendaftar TNI atau POLRI. Akan tetapi, untuk mendaftaran PKN STAN, tes ini tidak dilakukan. Memang sempat ada cerita bahwa sebagaia lokasi tes melakukan tes ini. Akan tetapi cerita tersebut masih simpang siur.

Jika anda tertarik dengan artikel saya tentang PKN STAN lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Agar Bisa Survive di PKN STAN dan Terhindar dari Drop Out. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close