close

Berapa Lama Waktu Verifikasi Data Pendaftaran MyPertamina?

Berapa Lama Waktu Verifikasi Data Pendaftaran MyPertamina? – Hallo sobat koplo, Pertalite dan Solar merupakan BBM subsidi yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat golongan tertentu dengan tujuan agar masyarakat dapat memperoleh BBM dengan harga terjangkau. Akan tetapi, banyak orang yang memanfaatkan BBM subsidi tersebut hanya untuk kepentingan pribadi sehingga penyaluran BBM subsidi menjadi tidak tepat sasaran.

Menyadari hal tersebut, pemerintah pada akhirnya membuat sebuah kebijakan baru dimana untuk dapat membeli BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar, masyarakat harus mendaftarkan diri dan kendaraannya ke MyPertamina untuk dilakukan pendataan. Dengan begitu, pemerintah dapat mengontrol siapa saja yang dapat membeli BBM subsidi di SPBU. Sehingga penyaluran BBM subsidi ke masyarakat menjadi lebih tepat sasaran.

Berapa Lama Waktu Verifikasi Data Pendaftaran MyPertamina?
Berapa Lama Waktu Verifikasi Data Pendaftaran MyPertamina?

Berapa Lama Waktu Verifikasi Data Pendaftaran MyPertamina?

Terdapat beberapa alternatif yang dapat anda gunakan untuk mendaftar di MyPertamina. Anda dapat mendaftar melalui Website Subsidi Tepat, aplikasi MyPertamina, atau mendaftar secara langsung melalui Booth-booth yang tersedia di SPBU. Alternatif tersebut disediakan untuk memudahkan masyarakat dalam mendaftar di MyPertamina.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Jenis BBM yang Tidak Sesuai di MyPertamina

Selain disediakan banyak alternatif pendaftaran, syarat-syarat dan dokumen yang harus anda persiapkan juga sangat mudah. Untuk mendaftar di MyPertamina, anda hanya perlu menyiapkan data seperti nama lengkap, NIK, nomor telepon, foto KTP, pas foto pribadi, foto STNK, foto kendaraan, dan data kendaraan anda (seperti jenis bbm dan data roda).

Setelah semua data dan dokuumen sudah anda isi dan lengkapi, anda dapat mensubmit data tersebut yang kemudian data tersebut diverifikasi oleh pihak MyPertamina. Jadi setelah data pendaftaran anda kirim, pendaftaran anda tidak secara otomatis akan diterima. Melainkan harus melalui tahapan verifikasi oleh pihak MyPertamina.

Tujuan dari verifikasi tersebut adalah untuk memastikan bahwa data dan dokumen yang anda kirimkan sudah benar, lengkap, dan jelas. Selain itu proses verifikasi juga bertujuan untuk memastikan bahwa anda memang orang yang berhak untuk mendapatkan BBM Subsidi. Karena tujuan awal dari kebijakan ini adalah untuk memastikan bahwa BBM subsidi dapat tersalurkan dengan tepat sasaran.

Baca Juga :  Apakah Beli BBM Subsidi Pertalite dan Solar di SPBU Wajib Install MyPertamina?
Berapa Lama Waktu Verifikasi Data Pendaftaran MyPertamina?
Berapa Lama Waktu Verifikasi Data Pendaftaran MyPertamina?

Yang sering menjadi pertanyaan banyak orang, berapa lama proses review dan verifikasi dokumen pendaftaran MyPertamina? Karena terdapat banyak sekali orang yang mengeluhkan belum juga mendapatkan jawaban verifikasi dari MyPertamina padahal sudah mendaftar sejak lama, bahkan sudah lebih dari 1 minggu. Jawaban dari pendaftarn sangat dinanti oleh masyarakat karena jika pendaftaran tidak kunjung diterima, masyarakat tidak bisa beli BBM subsidi di SPBU.

Setelah mencari informasi dari beberapa sumber, pada akhirnya saya menemukan jawaban resmi dari pihak Pertamina. Jawaban mengenai berapa lama proses verifikasi pendaftaran MyPertamina tersebut saya termukan di website resmi Subsidi Tepat milik Pertamina pada halaman FAQ. Berdasarkan yang ditulis di FAQ, proses verifikasi pendaftaran MyPertamina membutuhkan waktu maksimal 14 hari kerja. Berikut informasi lengkapnya :

Pertanyaan : Lalu bagaimana mekanisme pendaftarannya?

Jawaban : Pertama, konsumen harus melakukan pendaftaran dan pengisian data di website subsiditepat.mypertamina.id. Pendaftaran dapat menggunakan browser (disarankan Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Microsoft Edge) melalui handphone maupun komputer/laptop yang terhubung dengan internet. Pendaftaran gratis dan tidak dipungut biaya. Jika sudah terdaftar maka konsumen dapat menunggu hasil konfirmasi pendaftaran melalui email maksimal 14 hari kerja.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa proses review dan verifikasi pendaftaran MyPertamina membutuhkan waktu maksimal 14 hari kerja. Atau jika diubah dalam hitungan kalender, proses verifikasi membutuhkan waktu sekitar 18-22 hari kalender (memperhitungkan terdapat hari libur Sabtu-Minggu dan hari libur nasional).

Baca Juga :  Cara Mengatasi Jawaban Review dan Verifikasi Daftar MyPertamina Tidak Masuk di Email

Yak, kira-kira seperti itulah penjelasan saya kali ini tentang berapa lama proses review dan verifikasi data pendaftaran MyPertamina. Menurut pihak Pertamina, proses verifikasi data pendaftaran MyPertamina membutuhkan waktu maksimal 14 hari kerja atau 18-22 hari kalender. Untuk mempercepat proses verifikasi, pastikan data yang anda submit sudah benar, lengkap, dam jelas.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang MyPertamina lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengatasi Jenis BBM yang Tidak Sesuai di MyPertamina. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar