close

Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat DANA dengan Mudah

Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat DANA dengan Mudah – Hallo sobat koplo, Cara bayar menggunakan QRIS merupakan salah satu metode transaksi paling mudah yang dapat Anda pilih saat ini. Kode pembayaran QRIS menjadi standar dari berbagai layanan transaksi non-tunai yang hadir di masyarakat, seperti DANA. QRIS dapat dengan mudah Anda temukan di toko modern, retail, merchant UMKM, hingga warung kelontong.

Kehadiran QRIS di tengah masyarakat tidak lepas dari perkembangan transaksi non-tunai yang semakin masif di Indonesia. QRIS menjadi penyeimbang pertumbuhan transaksi non-tunai di ruang lingkup UMKM. Sebab dengan QRIS Anda dapat bertransaksi non-tunai di warung-warung sederhana dan berbagai merchant UMKM lainnya.

Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat DANA dengan Mudah
Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat DANA dengan Mudah

Sekilas Tentang QRIS

QRIS merupakan produk kode pembayaran yang dirilis oleh Bank Indonesia. Kode pembayaran QRIS merupakan hasil kerjasama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia. Kehadiran QRIS bertujuan untuk memberikan satu pedoman kode pembayaran yang seragam, khususnya dalam mendukung berbagai rutinitas transaksi non-tunai di Indonesia.

Saat ini, QRIS wajib diterapkan pada seluruh layanan pembayaran non-tunai. Kebijakan tersebut juga mengeliminasi berbagai variasi kode pembayaran yang berkembang di sejumlah vendor. Sehingga batas-batas transaksi non-tunai saat ini menjadi semakin pudar. Anda tidak lagi dibatasi untuk bertransaksi berdasarkan aplikasi yang sama.

Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat DANA dengan Mudah
Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat DANA dengan Mudah

Kelebihan Bayar Lewat QRIS

Anda dapat dengan mudah menemukan sejumlah kelebihan dari kode pembayaran QRIS. Kelebihan layanan QRIS dapat Anda rasakan paling besar dampaknya di efisiensi transaksi antar layanan. Dengan adanya QRIS, Anda tidak lagi terbatas untuk bertransaksi pada layanan yang sama. Anda dapat dengan bebas melakukan transaksi antar brand produk finansial.

Baca Juga :  Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat GoPay dengan Mudah

QRIS juga memungkinkan Anda bertransaksi dengan berbagai merchant UMKM yang telah terdaftar. Anda dapat membayar melalui QRIS dengan memanfaatkan fitur yang tersedia di layanan digital banking. Produk dompet digital seperti DANA juga telah mengadopsi QRIS dengan baik. Selain itu, terdapat beberapa manfaat lain yang Anda dapat temui pada kode pembayaran QRIS.

1. Lebih Mudah

Dengan satu kode pembayaran yang berlaku secara nasional dan serentak, Anda dapat lebih mudah membayar tagihan dan membeli bermacam-macam produk digital. Hal tersebut menjadi salah satu dampak langsung dari hadirnya QRIS di tengah masyarakat. Pada saat bersamaan, pemanfaatan fitur QRIS di berbagai aplikasi dan layanan juga semakin baik.

QRIS juga diadopsi sebagai layanan untuk menerima pembayaran. Adopsi QRIS tersebut tersebar mulai dari outlet modern, retail modern, hingga gerai UMKM yang dapat dengan mudah kita temui. Sehingga QRIS terbilang mendukung penyebaran dan pertumbuhan transaksi digital hingga ke sektor terkecil di Indonesia.

2. Cepat

Transaksi memanfaatkan QRIS umumnya berjalan dengan singkat. Pada transaksi yang berjalan lacar, pembayaran QRIS dapat berlansung sekitar satu menit saja. Opsi tersebut menjadi salah satu pilihan terbaik dan tercepat yang dapat diberikan oleh layanan non-tunai. Dalam prosesnya, berbagai layanan juga memberikan akses yang mudah untuk memanfaatkan QRIS.

Di sejumlah aplikasi dompet digital seperti DANA, fitur pembacaan dan pemindaian QRIS dapat langsung Anda temukan sesaat setelah Anda masuk ke dalam aplikasi. Hal tersebut menunjukkan prioritas dan dukungan pada alternatif pembayaran QRIS dari berbagai produk finansial. Dalam prosesnya, QRIS juga sangat responsif dan mudah dipindai.

Baca Juga :  Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat LinkAja dengan Mudah

3. Terjamin Keamanannya

Sebagai produk yang berkembang di bawah Bank Indonesia, QRIS menggunakan teknologi proteksi dengan standarisasi layanan perbankan. Hal tersebut sebagai perlindungan utama bagi pengguna dan integrasinya antar layanan. Sebab menghubungkan seluruh model pembayaran non-tunai di Indonesia bukanlah pekerjaan mudah.

Proteksi dengan keamanan setingkat layanan perbankan menjadi kebutuhan sekaligus keunggulanan QRIS. Hal tersebut dibutuhkan sebab sebagian besar transaksi QRIS telah melibatkan data serta informasi pribadi pengguna dari berbagai layanan transaksi non-tunai. Proteksi yang dimiliki QRIS menghindarkan Anda dari risiko-risiko pencurian data yang merugikan.

4. Satu Kode QR untuk Semuanya

QRIS digunakan secara serentak sebagai metode pembayaran dan penerimaan pembayaran di seluruh Indonesia. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan ketersediaan opsi transaksi non-tunai pada layanan yang telah mengadopsi QRIS. Anda selalu bisa menggunakan opsi transaksi non-tunai meski tidak menggunakan layanan yang sama.

Anda dapat menemukan QRIS di berbagai outlet modern seperti layanan distribusi pakaian yang memiliki potensi besaran transaksi yang cukup tinggi. Di saat bersamaan, Anda juga dapat dengan mudah menemukan QRIS di rumah makan dan berbagai gerai UMKM dengan potensi transaksi mikro. Penggunaan QRIS menjadi hal umum yang tidak terbatas pada kelompok tertentu.

Cara Bayar Pakai QRIS

Anda dapat memanfaatkan pembayaran menggunakan QRIS sesuai dengan kebutuhan. Terdapat sangat banyak opsi pembayaran yang dapat Anda penuhi dengan fasilitas QRIS. Anda dapat melakukan pembayaran langsung pada individu, merchant UMKM, loket pembayaran, retail modern, dan berbagai lokasi lainnya.

Baca Juga :  Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat OVO dengan Mudah

Pada penggunaan umum, Anda hanya membutuhkan layanan dompet digital atau digital banking saat akan memulai pembayaran. Setelahnya, Anda dapat memproses pembayaran dengan melakukan pemindaian pada QRIS yang tersedia. Pastikan informasi dan konfirmasi telah seusai, lalu ikuti petunjuk dan proses akan segera selesai.

Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat DANA dengan Mudah
Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat DANA dengan Mudah

Cara Bayar Pakai QRIS via DANA

DANA merupakan dompet digital generasi awal yang juga mendukung penggunaan QRIS. Anda dapat menemukan fitur scanner QRIS di halaman depan tampilan aplikasi DANA setelah melakukan login. Dengan fitur tersebut, Anda dapat melakukan pembayaran kepada pihak-pihak terkait yang juga telah mengadopsi QRIS sebagai opsi penerimaan pembayaran.

Adapun cara melakukan pembayaran pakai QRIS di aplikasi DANA adalah:

  • Akses aplikasi DANA;
  • Masukkan nomor telepon dan PIN DANA Anda;
  • Pada halaman depan aplikasi, tekan “Scan”;
  • Arahkan kamera ke kode QRIS dan mulai scanning;
  • Konfirmasi detail pembayaran;
  • Tunggu beberapa saat dan transaksi selesai.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk bayar QRIS lewat aplikasi DANA. Layanan QRIS merupakan salah satu terobosan terbaik di industri finansial, khususnya dalam layanan pembayaran non-tunai. Tidak hanya beberapa aplikasi, QRIS bahkan diterapkan di seluruh aplikasi dan produk finansial di Indonesia sebagai kode pembayaran saat transaksi non-tunai.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang pambayaran QRIS lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Bayar Menggunakan QRIS Lewat OVO dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar